Article

Homepage Article Kain Tekstil Ragam Kain untuk Busana:…

Ragam Kain untuk Busana: Kain Berbahan Serat Sintetis (Bagian 2)

Artikel ini masih lanjutan mengenai kain berbahan serat sintetis. Kain sintetis dibuat dari bahan sintetis yang berasal bahan Petrokimia yaitu dari minyak bumi dan gas alam. Setelah artikel sebelumnya kita bahas serat sintetis polyester, aramid, acrylic, dan cationic dyeable polyester (baca: https://fitinline.com/article/read/ragam-kain-untuk-busana-kain-berbahan-serat-sintetis-1). Kali ini kami sajikan mengenai serat sintetis polymide atau nylon dan spandex.

Serat Polymide atau nylon dikenal sebagai perlon, caprolan dan amilan, trilobal atau antron, rislan, nomex dan lainnya. Serat ini merupakan serat yang kuat, serat nylon dapat ditenun menjadi kain-kain yang indah, baik menyerupai tweed, brokat emas, sutra, dan lace. Untuk peningkatan kwalitas kain nylon biasanya akan dilakukan nylonizing yang berfungsi untuk meningkatkan daya hisap, lembut, dan lemas. Serat sintetik ini merupakan isolator yang baik dan dapat menimbulkan sifat listrik statik. Memiliki kekuatan, elastisitas, serta ketahanan yang sangat baik terhadap serangan jamur, bakteri dan serangga. Kain jenis ini lebih awet dan tidak mudah kusut.

Nylon

nylon

(Sumber: http://febbypermatasari.blog.stisitelkom.ac.id)

Kekurangan dari kain nylon adalah daya serap lembab yang rendah. Tidak tahan terhadap sinar matahari sehingga dapat berubah warna dari putih menjadi kekuning-kuningan sehingga kekuatannya menjadi berkurang. Mempunyai daya tahan gosok dan lipat yang baik sehingga banyak digunakan untuk lipatan permanen. Bahan nylon tidak tahan panas tinggi, pada suhu setrika 180 o C nylon mulai lengket dan rusak pada suhu 230oC dan meleleh pada suhu 250oC. Nylon dapat dicuci dengan sabun alkali dan tahan terhadap pencucian kimia atau dry cleaning. Nylon dapat dicelup dengan zat warna asam dan kompleks logam, terhadap zat warna lain seperti basa,direk, belerang.

Penggunaan bahan ini beraneka ragam produk, bahan pakaian wanita atau pria, kaos kaki, kain parasut, jala, gorden, kain kursi, permadani, penyaring, dan lain sebagainya. 

Polymide

Polymide

(Sumber: http://meilankiky.blogspot.com)

Mencari kain tekstil murah dan berkualitas? Klik Disini untuk melihat katalog kain.

Serat Spandex atau elastane, lebih dikenal dengan nama Lycra adalah bahan sintetis yang dibuat dari polymer yang mengandung polyurethane (sejenis material sintetis super lentur). Menghasilkan tekstur elastis mirip karet tipis dan mengkilap. Mempunyai sifat elastisitas yang tinggi, kuat dan memiliki ketahanan gosokan yang tinggi. Kain spandex banyak sekali jenisnya, tergantung teksturnya, gramasinya, campurannya, dan hal-hal lainnya. 

Spandex adalah jenis serat sintetis yang terkenal memiliki elastisitas lebih baik dari rubber. Kain spandex bisa mencapai tingkat elastisitas dengan tarikan sampai 500%. Karena sifatnya yang lentur, pakaian berbahan spandex melekat mengikuti lekukan tubuh dan nyaman untuk digunakan. Spandex yang bagus memiliki pori-pori yang mampu menyerap keringat. Cara termudah memilihnya, jika disentuh dengan tangan atau lengan terasa adem, jika dipegang tidak licin atau terlalu mengkilap, artinya spandex tersebut nyaman dipakai.

Lycra memiliki sifat ringan, elastis, menyerap keringat, nyaman. Jika dicuci cepat kering dan tahan terhadap bakteri, sinar ultra violet (UV), khlorin (sejenis cairan pemutih, antara lain dipakai pada kolam renang, agar air kolam renang tetap jernih). 

Penggunaan bahan ini untuk berbagai jenis pakaian, mulai dari dress, atasan, mukena ataupun bawahan seperti rok. Selain itu juga digunakan untuk baju dalam, baju renang, baju atletik, juga untuk keperluan baju khusus ortopedi (berhubungan dengan tulang). 

Spandex atau Lycra

Spandex atau Lycra

(Sumber: http://borongkainjelita.blogspot.com)

Apabila Sahabat Fitinline ingin menggunakan bahan kain untuk keperluan pakaian, gunakanlah bahan kain yang menurut selera anda itu baik dan nyaman saat dipakai. Bisa berasal dari serat alami atau serat buatan (serat sintetis). Pilihlah bahan kain sesuai kebutuhan, berkualitas, kuat, dan tahan lama.

Semoga bermanfaat.

Tags: busana wanita, busana wanita dan pria, busana batik, busana batik modern, busana wanita terbaru, baju batik, baju batik kerja, baju batik kantor, baju batik wanita, baju batik pria, kemeja batik, dress batik, dress batik modern

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.