Article

Homepage Article Fashion Design Bagian-Bagian Penting Dari…

Bagian-Bagian Penting Dari Dress Form / Boneka Jahit

Merasa cukup familiar dengan yang namanya dressform. Penting untuk anda ketahui jika dress form yang biasa digunakan untuk mengepas maupun memajang busana pada prinsipnya memiliki sejumlah detail / bagian khusus yang membedakannya dengan manekin atau boneka peraga untuk desain fashion yang lainnya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Dress Form

Dress form alias boneka jahit merupakan bentuk perwujudan tiga dimensi dari ukuran-ukuran standar tubuh manusia yang dapat dipakai untuk memudahkan proses pembuatan pola baju, mengepas pakaian, melihat jatuhnya jahitan dan juga memajang baju di butik atau pakaian.

  • Dress form berguna untuk membantu mempercepat dan mempermudah pengambilan ukuran konstruksi pola serta model secara tiga dimensi.
  • Dress form berguna untuk membantu menyempurnakan penanganan dan penyelesaian mode draperi maupun high fashion.
  • Dress form berguna untuk membantu menjual, mempromosikan produk dan menghias / mendekor toko ataupun butik.

Dress Form

Sumber : https://jelimate.com/

Khusus untuk pembuatan pola busana dengan teknik draping sendiri, dress form yang paling umum digunakan yakni berupa dress form yang dilapisi dengan kain muslin atau bahan kain lainnya karena sisi kanan dan kiri dress form tersebut hampir sama, kuat dan tidak merusak jarum.

Dress Form

Sumber : https://theshopcompany.com/

Untuk mengetahui lebih detail lagi tentang fungsi fress form simak juga 6 Fungsi Utama Dress Form Dalam Desain Fashion.

Detail Anatomi Dress Form

Berbicara mengenai dress form atau boneka jahit, jadi bentuk tiruan tubuh manusia yang didesain dalam bentuk tiga dimensi (3D) ini pada prinsipnya juga memiliki bagian-bagian penting yang membedakannya dengan bentuk boneka peraga dalam desain fashion lainnya.

Dress Form

Sumber : https://jelimate.com/

Beberapa bagian penting dari dress form yang penting untuk anda ketahui antara lain terdiri dari:

1. Bagian Kepala

Bagian kaki merupakan bagian dress form yang letaknya paling atas. Bagian kepala dari dress form ini biasanya banyak dibuat dari bahan kayu, besi atau material lain.

2. Bagian Badan

Bagian badan merupakan patung torso (batang tubuh) manusia dari bahu hingga panggul yang dibuat berdasarkan ukuran-ukuran standar tubuh manusia dan tidak memiliki lengan serta kaki.

  • Bagian badan yang juga menjadi bagian utama dress form dulunya banyak dibuat dari kayu namun sekarang dibuat dari bahan-bahan seperti styrofoam, kaca serat atau plastik.
  • Selain itu bagian permukaan dress form atau boneka jahit biasanya juga dilapisi bantalan dari karet busa dan kain supaya tidak merusak jarum pentul jika digunakan untuk draping.

Dress Form

Sumber : https://www.etsy.com/

Untuk mempermudah prosedur pembuatan pola anda dapat memberi tanda pada dress form atau boneka jahit dengan cara memasang tali pada dress form sebagai garis-garis pola. Beberapa bagian dress formyang perlu di tandai diantaranya:

  • Leher (Neck)

Garis leher (neck) merupakan bagian pada dress form yang memiliki fungsi sangat penting untuk membantu pembuatan bentuk garis leher atau kerah yang anda inginkan.

  • Garis Bahu (Shoulder Line)

Garis bahu (shoulder line) merupakan bagian dress form yang diukur batas garis leher ke ujung bahu / bahu tertinggi.

  • Lubang Lengan (Armhole)

Lubang lengan (armhole) merupakan ukuran yang digunakan untuk menentukan lingkar kerung lengan.

  • Lingkar Dada (Bust)

Lingar dada (bust) merupakan lingkar terbesar pada badan atas yang berfungsi untuk membantu desainer membuat cup bra serta garis hias yang melewati payudara.

  • Sisi Badan (Side Seams)

Sisi badan (side seams) merupakan garis yang terletak pada bagian sisi kanan dan sisi kiri dressform.

  • Garis sisi badan dimulai dari bawah ketiak hingga garis pinggang atau pinggul.
  • Garis sisi badan penting untuk memastikan di mana jahitan sisi baju berada.
  • Pinggang (Waist)

Bagian pinggang (waist) merupakan lingkar badan terkecil pada tubuh. Bagian ini dapat membantu memudahkan anda untuk menentukan lingkar pinggang rok, celana atau lingkar busana seperti kebaya dan blus yang dibuat dengan model pas badan.

  • Princess Line

Princess line merupakan garis yang berfungsi untuk menegaskan bentuk tubuh . Garis ini bisa dibuat dalam bentuk garis lurus dari garis leher ke bawah sehingga menimbulkan kesan ramping pada tubuh.

  • Panggul (Hips)

Panggul (hips) merupakan area terbesar pada badan bawah. Bagian ini dapat membantu anda untuk membuat busana agar tidak terlalu sempit atu terlalu longgar.

  • Tengah Muka

Tengah muka (TM) merupakan garis vertikal pada badan depan yang dapat membantu anda untuk menentukan posisi tengah pada bagian depan busana.

  • Tengah Belakang

Tengah belakang (TB) merupakan garis vertikal pada badan belakang yang dapat membantu anda untuk menentukan posisi tengah pada bagian belakang busana.

Dress Form

Sumber : https://www.amazon.com/

Simak juga Fungsi Pita Body Line Yang Terpasang Pada Dress Form dan Langkah-Langkah Memasang Pita Body Line Pada Dress Form kalau sahabat Fitinline mau tahu pentingnya keberadaan pita body line pada dressform.

3. Penegak (Tiang Dressform)

Penegak atau tiang merupakan bagian dress form yang berfungsi sebagai penyangga badan dressform.

  • Bagian penegak atau tiang dress form umumnya banyak terbuat dari pipa stainless atau bahan lain.
  • Tinggi boneka bisa disesuaikan dengan cara memanjangkan atau memendekkan tiang kaki dressform.

Dress Form

Sumber : https://www.etsy.com/

4. Bagian Kaki

Bagian kaki merupakan bagian dress form yang letaknya paling bawah. Seperti halnya bagian kepala, bagian kaki dari dress form biasanya banyak dibuat dari bahan kayu, besi atau material lain.

Dress Form

Sumber : https://www.etsy.com/

5. Bagian Roda

Terdapat pula beberapa dress form yang dilengkapi dengan roda di bagian kakinya. Fungsi dari roda ini tidak lain adalah untuk memudahkan seseorang ketika menggeser dress form ke tempat lain dan juga melindungi bagian bawah dress form agar lecet saat dipindahkan.

Dress Form

Sumber : https://www.etsy.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai anatomi dari sebuah dress form atau boneka jahit yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk mengenali bagian-bagian penting dari sebuah dress form ya.

Khusus untuk anda yang membutuhkan dress form berkualitas dengan harga yang cukup terjangkau anda bisa memesan Dress Form (Wanita) dan Dress Form (Pria) dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.