Article

Homepage Article Kain Tekstil Perbedaan Pakaian Pemadam…

Perbedaan Pakaian Pemadam Kebakaran Tahan Panas dan Tahan Api

Mengenakan pakaian pelindung dan peralatan keselamatan kerja yang memadai menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengurangi resiko cidera dan masalah kesehatan yang mungkin dialami oleh seseorang yang ditugaskan di lingkungan yang berbahaya, contohnya saja petugas pemadam kebakaran.

Pakaian Pemadam Kebakaran

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

Mungkin banyak diantara anda yang belum tahu jika pakaian yang dikenakan oleh para petugas pemadam kebakaran sendiri sebenarnya ada banyak sekali jenisnya, beberapa ada yang dilengkapi dengan sifat tahan api saja namun ada juga yang dilengkapi dengan sifat tahan api. 

Pakaian Pemadam Kebakaran

Sumber : https://www.army.mil/

Hal utama yang membedakan kedua jenis pakaian tersebut diantaranya:

  • Baju tahan panas cenderung bersifat lentur karena terbuat dari bahan kain (cotton) sedangkan baju tahan api terbuat dari aluminium foil.
  • Baju tahan panas berfungsi untuk melindungi penggunanya dari panas suhu api atau kebakaran sedangkan baju tahan api berfungsi untuk melindungi penggunanya dari kobaran api yang menyala.
  • Pemakaian baju tahan panas tidak harus di lengkapi dengan helm pemadam, sepatu pemadam dan kaos tangan karena hanya dipakai pada kebakaran kecil sedangkan baju tahan api harus di pakai dengan perlengkapan standar pemadam kebakaran untuk menjinakkan api yang lebih besar.

Pakaian Pemadam Kebakaran

Sumber : https://styxmill.com/

Baju pemadam kebakaran tahan panas biasanya lebih banyak digunakan oleh para pekerja di bidang kontraktor, perminyakan, tambang batubara, konstruksi, pharmasi, dan laboratorium, fungsi utamanya adalah untuk melindungi para pekerja dari resiko kerja yang tinggi di bidang tersebut.

Pakaian Pemadam Kebakaran

Sumber : https://www.cuerialawfirm.com/

Kalau baju pemadam kebakaran tahan api yang harus digunakan lengkap dengan celana berbahan aluminium foil tebal, penutup kepala berlapis kaca bening, sepatu pemadam, senter, tabung oksigen dan sarung tangan umumnya lebih sering digunakan dalam pemadaman api yang lumayan besar.

Pakaian Pemadam Kebakaran

Sumber : https://www.dhgate.com/

Mau tahu jenis pilihan bahan apa saja yang biasa gunakan untuk membuat baju bagi para petugas pemadam kebakaran pada umumnya?. Simak kembali pembahasan mengenai 3 Jenis Kain Yang Dapat Digunakan Untuk Membuat Baju Pemadam Kebakaran.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.