Article

Homepage Article Fashion Design Perlengkapan Yang Wajib…

Perlengkapan Yang Wajib Dikenakan Wasit Sepakbola

Sering menyaksikan kompetisi sepakbola secara langsung atau hanya di layar kaca, tapi jarang sekali memperhatikan pakaian yang digunakan oleh wasit yang mengatur jalannya pertandingan?. Penting untuk anda ketahui bahwa dalam memilih pakaian atau seragam wasit sepakbola terdapat ketentuan yang harus dipatuhi.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pentingnya Peran Seorang Wasit

Wasit adalah seorang yang memiliki wewenang dan hak penuh untuk mengatur jalannya suatu pertandingan olahraga. Dalam sepakbola sendiri wasit yang ditugaskan untuk mengatur pertandingan  jumlahnya ada empat, satu wasit utama, dua hakim garis dan terakhir ada wasit cadangan.

  • Wasit Utama

Sebagai wasit yang memiliki posisi paling tinggi dalam mengatur jalannya permainan sepakbola, secara umum wasit utama punya kewenangan mutlak untuk:

  • Mengatur jalannya pertandingan dan bekerja sama dengan pelatih kedua tim serta dua asisten wasit yang membantunya.
  • Memastikan bola yang digunakan dalam pertandingan sesuai dengan standar yang ditetapkan.
  • Memastikan semua perlengkapan atau aksesoris setiap pemain sudah sesuai aturan.
  • Menegakkan peraturan yang sudah ditetapkan induk organisasi sepak bola dunia FIFA (Federation Internationale de Football Association).
  • Mencatat waktu dan memberikan sanksi pada pemain yang melakukan pelanggaran.
  • Hakim Garis atau Asisten Wasit

Asisten wasit yang biasa disebut juga hakim garis bertugas untuk memberi isyarat pada wasit utama dan melaksanakan beberapa tugas lain yaitu:

  • Mengawasi bola yang keluar lapangan, termasuk menentukan tim mana yang berhak mendapat keuntungan untuk melakukan tendangan bebas.
  • Memberikan tanda kepada wasit utama apabila terjadi offside saat pertandingan.
  • Membantu wasit utama untuk mengambil keputusan terkait pelanggaran yang terjadi oleh pemain berdasarkan pandangan objektif.
  • Wasit Cadangan

Wasit cadangan bertugas menggantikan peran wasit utama atau wasit garis apabila salah satunya sedang tidak bisa hadir mengikuti pertandingan. Wasit cadangan juga punya tugas lain yaitu:

  • Mengatur apabila ada pergantian pemain dari salah satu tim.
  • Memberikan isyarat pada wasit utama apabila permainan telah selesai karena waktu sudah habis.

Jersey Wasit Sepakbola

Sumber : https://northcoastfootball.com.au/

Dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab seperti yang sudah disebutkan di atas, wasit yang ditugaskan di lapangan pun tidak bisa memakai pakaian secara asal karena ada beberapa ketentuan atau peraturan yang harus dipatuhi.  

Perlengkapan Wasit Sepakbola

Terkait dengan seragam yang digunakan wasit dalam pertandingan sepakbola, awalnya para wasit zaman dulu lebih sering mengenakan blazer supaya lebih terlihat jelas saat berada di tengah lapangan dan dapat dibedakan dengan para pemain bola yang lain.

Jersey Wasit Sepakbola

Sumber : https://www.leymanck.com/

Hingga akhirnya di awal tahun 1990-an, karena jumlah penonton yang terus bertambah dan saran dari pihak pertelevisian, akhirnya ditetapkanlah regulasi baru tentang penggunaan baju jersey walaupun warna dan gaya yang dipilih oleh pihak asosiasi sepakbola tetap ada variasi yang berbeda.

Jersey Wasit Sepakbola

Sumber : https://theconversation.com/

Dalam peraturan yang dibuat induk organisasi sepak bola Internasional FIFA (Federation Internationale de Football Association) sendiri, wasit yang memimpin jalannya pertandingan sepakbola harus mengenakan baju seragam dengan ketentuan sebagai berikut :

  • Kaos dengan warna hitam, merah, kuning, hijau atau biru yang dilengkapi dengan 2 buah kantong di bagian dada (satu di dada kanan dan satu lagi di dada kiri).
  • Celana pendek dengan warna hitam untuk menyimpan berbagai perangkat kerja.
  • Kaos kaki dengan warna hitam.
  • Sepatu dengan warna hitam.

Jersey Wasit Sepakbola

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Ketentuam mengenai penggunaan sepatu warna hitam untuk wasit sepakbola sendiri terkait erat dengan aturan dari Asosiasi Wasit Dunia (The Referees Association) yang dikendalikan oleh FIFA(Federation Internationale de Football Association).

Yang pasti apa yang dikenakan oleh wasit saat sedang berada di lapangan harus berbeda dengan warna baju jersey yang digunakan oleh kedua klub bola agar para pemain tidak kebingungan saat harus mengoper bola kepada rekan setimnya.

Dalam Law of The Game terbitan The International Football Association Board (IFAB) juga disebutkan, bahwa seorang wasit diwajibkan untuk membawa empat barang yakni peluit, jam tangan, kartu merah dan kuning, serta sebuah buku tulis saku.

  • Peluit

Peluit memiliki peran penting dalam kelancaran sebuah pertandingan. Panjang atau pendek durasi sang wasit meniup pun syarat akan arti, misal untuk memberitahu jika ada pelanggaran, bola keluar, offside, penalti atau berakhirnya pertandingan.

  • Jam Tangan

Jam tangan diperlukan untuk melihat waktu memulai, menjeda dan mengakhiri pertandingan.

  • Kartu Merah dan Kuning

Kartu merah dan kuning yang dapat disimpan pada saku baju jersey untuk memberi hukuman dan peringatan pada pemain yang melakukan pelanggaran selama berlangsungnya pertandingan bola.

  • Kartu merah untuk memberi hukuman pada pemain yang melakukan pelanggaran berat dan harus keluar lapangan.
  • Kartu kuning untuk memberi peringatan pada pemain yang melakukan pelanggaran supaya lebih hati-hati.

Adanya kartu kuning dan kartu merah pada pertandingan olahraga sendiri berasal dari ide Ken Aston yang merupakan salah satu wasit asal Inggris.

  • Penerapan kartu kuning dan lampu merah ini baru mulai digunakan pertama kali pada gelaran Piala Dunia 1970.
  • Penggunaan kartu kuning dan kartu merah dalam permainan sepakbola terinspirasi dari lampu lalu lintas di jalan.
  • Buku Tulis Saku

Buku tulis saku diperlukan untuk mencatat semua kejadian yang terjadi di dalam sebuah pertandingan.

Selain keempat barang tersebut, seorang wasit juga diperkenankan membawa alat komunikasi bendera, headset atau lonceng yang dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan wasit lainnya.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah perlengkapan dan seragam yang wajib dikenakan oleh wasit sepakbola. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi tahukan bahwa saat memimpin jalannya pertandingan di lapangan ternyata wasit tidak bisa sembarangan berpakaian. 

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat baju jersey bola?. Sebagai bahan pertimbangan sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu katalog Kain Drifit, Kain Lotto, Kain Hyget dan Kain Paragon yang kami miliki.

Simak juga 9 Fakta Menarik Tentang Jersey Bola dan 3 Jenis Jersey Yang Wajib Dimiliki Tiap Klub Sepakbola kalau sahabat Fitinline mau tahu lebih banyak lagi tentang sejumlah fakta unik dan menarik terkait dengan jersey bola.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.