Article

Homepage Article Cara Menjahit Menjahit Blus Sederhana…

Menjahit Blus Sederhana (Bagian 8 - Habis)

Kita akan melakukan finishing dengan merapikan sambungan lapisan dan hem. Selanjutnya kita juga akan kasih tahu kamu cara umum yang digunakan untuk membuat kancing bungkus.  

25. Lakukan “gunting dalam” sisa kampuh yang telah rapi pada sambungan lapisan dan badan, dengan jarak antar guntingan minim 1,5 cm (untuk kurva yang tajam) dan 2,5 cm (untuk kurva yang tidak begitu tajam). Untuk hasil maksimal gunakan gunting khusus yang disebut duckbill.

 

Gunting dalam

26. Agar lipatan antara kain lapisan (facing) dengan badan tetap rapi, tindas pada bagian lapisan mengenai kampuh di bawahnya, dimulai dari ujung bawah, sisi depan, lingkar leher, dan seterusnya hingga berakhir di sisi yang lain.

Tindas Lapisan

27. Terakhir adalah menjahit kelim (hem). Ini bisa dilakukan dengan jahitan soom (slipstitch ) ataupun jahit mesin, tergantung pilihan kamu saja. Sisa pinggiran kain cukup dilipat ke dalam kurang lebih 0,7 cm, baru kemudian dijahit keliling.

Jahit hem

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

28. Model ini memakai kancing dengan diameter 3 cm sehingga jarak lubang kancing dengan center front adalah 1,5 cm dan jarak antar lubang biasanya 8 cm, menggunakan mesin khusus pelubang kancing atau bisa juga menggunakan mesin jahit yang dilengkapi fasilitas untuk membuat lubang kancing. Jarak antara lubang kancing disesuaikan dengan ukuran kancing yang dipilih. Kamu dapat memilih kancing sesuai selera, yang beragam macam dan jenisnya di pasaran, namun tentu saja kamu juga bisa membuat kancing bungkus sendiri. Berikut adalah sekilas pandang langkah-langkah pembuatan kancing bungkus dalam urutan gambar.

Langkah-1

Langkah-2

Langkah-3

Langkah-4

Langkah-5

Langkah-6

Langkah-7

Langkah-8

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Nah untuk pemasangan kancingnya, cukup sesuaikan dengan posisi lubang kancing dan gunakan jarum tangan untuk menempelkan kancing di posisi yang sesuai.

Jadi deh blus sederhana kita, cantik bukan? :)

blus sederhana

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.