Article

Homepage Article Desain Fesyen Perkembangan Model dan Bahan…

Perkembangan Model dan Bahan Celana Kulot Beserta Cara Padupadannya Yang Bisa Anda Coba

Sebagai salah satu jenis celana yang tidak lekang dimakan waktu model dan bahan celana kulot sampai saat ini telah mengalami banyak perubahan yang cukup signifikan. Pemanfaatannya pun tidak hanya terbatas pada kesempatan casual saja tapi beberapa jenis celana kulot ada juga yang bisa dipakai untuk acara formal.

Sejarah Singkat Celana Kulot

Kulot atau cullotes dulunya biasa dipakai untuk menyebutkan jenis celana selutut yang dikenakan oleh para pria terhormat Eropa pada masa Renaissance. Bentuk asli celana tersebut sebenarnya lumayan lebar hingga menyerupai rok dan dibagi menjadi dua bagian untuk menutupi masing-masing kaki.

Celana Kulot

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Berdasarkan cerita yang berkembang kulot sendiri konon mulai populer di Perancis pada era pemerintahan Henry III (1574-1589), namun pada perkembangan berikutnya kulot juga diadaptasi menjadi busana yang lazim digunakan sebagai seragam militer oleh tentara perang Eropa di abad ke-18. 

Celana Kulot

Sumber : http://www.whittingtonhistorysociety.org.uk/

Berlanjut ke era Victoria tepatnya pada masa pertengahan hingga akhir abad ke-19, kulot seelanjutnya diciptakan untuk mempermudah ruang gerak para wanita saat berkuda. Setelah mengalami perjalanan yang cukup panjang akhirnya muncul pula variasi lain dari kulot yang jauh lebih beragam. 

Celana Kulot

Sumber : https://www.blibli.com/

Mengulang kesuksesannya di masa lalu, model celana kulot sekarang sepertinya juga tengah diburu banyak orang. Tapi jangan sampai salah pilih ya sebab dalam dunia fashion modern ada juga model celana wanita yang melebar dibagian bawah padahal itu bukan kulot, bisa jadi palazzo atau malah gaucho.

Perkembangan Model Kulot

Celana wanita yang disebut sebagai kulot secara umum memiliki bentuk yang sangat penuh sehingga pembagiannya tidak terlihat begitu jelas. Meski demikian jenis celana ini tetap menjadi salah satu item fashion yang cukup populer dan dapat dikenakan oleh para wanita dalam berbagai kesempatan. 

Celana Kulot

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Jika model celana kulot jaman dulu kebanyakan hanya berdesain simple tanpa ornamen, sekarang kulot yang bisa anda pakai untuk pelengkap gaya penampilan kebanyakan jauh lebih beragam lho. Tidak hanya berpotongan lurus saja tapi kini ada juga kulot yang diberi tambahan ruffle hingga fringe. 

Celana Kulot

Sumber : https://www.qoo10.sg/

Ruffle Cullotes

Ruffle cullotes merupakan celana kulot yang dilengkapi dengan detail frill atau ruffle pada bagian tertentu terutama pada ujung bawahnya. Untuk menghadiri acara semi formal atau sekedar hangout bersama teman kulot ini dapat anda padupadankan dengan blouse ataupun kaos polos. 

Celana Kulot

Sumber : https://global.rakuten.com/

Pleated Cullotes

Turut meramaikan panggung fashion kini tidak hanya rok saja yang bermodel lipit, tapi muncul pula kulot yang berdetail serupa. Bagi anda yang ingin tampil fashionable dengan pleated cullotes anda bisa mengenakannya dengan blouse yang simple atau knitwear yang berwarna senada.

Celana Kulot

Sumber : https://www.endource.com/

Baggy Cullotes

Sebagai pelengkap gaya penampilan, berikutnya ada model kulot yang menyerupai celana baggy. Celana kulot ini secara umum memiliki bentuk bervolume di bagian tengah sehingga memberikan look yang casual. Beberapa ada yang dibuat dengan model lipit ataupun kerutan di bagian samping. 

Celana Kulot

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Printed Culottes

Selain ketiga model celana di atas ada juga kulot print dengan motif stipes, floral, hingga ethnic. Bila anda ingin mengenakan celana ini anda bisa menentukan sendiri seperti apa gaya yang akan anda tampilkan kemudian menyesuaikannya dengan item yang bisa mendukung tema outfit keseluruhan.

Celana Kulot

Sumber : https://murah.netpriceupdate.com/

Fringe Culottes

Untuk model kulot terakhir ada yang namanya fringe kulot, celana wanita ini identik dengan bohemian style. Dengan mengenakan kulot berdetail fringe dijamin gaya anda akan tampak makin stylish terlebih lagi jika anda memadupadankannya dengan item fashion lainnya yang bertema bohemian. 

Celana Kulot

Sumber : https://my.carousell.com/

Bahan Untuk Membuat Kulot

Sekalipun model celana kulot yang lebar akan membuat pemakainya selalu merasa nyaman saat beraktifitas, tapi ingat ya pastikan pemilihan bahan kain untuk membuat celana kulot tersebut sudah tepat. Buat anda yang kesulitan menentukan bahannya anda bisa memilih satu diantara bahan berikut. 

Celana Kulot

Sumber : https://tokobajuaisyah.com/

Kain Denim

Kain denim menjadi salah satu bahan unggulan yang bisa dipakai untuk membuat kulot karena karakteristiknya memang kuat dan kokoh. Walaupun pada saat pertama kali diciptakan kain denim ini hanya memiliki satu warna saja yakni warna indigo, namun kini warnanya jauh lebih bervariasi.

Celana Kulot

Sumber : https://lookbook.nu/

Khusus untuk anda yang kebetulan sedang mencari kain denim untuk bahan dasar celana kulot anda bisa melihat-lihat koleksi kain denim kami Di Sini.

Kain Katun

Kain katun merupakan bahan celana yang terbuat dari serat alami yakni serat cotton. Karena dibuat dari serat alami maka kain katun ini akan terasa dingin di kulit saat dikenakan. Beberapa ciri paling khas dari kain katun yang membuatnya layak untuk dijadikan bahan kulot diantaranya:

  1. Kain katun memiliki tekstur yang halus, lembut serta kuat dan tahan lama.
  2. Kain katun akan selalu terasa nyaman di badan dan tidak panas.
  3. Kain katun dapat menyerap keringat dengan baik dan mudah kering.
  4. Kain katun tidak luntur untuk bahan berwarna.
  5. Kain katun lebih mudah dirawat dan tidak membuat alergi.

Celana Kulot

Sumber : https://www.everlane.com/

Kain Thaisilk

Kain thaisilk termasuk kain yang memiliki karakteristik mengkilat, tipis, lembut, tidak kaku sehingga nyaman dipakai dan berkesan mewah. Dalam bentuk celana kulot bahan thaisilk akan memberikan kesan mewah jika dikenakan pada acara pesta formal misal untuk keperluan meeting dan dinner. 

Celana Kulot

Sumber : https://www.ebay.com/

Kain Plisket

Kain plisket merupakan kain yang bertekstur lipit-lipit permanen yang dibuat dengan obat khusus yaitu obat plisket. Pola yang berlipat-lipat pada kain ini secara umum dapat memberikan kesan bold dan edgy sekaligus menutupi lekuk tubuh tanpa membuat pemakainya terkesan gemuk. 

Celana Kulot

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Kain Brokat

Dari yang awalnya banyak dipakai untuk gaun dan kebaya, kain brokat juga mulai dijadikan sebagai bahan utama kulot tentunya dengan penambahan furing pada bagian dalamnya agar tidak menerawang. Tekstur dan pola brokat yang identik dengan kesan sweet girl akan membuat anda semakin cantik. 

Celana Kulot

Sumber : https://www.warehouse-london.com/

Kain Corduroy

Kain corduroy yang memiliki tekstur permukaan bergaris-garis dan tebal belakangan juga banyak dilirik oleh para desainer sebagai bahan dasar celana kulot. Dengan ciri khasnya yang unik yakni bernuansa vintage kain cordurouy sebenarnya juga memiliki banyak keistimewaan tersendiri.

  1. Kain corduroy memiliki permukaan yang bertekstur seperti garis-garis kain.
  2. Kain corduroy dikenal lebih hangat dan tahan lama asal dirawat dengan cara yang baik dan benar.
  3. Dengan tampilannya yang cukup unik kain corduroy akan terkesan makin berkelas dan elegan.
  4. Kain corduroy tidak memerlukan kain pelapis karena memiliki berbagai tingkat ketebalan.
  5. Kain corduroy tersedia dalam banyak variasi warna maupun tingkat keregangan (stretch).

Celana Kulot

Sumber : https://www.laredoute.co.uk/

Kain Drill

Bahan kain selanjutnya yang bisa dimanfaatkan untuk celana kulot yakni berupa bahan drill yang memiliki permukaan miring atau diagonal dengan jalinan benang yang amat kuat. Kain drill untuk kulot ini biasanya banyak terbuat dari serat katun maupun serat polyester yang berkualitas tinggi. 

Celana Kulot

Sumber : https://insta-stalker.com/

Dibandingkan dengan beberapa bahan kulot lainnya kain drill ini sebenarnya juga memiliki banyak keunggulan, yakni kain drill bersifat sangat lembut, kuat, tahan kusut dan warnanya juga tidak mudah pudar.

Kain Polyester

Bahan polyester disebut-sebut menjadi bahan favorit untuk dijadikan celana kulot. Dengan karakteristik bahannya yang ringan dan flowy, kulot yang dibuat dari bahan polyester umumnya sangat cocok dipakai dalam segala kondisi dan situasi. Baik itu untuk acara formal dan casual anda bisa tetap memadukannya dengan blouse atau tunik.

Celana Kulot

Sumber : https://boshiapparel.en.made-in-china.com/

Kain Linen

Kain linen terkenal sebagai salah satu jenis kain yang mahal dan memiliki karakteristik cukup istimewa, yakni terasa sangat halus jika disentuh dan agak berkilau. Karakteristik linen yang ringan dan tampak berkelas juga menjadikan bahan ini sangat cocok jika digunakan sebagai pakaian termasuk kulot.

Celana Kulot

Sumber : https://www.etsy.com/

Beberapa ciri khas lain dari kain linen yang membuatnya layak untuk dijadikan bahan kulot diantaranya:

  1. Linen yang berkualitas tinggi memiliki permukaan yang sangat halus dan rapi.
  2. Kain linen sangat identik dengan warna putih, sedikit pucat dan natural.
  3. Kain linen termasuk kedalam golongan serat nabati terkuat jika dibandingkan dengan serat alami jenis lain.
  4. Permukaan kain linen terlihat berkilau dan memiliki ketebalan yang konsisten.
  5. Kain linen memiliki elastisitas yang buruk sehingga sangat mudah mengkerut dan mudah kusut.
  6. Pakaian yang terbuat dari bahan linen tidak hanya halus, mengkilap tapi juga tidak mudah kotor.
  7. Bahan linen akan terasa sangat sejuk saat dikenakan didaerah yang bersuhu panas dan akan bersifat menghangatkan ketika cuaca dingin.

Cara Padupadan Kulot

Setelah mengetahui seperti apa model dan bahan celana kulot, sekarang saatnya untuk membahas hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat memilih celana kulot. Jangan hanya tergoda dengan tampilannya yang bagus, tapi pastikan desain dan potongannya juga harus disesuaikan dengan postur tubuh.

  1. Bagi anda yang lebih suka memakai celana yang praktis sangat disarankan memakai kulot yang dilengkapi dengan elastis di bagian pinggangnya. Tapi kalau anda mau memakai celana kulot yang dilengkapi dengan resleting juga tidak ada salahnya.  
  2. Bila anda ingin mengenakan celana kulot yang dilengkapi resleting, pastikan lingkar pinggangnya sudah sesuai dengan ukuran tubuh anda. Untuk memudahkan anda dalam membuat celana kulot anda bisa mendownload pola celana kulot dari kami Di Sini.
  3. Untuk alasan kenyamanan pilih model dan bahan kulot yang sesuai dengan kebutuhan anda. Bila anda ingin memakai celana kulot yang panjang sangat dianjurkan untuk memilih bahan yang ringandan terkesan jatuh seperti kain plisket, katun dan linen.
  4. Untuk mendapatkan padupadan yang serasi saat mengenakan celana kulot kurangi penggunaan motif pada pakaian. Sebagai gantinya pilih sesuatu yang berwarna solid. Dengan begitu anda bisa terhindar dari kesan ramai dan berlebihan.
  5. Supaya tampilan anda tetap terkesan menarik anda bisa juga memadukan celana kulot dengan model busana apapun seperti blouse, kaos, tank top dan cropped top.
    • Pakaian wanita bermodel longgar yang dikenal dengan nama blouse termasuk ke dalam salah satu jenis pakaian yang sangat cocok jika dipadukan dengan kulot karena akan membuat anda terlihat lebih energik saat ke kantor.
    • T-shirt berlengan maupun kaos raglan akan terlihat sangat serasi bila dipadupadankan dengan celana kulot yang memiliki ukuran panjang hingga di bawah lutut.
    • Perpaduan tank top dengan kulot juga akan membuat gaya street style anda terlihat semakin keren. Supaya tampilan yang didapat lebih seimbang cari tahu warna-warna busana yang tepat untuk warna kulit anda.
    • Busana penutup tubuh bagian atas berikutnya yang dapat dipadukan dengan celana kulot yaitu berupa crop top. Jika anda tidak terlalu suka tampil terbuka pilih celana kulot yang berpotongan pinggang tinggi (highwaist).
  6. Ketika mengenakan celana kulot tidak ada salahnya bila anda menambahkan outer kekinian sebagai pelengkapnya. Kuncinya pilihlah outer yang nyaman dan tidak membatasi aktivitas anda.
    • Jika anda ingin mengenakan outer berbahan tebal, maka pilihlah yang berlengan pendek.
    • Jika anda ingin memakai outer dengan lengan panjang maka pilihlah yang bahannya tipis.
  7. Pemakaian outer seperti coat, jaket kulit atau blazer yang dipadukan dengan celana kulot akan membuat anda terkesan semakin fashionable. Sebagai alternatif lain anda juga bisa memadukan celana kulot dengan knit wear.
  8. Bagi anda yang berhijab selalu perhatikan kesesuaian antara warna dan motif hijab dengan busana bagian atas serta model celana kulot yang anda pilih. Dari sekian banyak model celana yang ada, celana kulot panjang tetap menjadi celana yang paling sering dipakai wanita muslim.
  9. Hal terakhir yang harus anda perhatikan saat mengenakan celana kulot yaitu pilih alas kaki yang pas. Buat anda yang ingin tampil gaya dengan sepatu yang tepat anda bisa mencoba untuk memadu padankan kulot dengan sneakers, stilleto, chunky shoes, flat shoes, mules shoes atau kitten heels.
    • Sneakers atau sepatu kets termasuk ke dalam salah satu jenis sepatu dengan sol fleksibel yangbisa dipadukan dengan pakaian apapun termasuk kulot.
    • Stiletto menjadi salah satu sepatu berhak tinggi yang akan memberi ilusi lebih panjang pada bagian kaki ketika dipadukan dengan kulot.
    • Chunky shoes yang memiliki ukuran heels sesuai dengan lebar tumit sangat pas jika dikenakan bersama dengan kulot.
    • Sepatu beralas datar yang lebih dikenal dengan flat shoes bisa membuat anda tetap tempil keren saat liburan.
    • Model sepatu selanjutnya yang cocok dipadukan dengan kulot yaitu berupa mules shoes yang tertutup di bagian depan sementara bagian belakangnya terbuka.
    • Bagi anda yang ingin tampil formal dalam balutan kulot, kitten heels bisa dijadikan pasangan yang tepat untuk menyempurnakan penampilan.

Demikian pembahasan singkat mengenai sejarah singkat kulot, perkembangan model dan bahan kulot, serta tips memilih kulot sesuai dengan kebutuhan yang dapat kami bagikan untuk anda. Simak terus artikel dari kami ya...

Kalau anda ingin membuat celana kulot sendiri tapi masih kesulitan untuk menggambar polanya, anda bisa mendownload pola celana kulot yang dilengkapi dengan ritsleting Di Sini. Untuk pola celana kulot yang memakai elastis anda bisa mendownload polanya Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.