Article

Homepage Article Fashion Design 10 Fakta Tentang Korset…

10 Fakta Tentang Korset dan Penggunaannya di Masa Kini

Merasa cukup familiar dengan yang namanya korset?. Dibalik tampilannya yang sedemikian unik, korset yang biasa diidentikkan dengan pakaian pelangsing sendiri ternyata juga menyimpan banyak sekali fakta menarik yang sayang jika kamu lewatkan lho.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Korset

Korset dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis pakaian yang memiliki efek melangsingkan ecara instan, bahkan banyak juga yang menggunakan korset khusus untuk berolahraga. Seperti layaknya model pakaian lain yang dibuat untuk para wanita, korset ini sebenarnya juga memiliki cerita tersendiri lho.

Fakta Menarik Korset

Mau tahu lebih banyak lagi tentang sejarah panjang ditemukannya korset sampai akhirnya digunakan sebagai item pelengkap fashion pada masa kini. Berikut beberapa fakta unik dan menarik tentang korset yang perlu kamu ketahui.

1. Asal Usul Nama Korset

Dilihat dari asal bahasanya, kata korset sebenarnya diambil dari bahasa Prancis Kuno yakni “cors” (tubuh) dan bahasa Latin “corpus” yang berarti “tubuh kecil”.

Korset

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Sejarah Panjang Korset

Catatan sejarah menyebutkan korset sebenarnya sudah ada sejak lama tepatnya sejak zaman Romawi kuno dan menjadi sangat populer pada abad ke-16 hingga abad ke-19 di Eropa. Fungsinya pun berubah dari penyokong tubuh menjadi pakaian yang membentuk tubuh.

3. Korset di Zaman Victoria

Era Victoria di Inggris (1837-1901) sangat terkenal akan penggunaan korset yang sangat ketat. Saking ketatnya korset yang dikembangkan pada era Victoria sering kali membuat pinggang wanita sangat ramping tetapi juga bisa sangat tidak nyaman.

4. Jadi Simbol Status Sosial

Korset kerap digunakan sebagai simbol penanda status kelas wanita zaman dahulu, karena desainnya yang khas yakni memiliki tali di belakang membuat para wanita sering kali membutuhkan bantuan pelayan atau orang lain untuk menggunakannya.

Korset

Sumber : https://salepondet.life/

Sementara para wanita yang tidak mampu membayar pelayan biasanya akan mengenakan korset yang dilengkapi dengan tali pengikat di bagian depan.

Korset

Sumber : https://www.femina.co.id/

5. Korset di Abad ke-19

Selama paruh kedua abad ke-19 korset sudah mulai dirancang khusus untuk keperluan olahraga seperti menunggang kuda, bersepeda bahkan bermain tenis.

  • Korset olahraga dapat digunakan untuk menjaga postur tubuh yang benar selama berolahraga.
  • Korset olahraga dapat membantu mengurangi risiko cedera pada otot, ligamen dan sendi.
  • Korset olahraga dapat membantu mengarahkan gerakan tubuh dan mengoptimalkan tenaga yang dihasilkan selama olahraga.
  • Korset olahraga dapat memberikan rasa nyaman bagi para atlet dengan memberikan dukungan ekstra saat melakukan aktivitas yang melibatkan banyak gerakan intens.

6. Korset di Masa Revolusi Mode

Revolusi mode pada awal abad ke-20 membuat korset menjadi kurang populer, karena pergeseran gaya pakaian wanita yang lebih menyukai pakaian yang longgar dan nyaman. Meski demikian dalam beberapa kesempatan korset juga masih digunakan dalam industri mode.

7. Bahan Untuk Korset

Korset biasanya dibuat dari bahan yang fleksibel, mampu menyerap keringat dengan baik dan tidak membuat kulit kamu gatal-gatal atau alergi, kemudian diperkuat dengan boning (rangka rusuk) yang mampu memberikan dukungan dan membentuk tubuh sesuai keinginan.

  • Strip tipis dari whalebone (tulang insang paus) menjadi bahan favorit untuk boning pada abad ke-18.
  • Kalau untuk sekarang bahan yang banyak dimanfaatkan untuk membuat boning pada korset umumnya berupa logam, plastik dan rotan yang diproses sedemikian rupa hingga menyerupai tulang pipih yang lentur.

Korset

Sumber : https://www.tribunnews.com/

8. Banyak Pilihan Modelnya

Korset secara umum dapat dibedakan kedalam dua macam kategori kategori yakni berupa underbust dan overbust.

  • Korset underbust merupakan korset yang dikenakan mulai dari bawah payudara.
  • Korset overbust merupakan korset yang bisa difungsikan sebagai bra sekaligus.

Korset

Sumber : https://breastcarevictoria.com.au/

Sementara jika dilihat dari ukuran panjangnya, korset sendiri juga dapat dibedakan dalam beberapa desain yang berbeda. Beberapa jenis korset yang dimaksud yakni berupa:

  • Korset standar yang biasanya dibuat sampai batas pinggul atas dan ideal digunakan bagi para wanita yang menginginkan fleksibilitas atau memiliki tubuh yang pendek.
  • Korset yang lebih pendek (short corset) dari korset standar dan umumnya hanya menutupi area pinggang. Korset ini biasa disebut pula dengan istilah waist cincher.
  • Korset yang bentuknya menyerupai pakaian dalam dan bisa dipakai untuk menutupi bagian dada, perut hingga paha.

Korset

Sumber : https://id.pinterest.com/

9. Perubahan Fungsi Korset

Korset di masa lalu biasanya dikenakan di atas chemise, gaun leher rendah tanpa lengan yang terbuat dari kain katun, kain linen atau bahan lain yang mudah dicuci dan mudah menyerap keringat. 

  • Korset yang ditambahkan pada chemise dapat dipakai untuk menahan dan melatih batang tubuh (torso) ke bentuk yang diinginkan.
  • Secara tradisional korset juga akan membuat pinggang jadi lebih kecil dan memberi kesan lebih besar pada tubuh bagian bawah (pinggul).

Sementara di zaman modern seperti sekarang ini korset biasanya lebih banyak digunakan dibalik kebaya, gamis, dress atau busana lain yang sejenis.

Korset

Sumber : https://shopee.co.id/

10. Penggunaan Secara Medis

Selain memberi efek ramping pada tubuh, beberapa korset ada juga yang didesain khusus untuk tujuan medis, seperti meredakan sakit punggung dan menyokong postur tubuh yang benar.

  • Korset kesehatan memiliki manfaat yang besar untuk membantu memperbaiki postur tubuh dan mencegah sakit punggung.
  • Korset kesehatan dapat membantu menyokong area tubuh yang cedera atau lemah selama masa pemulihan pasca operasi.
  • Korset kesehatan dapat membantu memberikan dukungan pada tubuh saat melakukan aktivitas fisik.
  • Korset kesehatan baik digunakan oleh ibu-ibu pasca melahirkan untuk mengembalikan bentuk perut.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai sejumlah fakta unik dan menarik tentang korset yang perlu kamu ketahui. Semoga informasi yang kami bagikan bisa menambah wawasan dan pengetahuan kamu tentang korset ya.

Simak juga :

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.