Article

Homepage Article Jahit Menjahit Tutorial Membuat Bantalan…

Tutorial Membuat Bantalan Bahu Agar Hasilnya Terlihat Lebih Bagus

Mengenakan bantalan bahu di balik sweater tebal, blazer, dan mantel menjadi salah satu solusi paling tepat yang dapat dilakukan untuk menyempurnakan bentuk bahu yang kurang menarik. Namun anda juga harus berhati-hati, jangan sampai bantalan bahu yang anda pakai isinya terlalu berlebih dan merusak tampilan anda secara keseluruhan.

Bantalan bahu ini biasanya bisa dengan mudah dijumpai di toko perlengkapan menjahit, ada yang sudah dalam bentuk siap pakai (terbungkus kain) tapi ada juga yang dijual dalam bentuk busanya saja (belum dibungkus kain).

Bantalan Bahu

Sumber : http://theberry.com/

Kalau kebetulan anda tidak menemukan bantalan bahu yang sesuai dengan ukuran yang anda maksud jangan khawatir, kali ini Fitinline akan mengajak anda untuk mencoba membuat bantalan bahu sendiri dengan cara yang cukup sederhana. 

Cara Membuat Bantalan Bahu

  • Beli busa lembaran di toko alat jahit.
  • Gunting busa secara melengkung mengikuti lengkungan lingkar bahu pada baju, sesuaikan besarnya dengan kebutuhan.

Bantalan Bahu

Sumber : http://sewingbusiness.com/

  • Siapkan bahan kain yang berwarna sama dengan warna utama baju kemudian gunakan bahan tersebut untuk membungkus busa.
  • Rapikan bagian tepi bantalan bahu dengan jahitan obras. 

Bantalan Bahu

Sumber : http://sewingbusiness.com/

Cara Memasang Bantalan Bahu

Pasangkan bantalan bahu pada bagian buruk pakaian dengan posisi bagian tengah bantalan bahu berada tepat di atas jahitan garis bahu. Pastikan sebagian besar bantalan bahu berada di bagian badan, sedangkan sisi yang lurus dimajukan kira-kira 1 cm dari jahitan lingkar lengan.

Bantalan Bahu

Sumber : http://whafi.com/

Bantalan Bahu

Sumber : http://whafi.com/

Sematkan jarum pentul pada kedua ujung bantalan bahu. Perhatikan letaknya, apakah sudah benar-benar pas atau belum. Jika belum pas perbaiki kembali letaknya dengan cara menggeser posisi bantalannya.

Bantalan Bahu

Sumber : http://whafi.com/

Jahit bantalan bahu disekitar lingkar lengan dan kampuh bahu dengan tusuk balut atau tusuk tikam jejak menggunakan jarum jahit tangan.

Bantalan Bahu

Sumber : http://whafi.com/

Bantalan Bahu

Sumber : http://whafi.com/

Jika bantalan bahu, akan dipasangkan menggunakan kancing tindih, beri tanda pada letak kancing pada garis bahu. Pasangkan kancing tindih yang timbul pada bagian bantalan bahu dan kancing yang pipih pada kampuh bahunya. 

Jika anda ingin memasang bantalan bahu dengan pita perekat, pastikan bagian pita yang kasar dipasangkan pada bantal bahu, sementara bagian yang halusnya dipasangkan pada kampuh bahu.

Bantalan Bahu

Sumber : https://www.etsy.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.