Article

Homepage Article Desain Fesyen 10 Kulit Binatang Yang Dapat…

10 Kulit Binatang Yang Dapat Diolah Menjadi Produk Handmade

Dalam dunia fashion, bahan kulit dikenal sebagai salah satu jenis bahan fleksibel yang dibuat melalui serangkaian proses penyamakan kulit binatang. Dimana jenis kulit binatang yang biasa diolah menjadi bahan kulit siap pakai sendiri sangat bervariasi dan dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan pemakainya. Mulai dari kulit sapi, kulit banteng, kulit kambing, kulit domba, kulit buaya, hingga kulit ular.

Jenis-Jenis Kulit

Sumber : https://huaracheblog.wordpress.com/

Kulit Sapi

Kulit sapi merupakan salah satu jenis bahan yang memiliki karakteristik cukup tebal, kuat dan tahan lama. Bagian permukaannya tampak seperti kerikil-kerikil kecil yang bagus dan menarik, sehingga sangat sesuai jika digunakan untuk membuat sepatu, tas, dompet, sarung tangan, ikat pinggang, serta sejumlah produk kerajinan handmade lainnya.

Jenis-Jenis Kulit

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Kulit Banteng

Bahan kulit banteng sebenarnya memiliki tampilan yang kurang lebih sama dengan kulit sapi. Hanya saja tekstur kulit banteng cenderung lebih kuat, tebal, dan memiliki pola yang lebih jelas dibandingkan dengan kulit sapi. Karena memiliki karakteristik yang sangat kuat bahan kulit ini lebih banyak digunakan untuk membuat sepatu, karpet, permadani, dan jaket.

Kulit Kambing

Kulit kambing termasuk kedalam jenis bahan kulit yang memiliki karakteristik cukup kuat dan tahan lama, namun cenderung lebih halus dan ringan ringan jika dibandingkan dengan kulit sapi. Kulit kambing biasa digunakan untuk membuat karpet, sarung tangan, dan tas tangan.

Jenis-Jenis Kulit

Sumber : http://www.loveyourleather.ca/

Kulit Domba

Kulit domba merupakan salah satu jenis bahan kulit yang memiliki karakteristik sangat halus, lembut, ringan dan bisa menyerap air dengan baik. Karena tekstur bahannya tidak begitu kuat, kulit domba ini biasa digunakan bersama dengan wolnya untuk membuat jaket fashion, rompi, maupun karpet.

Jenis-Jenis Kulit

Sumber : http://www.upperclassfashion.co.uk/

Kulit Buaya

Dibandingkan jenis kulit lainnya, kulit buaya umumnya dijual dengan harga yang cukup mahal baik dalam bentuk mentah maupun dalam bentuk produk olahan handmade. Selain karakteristik bahannya yang begitu tebal, kuat dan tahan lama, kulit buaya juga cukup sulit untuk diproses.

Jenis-Jenis Kulit

Sumber : http://www.etgarleather.com/

Karena proses pembuatannya terbilang rumit, ditambah lagi dengan kualitas dan keindahan tekstur bahannya produk fashion yang dibuat dari kulit buaya secara keseluruhan terkesan sangat mewah dan elegan.

Kulit Ular

Kulit ular dapat dikelompokkan kedalam jenis kulit binatang yang bertekstur halus, lembut, dan tipis (sehingga tidak begitu kuat). Tampilannya yang terkesan sangat menarik dan indah menjadikan bahan kulit ular sangat sesuai jika dijadikan tas tangan, dompet, dan juga sepatu.

Jenis-Jenis Kulit

Sumber : http://bgfons.com/

Selain sejumlah kulit binatang yang telah disebutkan diatas, sebenarnya masih terdapat banyak sekali kulit hewan yang bisa digunakan untuk membuat produk handmade, sebut saja kulit rusa, kulit babi, kulit kanguru, dan ungas besar seperti burung unta. 

Jenis-Jenis Kulit

Sumber : http://bullwhips.org/

Masing-masing kulit binatang tersebut pada umumnya memiliki karakteristik yang berbeda-beda baik dari segi tekstur hingga kekuatannya. Itulah sebabnya mengapa beberapa jenis bahan kulit akan terlihat sangat bagus jika digunakan untuk membuat suatu produk handmade tertentu tetapi akan memberikan hasil yang berbeda jika diaplikasikan untuk produk lainnya.

Jenis-Jenis Kulit

Sumber : http://www.inkleafleather.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.