Article

Bantalan Bahu

Bantalan Bahu merupakan pelengkap busana dari bahan busa dan kapas yang sempat dipopulerkan oleh para designer baju pada tahun 80-an. Pada masa tersebut, siluet bahu tegap dan lebar menjadi salah satu bentuk power dressing yang menunjukkan kekuatan seseorang. Tidak heran jika selain digunakan sebagai pelindung bahu, bantalan bahu yang dipasangkan pada sebuah pakaian juga berfungsi untuk memberikan kesan sedikit lebih tinggi pada bagian bahu pemakainya sehingga tampilannya tampak jauh lebih sempurna dan menarik. 

Bantalan Bahu

Sumber : http://blog.saintfashion.com

Bantalan bahu yang khusus dipasangkan pada pembuatan jas umumnya terbuat dari campuran serabut wol dan beberapa lapis serabut kapas. Sedangkan bantalan bahu yang dipasangkan pada blus maupun model busana wanita berlengan, biasa dibuat dari busa dengan berbagai macam ukuran ketebalan, mulai dari 1 cm, 2 cm, 3 cm atau 5 cm.

Bantalan Bahu

Sumber : http://www.asos.com

Sementara bantalan bahu yang biasa diaplikasikan untuk busana berlengan setali atau lengan raglan lebih sering disebut sebagai padding mangkok. Sebelum dipasangkan pada busana, bantalan bahu tersebut harus dibungkus dengan kain tekstil bertekstur tipis (bahan furing) yang memiliki warna senada dengan bahan busananya. 

Bantalan Bahu

Sumber : https://thestyleworkshop.wordpress.com

Untuk memasang bantalan bahu, sahabat Fitinline bisa menjahitnya secara langsung pada bagian dalam bahu pakaian menggunakan tusuk balut atau ditrens pada beberapa tempat. Supaya terlihat lebih rapi tepi bantalan bahu dapat diselesaikan dengan cara diobras. 

Bantalan Bahu

Sumber : http://www.tillyandthebuttons.com

Selain menjahit bantalan bahu secara langsung, sebenarnya sahabat Fitinline juga bisa menggunakan kancing tindih dan pita perekat untuk memasang bantalan bahu. Jika bantalan bahu hendak dipasang menggunakan kancing tindih maka pasangkan kancing tindih yang timbul pada bagian bantalan bahu dan kancing yang pipih pada kampuh bahunya.

Bantalan Bahu

Sumber : http://conq.me/

Namun jika sahabat Fitinline ingin menggunakan pita perekat maka cara terbaiknya adalah dengan memasangkan bagian pita perekat yang kasar pada bantalan bahu dan bagian yang halus pada kampuh bahu.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.