Article

Homepage Article Desain Fesyen Klasifikasi Ritsleting Berdasarkan…

Klasifikasi Ritsleting Berdasarkan Jenis dan Ukurannya

Zipper atau ritsleting dapat didefinisikan sebagai alat yang biasa digunakan untuk membuat bukaan salah satunya pada pakaian. Fungsi utamanya tidak lain adalah agar pakaian tersebut mudah dipasang atau dibuka.

Tergantung pada desain dan kegunaannya, alat penutup yang terdiri dari deretan gerigi berbahan logam atau plastik ini umumnya tersedia dalam berbagai model dan ukuran yang berbeda. Ukuran resleting dapat dibagi menjadi beberapa golongan yakni #3 ,#5, dan #8 baik untuk yang jenis close end maupun open end.

Close end  adalah jenis zipper yang bagian bawahnya terkunci oleh kawat (bottom stop) sedangkan open end adalah jenis zipper yang bagian bawahnya tidak terkunci sehingga antara tape sebelah kanan dan kiri bisa dipisah.

Maksud dari angka yang digunakan untuk menyatakan ukuran ritsleting tersebut yaitu:

#3 ukuran dari gigi resleting adalah 3 mm.
#5 ukuran dari gigi resleting adalah 5 mm.
#8 ukuran dari gigi resleting adalah 8 mm.

Semakin besar angka yang digunakan untuk menyatakan ukuran ritsleting maka semakin besar pula gigi ritsletingnya.

Ritsleting Biasa

Resleting model biasa merupakan jenis ritsleting yang biasa dipasangkan untuk bukaan tas, rok wanita, blouse, celana pria dan pakaian anak-anak. Ukuran zipper yang umum dipakai adalah #3, #5, #8 baik untuk yang jenis close end maupun open end.

Ritsleting biasa ini sebagian ada yang dibuat dalam bentuk pendek 17 cm dan 20 cm namun ada juga yang berbentuk panjang 35 cm, 45 dan 50 cm. Khusus untuk ritsleting biasa yang digunakan pada tas atau perlengkapan yang sejenis biasanya dijual dalam bentuk meteran.

Jenis zipper ini tersedia dalam beberapa merk, agar tahan lama dalam pemakaiannya sebaiknya resleting dipilih yang berkualitas bagus.

Ukuran Ritsleting

Sumber : http://www.mjtrends.com/

Ritsleting Jepang

Biasa disebut dengan invisible zipper, jenis ritsleting yang biasa diaplikasikan pada baju maupun rok ini ketika dipasang bagian giginya memang akan tersembunyi dan tidak kelihatan dari bagian baik bahan kain. Dari segi harga resleting jepang ini sedikit lebih mahal dibanding resleting biasa yang panjangnya sama.

Ukuran gigi zipper jenis ini hanya satu yaitu #3 dan hanya tersedia untuk close end saja, sementara untuk panjangnya sendiri ada bermacam macam, mulai dari 25 cm, 50 cm, dan 60 cm.

Ukuran Ritsleting

Sumber : http://www.mjtrends.com/

Ritsleting Jaket Atau Mantel

Dengan gigi yang lebih besar dari ritsleting biasa maupun ritsleting jepang, ritsleting jaket atau mantel ini dapat dijumpai dalam berbagai variasi bahan yang berbeda, ada yang terbuat dari logam ada juga yang dibuat dari plastik.

Ritsleting jaket atau mantel umumnya tersedia dalam panjang 30 cm, 35 cm, 40 cm, 45 cm, 50 cm, 55 cm, 60 cm, 65 cm, 70 cm, 75 cm, dan 100 cm. Kebanyakan sifatnya open end sehingga tape sebelah kanan dan kirinya bisa dipisah.

Ukuran Ritsleting

Sumber : https://www.etsy.com/

Ukuran Ritsleting

Sumber : https://www.alibaba.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.