Article

Homepage Article Jahit Menjahit Penyelesaian Tepi Busana:…

Penyelesaian Tepi Busana: Kampuh Kostum dan Kampuh Geser

Kelebihan jahitan atau tambahan jahitan untuk menghubungkan dua bagian dari busana yang dijahit biasanya dinamakan kampuh. Beberapa artikel sebelumnya telah dibahas tentang kampuh terbuka, kampuh pipih, kampuh sarung, kampuh balik, dan kampuh perancis. Kali ini kita akan bahas mengenai kampuh kostum dan kampuh geser.

Kampuh kostum adalah kampuh yang diselesaikan dengan mesin pada bagian buruk, kemudian tirasnya diselesaikan dengan tangan. Kegunaan kampuh kostum biasanya untuk menyelesaikan jahitan lengan, untuk menyelesaikan sambungan pinggang, dan lain sebagainya. Langkah kerja membuat kampuh kostum yaitu tambahan jahitan dijahit seperti kampuh terbuka terlebih dahulu lebarnya 2,5 cm. Kemudia kedua tepi kampuh sama-sama dilipat ke dalam 0,5 cm. Lalu diselesaikan dengan tusuk balut.

Kampuh Kostum

Kampuh Kostum

Sumber: http://books.google.co.id/binabusana

Kampuh Kostum

Kampuh Kostum

Sumber: http://www.itsalwaysautumn.com

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Kampuh geser yaitu kampuh yang digunakan untuk menyambung kain rok bagian bawah dengan bagian pinggang sebuah busana. Ketika anda menjahit sebuat busana dan harus menyamung bagian rok yang berkerut dengan bagian pinggang, caranya yaitu kain rok untuk pinggang dijahit kasar sampai sepanjang kain, lebarnya 1 cm dari pinggang. Kemudian dijahit sekali lagi 1 cm dari jahitan pertama. Kemudian tariklah kedua benang atasnya dari kanan atau kiri secara bersama-sama. Apabila kain mulai berkerut, geserlah kerutnya ke tengah, dorong perlahan-lahan sehingga seluruhnya jadi berkerut. Boleh dibantu dari sisi yang lain, dengan cara yang sama. Untuk tahap kedua ini jangan tarik benang yang bawah, karena akan mengakibatkan kerutan jadi macet.

Kampuh Geser

Kampuh Geser

Sumber: http://books.google.co.id/binabusana

Langkah selanjutnya menyambung rok di pinggang baju, caranya ukurlah kain rok yang sudah berkerut, sama lebar dengan panjang garis pinggang baju yang akan dikampuh. Tempelkan kain yang berkerut di garis pinggang baju. Lebar tambahan untuk menjahit pada garis pinggang adalah 3 cm. Menjahitnya tepat di tengah-tengah dua benang yang ditarik. Lipatlah tambahan 3 cm untuk menutup kerutan.

Kampuh Geser

Kampuh Geser

Sumber: http://books.google.co.id/binabusana

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

Penerapan Kampuh Geser pada Busana

Penerapan Kampuh Geser pada Busana

Sumber: http://rumahmadina.com

Penerapan Kampuh Geser pada Busana

Sumber: http://rumahmadina.com

Simak terus artikel dari kami ya Sahabat Fitinline, anda bisa mencoba belajar menjahit dan mempraktekkannya di rumah. Selamat menjahit dan semoga bermanfaat.

Tags: jahit bajujahit baju batikjahit baju onlinebuat bajukonveksi bajubutik baju batikbutik onlinebutik baju onlinebutik baju wanitakursus jahitpola busanapola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.