Article

Homepage Article Cara Menjahit Ragam Jahitan Mesin Pada…

Ragam Jahitan Mesin Pada Mesin Jahit Modern

Kali ini kita akan bahas ragam jahit mesin yang terdapat pada mesin jahit modern. Tidak seperti mesin jahit mekanik yang hanya dapat digunakan untuk membuat pola jahitan berbentuk lurus, pada mesin jahit modern pola jahitan yang dihasilkan justru lebih bervariasi.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Mesin Jahit

Mesin jahit merupakan alat utama untuk membuat sebuah produk sandang yang memiliki fungsi sangat penting yakni menggabungkan beberapa bagian-bagian busana seperti lengan, kerah, saku dan badan yang di buat berdasarkan Pola Baju menjadi sebuah produk jadi.

Berdasarkan desain dan tujuan pemakaiannya, mesin jahit yang dapat diandalkan untuk mempercepat proses menjahit sendiri sebenarnya dapat dikelompokkan menjadi berbagai macam varian mulai dari yang bentuknya jadul hingga yang paling modern.

Kalau mesin jahit mekanik pada umumnya hanya memiliki satu macam fungsi atau pola jahitan, maka pada mesin jahit modern pola jahitan yang ditawarkan justru jauh lebih bervariasi. Semakin banyak pola yang dapat dihasilkan biasanya semakin mahal.

Ragam Jahitan Mesin Jahit

Beberapa ragam jahitan yang paling umum dijumpai pada mesin jahit modern diantaranya ada jahitan lurus, jahitan zig-zag, lubang kancing, semi obras, jahitan kelim dan bordir manual. Pola jahitan tersebut biasanya terdapat pada sticth selection panel atau pemilih pola jahitan yang hanya ada pada mesin jahit portable.

1. Jahitan Lurus

Jahitan lurus (straight stitch) termasuk ke dalam salah satu pola jahitan yang dapat dipakai untuk menjahit lurus dan datar. Pada mesin jahit modern pola jahitan lurus ini umumnya dapat dibedakan lagi dalam tiga kategori utama.

  • Pertama yakni berupa jahitan lurus yang panjang jahitannya cenderung pendek (short stitch length).
  • Kedua yakni berupa jahitan lurus yang panjang jahitannya sedang (medium stitch length).
  • Ketiga yakni berupa jahitan lurus yang panjang jahitannya lumayan panjang (long stitch length).

Ragam Jahitan Mesin Jahit

Sumber : https://www.generations-quilt-patterns.com/

Simak juga 5 Cara Menjahit Lurus Dengan Rapi Untuk Penjahit Pemula.

2. Jahitan Zig Zag

Jahitan zig zag (zig zag stitch) merupakan salah satu jenis jahitan pada mesin jahit modern yang dapat digunakan untuk menyelesaikan jahitan, membuat ornamen dekoratif dan menjahit kain yang stretch.

  • Jahitan zig zag digunakan untuk merapikan tepi yang kasar jika anda tidak memiliki overlocker dan perlu merapikan tepi jahitan biasa.
  • Jahitan zig zag bagus digunakan untuk membuat ornamen dekoratif pada bahan kain maupun menjahit aplikasi tempel pada bahan kain.
  • Jahitan zig zag yang sangat sempit akan memberikan sedikit regangan pada jahitan dan mencegah putus.

Ragam Jahitan Mesin Jahit

Sumber : https://blog.treasurie.com/

Sama halnya dengan jahitan lurus, polanya zig zag sendiri pada dasarnya masih memiliki varian lain. Sebut saja jahitan zig zag yang lebih rapat atau pola jahitan zig zag longgar yang lebih panjang. Jahitan zig-zag yang berdekatan menghasilkan jahitan yang disebut jahitan satin.

Ragam Jahitan Mesin Jahit

Sumber : https://www.ebay.com/

Sebagai salah satu bentuk jahitan yang cukup populer, jahitan zig zag inipun termasuk jahitan yang kuat, tetapi jika tegangannya terlalu kencang, jahitannya akan mengerut dan patah. Karenanya selalu periksa ketegangan mesin jahit sebelum anda memakainya untuk menjahit.

Untuk melihat bagus tidaknya jahitan zig-zag yang dihasilkan mulailah menguji jahitan zig zag pada secarik kain.

  • Pertama atur pola jahitan anda ke jahitan zig zag
  • Pilih lebar dan panjang jahitan yang sesuai dengan keinginan anda.
  • Tempatkan kain di bawah sepatu jahit lalu mulailah menjahit perlahan.
  • Periksa bentuk jahitan yang dihasilkan. Untuk menciptakan pola zig-zag yang lebih lebar atau kecil sesuaikan lebar dan panjang jahitan agar sesuai dengan keinginan.

3. Lubang Kancing

Kemampuan menjahit lubang kancing merupakan satu fitur otomatis dari mesin jahit modern yang dirancang untuk memudahkan pengguna dalam membuat lubang kancing. Biar lebih rapi gunakan pula automatic buttonhole foot agar proses pembuatan lubang kancing jadi lebih mudah dan cepat.

Berikut gambaran singkat mengenai proses pembuatan lubang kancing dengan mesin jahit modern.

  • Pertama-tama tempatkan kancing pada bagian belakang sepatu jahit lalu kunci bagian tersebut supaya kancing tidak terlepas.
  • Pasang sepatu lubang kancing pada mesin jahit dengan posisi bagian terpanjang dari sepatu jahit berada dibagian belakang.
  • Sesuaikan jenis setikan jahit yang biasa digunakan untuk membuat lubang kancing.
  • Tekan tuas lubang kancing kebagian bawah untuk memberikan sensor kepada mesin jahit terkait seberapa besar lubang kancing yang akan dibuat.
  • Setelahnya letakkan kain di bawah sepatu jahit lalu injak pedal mesin jahit secara perlahan-lahan.
  • Dengan cara ini mesin jahit secara otomatis akan membuat lubang kancing yang anda inginkan.

Ragam Jahitan Mesin Jahit

Sumber : https://blog.closetcorepatterns.com/

4. Jahitan Semi Obras

Jahitan semi obras dapat dikerjakan dengan mesin jahit portable multifungsi yang dilengkapi fitur semi obras. Prinsip yang bisa anda terapkan dalam membuat jahitan semi obras dengan menggunakan mesin jahit portable diantaranya:

  • Pasangkan jarum jahit dan sepatu jahit pinggir (edge neatening foot) pada mesin jahit anda.
  • Pasangkan pula benang atas dan bawah mesin jahit sesuai alur benangnya.
  • Pilih pola jahitan berbentuk zig zag pada mesin jahit anda.
  • Letakkan bahan kain pada bagian bawah sepatu jahit dengan posisi bagian tepi kain bersentuhan dengan logam yang terdapat pada sepatu jahit.
  • Jika sudah jalankan mesin jahit secara perlahan.
  • Dengan cara ini mesin jahit secara otomatis akan membuat jahitan semi obras pada tepi kain.

Ragam Jahitan Mesin Jahit

Sumber : https://www.amazon.ca/

5. Jahitan Kelim

Jahit kelim merupakan pola jahitan yang biasa digunakan untuk menyelesaikan jahitan sum sebuah baju, rok ataupun celana. Kelim sendiri dapat didefinisikan sebagai teknik penyelesaian tiras kain agar tepi-tepi jahitan mempunyai bentuk yang rapih dan kuat.

Ragam Jahitan Mesin Jahit

Sumber : https://jukijunkies.com/

6. Jahitan Dekoratif

Berikutnya ada jahitan dekoratif yang dapat dimanfaatkan untuk memperindah tampilan busana atau produk desain baju lainnya.

  • Jahitan dekoratif ini secara umum dapat dibedakan dalam dua kategori dasar.
  • Pertama ada satin type stitches yang memiliki pola jahitan tertutup (seperti bola dan berlian).
  • Kedua ada tracery type stitches yang memiliki tipe pola dekorasi terbuka (seperti daisy dan honeycomb).

Ragam Jahitan Mesin Jahit

Sumber : https://www.dummies.com/

Pada beberapa mesin jahit yang lebih modern bahkan ada juga yang dapat diprogram untuk menggabungkan jahitan satu dengan jahitan lain, sehingga menghasilkan efek dekoratif yang lebih berani.

Ragam Jahitan Mesin Jahit

Sumber : https://www.pfaff.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai berbagai macam ragam jahitan yang terdapat pada mesin jahit modern. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang anda jadi makin tahukan kalau pola jahitan yang terdapat pada mesin jahit modern itu ternyata jenisnya ada banyak.

Buat anda yang tahu lebih banyak tentang keistimewaan mesin jahit portable, simak juga pembahasan mengenai Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Portable.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.