Article

Homepage Article Fashion Design 9 Tips Mendapatkan Foto…

9 Tips Mendapatkan Foto OOTD di Rumah Kamu

Ingin punya foto OOTD yang keren seperti layaknya selebrity dan influencer?. Berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa anda coba agar foto OOTD yang anda buat tetap terlihat keren meski pengambilan gambarnya hanya dilakukan di sekitar rumah.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang OOTD

OOTD merupakan singkatan kata yang diambil dari bahasa Inggris Outfit Of The Day. Adapun dalam bahasa Indonesia sendiri, OOTD biasa digunakan untuk menunjukkan style, aksesoris, hingga pakaian yang digunakan oleh seseorang sebagai pelengkap gaya sehari-hari maupun pada saat acara tertentu.

Tak hanya menunjukkan style, aksesoris, hingga pakaian, OOTD biasanya juga kerap digunakan oleh para artis maupun influencer untuk caption dalam unggahan foto atau video di sosial media yang menjelaskan perpaduan pakaian yang digunakan pada waktu tertentu.

Tips Membuat Foto OOTD

Berencana untuk membuat OOTD tapi terkendala waktu jika harus pergi-pergi ke tempat yang aesthetic?. Berikut kami bagikan beberapa tips sederhana yang bisa anda coba jika ingin mendapatkan foto OOTD yang keren walau hanya di rumah.

1. Pilih Outfit Terbaik

Pilih outfit terbaik yang anda miliki kemudian carilah referensi gaya berpakaian di media sosial atau sumber lain agar anda bisa lebih mudah untuk menemukan padupadan yang tepat untuk outfit yang anda miliki.

Foto OOTD

Sumber : https://id.pinterest.com/

Untuk foto OOTD coba beragam gaya berpakaian seperti casual, formal, sophisticated, streetwear dan lain sebagainya.

  • Gaya casual identik dengan pakaian santai, seperti kaos, celana pendek dan sepatu sandal.
  • Gaya formal identik dengan pakaian yang sesuai dengan aturan dan etika saat menghadiri acara resmi.
  • Sophisticated biasa digunakan untuk menyebut gaya fashion yang berkelas, menunjukkan status, keistimewaan dan keunggulan.
  • Gaya vintage identik mode pakaian ala tahun 20-an hingga 60-an, yang memberikan kesan jadul.
  • Streetwear merupakan style fashion yang identik dengan outfit untuk jalan-jalan atau hangout.

Setelah menemukan referensi yang sesuai dengan selera anda, selanjutnya anda bisa mulai memilih dan mengaplikasikan outfit yang sesuai dengan referensi yang ingin anda tiru.

2. Pilih Spot Foto Yang Menarik

Pilih spot foto yang memiliki latar belakang menarik di sekitar rumah. Dalam hal ini anda bisa memilih untuk melakukan pemotretan di ruang-ruang yang tersedia di rumah seperti teras, pekarangan depan rumah, pagar, tangga, kamar tidur, dapur dan ruang keluarga.

Foto OOTD

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Karena fokus utama foto OOTD adalah pakaian alias outfit yang anda kenakan, pastikan untuk memilih background yang tidak terlalu ramai agar foto yang dihasilkan tidak terdistraksi dengan motif background yang mencolok.

Tapi jika anda kesulitan untuk menemukan spot foto yang bagus lantaran latar belakangnya terlalu ramai, coba gunakan kain yang polos sebagai background foto agar hasilnya lebih fokus pada objek yang akan dipotret.

Beberapa contoh bahan kain yang cocok dijadikan sebagai background foto alias latar belakang foto OOTD antara lain berupa:

Simak juga 7 Hal Yang Harus Anda Perhatikan Dalam Memilih Kain Background Foto  dan Pemanfaatan Kain Kanvas dan Kain Blacu Untuk Background Photo.

3. Pencahayaan

Pastikan spot foto yang anda pilih didukung dengan pencahayaan yang baik untuk menghasilkan foto yang keren. Sebagai referensi ana bisa menggunakan pencahayaan dari sinar matahari di pagi atau sore hari menjelang waktu golden hours.

Foto OOTD

Sumber : https://id.pinterest.com/

Jika anda terpaksa harus melakukan foto OOTD di dalam ruangan pastikan cahaya lampu yang menyinari ruangan cukup terang atau bisa juga pilihlah tempat yang paling dekat dengan jendela.

4. Cari Angle Foto Terbaik

Temukan angle foto yang tepat untuk menunjukkan sisi terbaik yang anda miliki, setelahnya carilah pose foto yang bisa menonjolkan karakteristik pakaian yang anda kenakan.

Foto OOTD

Sumber : https://www.rukita.co/

5. Cari Inspirasi Pose Foto

Cari inspirasi pose foto sebanyak mungkin dari Instagram, Pinterest  ataupun sumber lain. Saat pemotretan, coba juga lakukan sedikit gerakan seperti pura-pura jalan, sedikit melompat atau menari-nari, agar foto yang dihasilkan tampak alami.

Simak juga 6 Pose Dasar Model Dalam Fotografi Fashion (Fashion Photography).

6. Gunakan Properti Tambahan

Gunakan properti tambahan yang sesuai dengan busana dan gaya pakaian yang anda pilih. Selain mempercantik tampilan foto, properti ini bisa juga dijadikan sebagai alat untuk membuat pose anda tidak terlihat kaku di depan kamera.

Foto OOTD

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Ambil Banyak Foto

Untuk mendapatkan hasil yang bagus, lakukan pengambilan gambar dengan berbagai pose dan dari berbagai angle kemudian seleksi foto mana yang paling keren dan cocok untuk diunggah di laman media sosial.

Jika tidak ada orang yang bisa dimintai tolong untuk memotret anda bisa menggunakan shutter remote, self timer atau nyalakan mode video kemudian screenshot setiap pose yang kelihatannya menarik.

Foto OOTD

Sumber : https://id.pinterest.com/

8. Ambil Foto Detail

Jangan lupa untuk memotret detail dari baju maupun aksesoris yang anda kenakan agar foto OOTD yang anda  buat terlihat lebih menarik. Misal foto pada bagian ujung lengan baju, bagian sepatu atau bagian lain yang menurut anda perlu untuk ditonjolkan.

9. Edit Foto OOTD

Terakhir lakukan proses editing sederhana untuk foto-foto terbaik yang sudah anda pilih. Hal terpenting yang perlu diperhatikan selama proses editing yaitu utamakan untuk mengedit pada bagian tubuh dan wajah agar hasilnya di foto lebih menonjol.

Untuk anda yang suka bereksperiman coba juga buat sebuah video kompilasi yang berisi foto kumpulan hasil OOTD.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah tips yang bisa anda coba untuk membuat OOTD di rumah. Dari penjelasan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mendapatkan foto OOTD yang berkualitas pemilihan outfit dan faktor pendukung lainnya seperti angle, pencahayaan hingga background juga harus diperhatikan.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.