Article

Homepage Article Desain Fesyen Proses Penyamakan Kulit…

Proses Penyamakan Kulit Dengan Bahan Minyak

Penyamakan merupakan proses konversi protein kulit mentah menjadi kulit siap pakai yang dilakukan dengan cara memasukkan bahan penyamak tertentu ke dalam jaringan kulit. Tujuan utamanya adalah untuk membuat bahan kulit menjadi lebih stabil, tidak mudah membusuk, dan dapat digunakan untuk membuat berbagai macam produk kerajinan. 

Penyamakan Minyak

Sumber : http://paleoplanet69529.yuku.com/

Selain menggunakan bahan penyamak nabati dan mineral, proses penyamakan kulit sendiri pada dasarnya juga dapat dilakukan dengan bahan penyamak minyak. Dimana jenis minyak yang biasa digunakan sebagai bahan penyamakan kulit tersebut sebagian besar diperoleh dari golongan minyak ikan. 

Penyamakan Minyak

Sumber : http://www.dhresource.com/

Bahan penyamak minyak yang dimaksud bisa berasal dari jenis minyak ikan hiu atau ikan lainnya. Namun sebelum kulit disamak dengan  bahan  penyamak  minyak, kulit tersebut harus disamak terlebih dahulu dengan formalin. 

Penyamakan Minyak

Sumber : https://www.vagabondtraveler.com/

Untuk menghilangkan kadar formalin, kulit harus dicuci menggunakan air terlebih dahulu. Selanjutnya kulit tersebut dimasukkan dalam drum yang telah diisi dengan 20 hingga 30% minyak ikan dan diputar selama 2 sampai 3 jam. 

Penyamakan Minyak

Sumber : https://www.vagabondtraveler.com/

Tumpuk bahan kulit selama satu malam kemudian gantung dan angin-anginkan selama 7 hingga 10 hari sampai kulit menjadi matang. Tanda-tanda kulit yang sudah masak bila ditarik akan cenderung mudah mulur dan bekas tarikan kelihatan putih. Kulit yang telah masak selanjutnya dapat dicuci dengan larutan Na2CO3 1%.

Penyamakan Minyak

Sumber : http://makersrow.com/

Meski demikian untuk mendapatkan bahan kulit yang memiliki sifat fisis tertentu, seperti tahan gosok, tahan terhadap keringat maupun tahan air, biasanya dibutuhkan teknik penyamakan kulit khusus yang dilakukan dengan cara kombinasi.

Penyamakan Minyak

Sumber : https://www.pinterest.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.