Article

Homepage Article Fashion Design Trend Manset Palsu (Detachable…

Trend Manset Palsu (Detachable Cuff) Pada Gaya Layering

Mencari alternatif fashion item yang bisa mengubah tampilan jadi makin modis meski hanya mengenakan sweater, cardigan dan pakaian kasual lainnya?. Khusus untuk anda yang lebih suka tampil simple dengan teknik layering, maka anda bisa menambahkan yang namanya manset palsu pada pakaian yang anda kenakan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Manset Palsu

Manset palsu (detachable cuff) termasuk ke dalam salah satu jenis fashion item yang dari segi desain lebih terlihat seperti manset baju yang umum terdapat di ujung lengan panjang kemeja. Bedanya manset palsu ini secara khusus dibuat terpisah dari bagian lengan dan dapat dilepas pasang dengan mudah sesuai kebutuhan pemakainya.

Manset Palsu

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Beberapa kelebihan yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memiliki setidaknya satu pasang manset palsu (detachable cuff) diantaranya:

  • Manset palsu sangat cocok digunakan untuk style (korean look) yang kekinian, untuk kuliah dan pekerja kantoran.
  • Manset palsu bisa dipakai untuk menyulap penampilan jadi lebih rapi, fashionable dan anti gerah.
  • Manset palsu cocok dipakai untuk berbagai musim, baik itu musim hujan maupun musim kemarau.
  • Manset palsu menjadi pilihan terbaik untuk bergaya dengan teknik layering.

Manset Palsu

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Untuk memudahkan seseorang ketika memasang, melepas dan menyesuaikan manset palsu (detachable cuff), item fashion ini umumnya dilengkapi pula dengan kancing ataupun karet elastis sehingga membuatnya tetap nyaman dan fleksibel untuk sebagian besar ukuran pergelangan tangan.

Jenis-Jenis Manset Palsu

Terinspirasi dari manset baju yang biasa digunakan pada ujung lengan kemeja dan baju blus wanita desain manset palsu  (detachable cuff) ini pada prinsipnya juga dapat dikreasikan dalam berbagai model manset yang sangat beragam. Beberapa jenis manset palsu (detachable cuff) yang banyak dijual dipasaran lain berupa:

1. Tailor Cuff

Tailor cuff merupakan model manset yang biasa terdapat pada ujung lengan kemeja. Desain tailor cuff yang diadaptasi pada manset palsu sendiri setidaknya dapat dibedakan dalam tiga kategori utama.

  • Barrel Cuff One Button

Barrel cuff two button merupakan desain manset yang dibuat tebal kemudian pada pinggirannya diberi satu kancing saja.

Manset Palsu

Sumber : https://www.etsy.com/

  • Barrel Cuff Two Button

Barrel cuff two button merupakan desain manset yang dibuat tebal kemudian pada pinggirannya diberi dua kancing yang disusun vertikal.

  • French Cuff / Double Cuff

French cuff / double cuff merupakan model manset yang memiliki lebar dua kali lipat ukuran normal.

  • French cuff sengaja dibuat  lebih besar karena gaya penggunaannya memang untuk dilipat.
  • Pada kedua ujung french cuff terdapat masing-masing satu buah lubang kancing tanpa kancingnya.
  • Untuk menghubungkan kedua sisi manset, french cuff membutuh memakai cufflinks atau kancing lepas pasang.

Manset Palsu

Sumber : https://www.etsy.com/

2. Ruffle Cuff

Ruffle cuff merupakan sejenis manset yang dibuat dengan cara dikerut sehingga menghasilkan visualisasi baru yakni menjadi lebih pendek, bergelombang dan bervolume. Model manset yang satu ini sangat cocok dipakai untuk memberi kesan feminim pada penampilan.

Manset Palsu

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Untuk mengetahui seperti apa cara pembuatan ruffle simak juga pembahasan mengenai Cara Memanipulasi Bahan Kain Dengan Teknik Ruffle.

3. Bell Shapped Cuff

Bell shapped cuff merupakan manset baju yang memiliki bentuk seperti lonceng. Cara membuatnya yaitu dengan kain yang dipotong setengah lingkaran atau dengan menggunakan pola manset yang dikembangkan.

Manset Palsu

Sumber : https://id.aliexpress.com/

4. Pleated Cuff

Bell shapped cuff merupakan manset baju yang memiliki banyak detail lipit-lipit teratur dalam ukuran kecil. Adapun jenis lipit yang terdapat pada pada manset ini kebanyakan berupa lipit pipih yang diciptakan dari satu garis lipatan dan satu garis peletakan.

Manset Palsu

Sumber : https://www.etsy.com/

5. Slit Cuff

Slit cuff merupakan manset baju yang memiliki dasar keliman lengan yang biasanya disebut dengan variasi belahan.

Manset Palsu

Sumber : https://www.etsy.com/

6. Circular Cuff

Circular cuff merupakan manset yang memiliki bentuk mengembang penuh. Jenis manset ini memiliki potongan lingkaran penuh.

Bahan Pembuatan Manset Palsu

Terkait dengan bahan atau material yang digunakan untuk membuatnya, manset palsu (detachable cuff) secara umum juga dapat dibuat dari berbagai jenis bahan yang berbeda. Baik itu bahan kain katun dan kain linen yang biasa digunakan untuk membuat blus dan kemeja ataupun bahan lain seperti halnya kain sifon, renda dan faux fur.

  • Kain Katun

Kain katun termasuk ke dalam jenis bahan kain yang terbuat dari serat kapas. Kain katun ini secara umum memiliki permukaan yang halus, lembut, mudah menyerap keringat dan juga mudah untuk dicuci.

Manset Palsu

Sumber : https://www.etsy.com/

  • Kain Linen

Kain linen merupakan sejenis kain yang memiliki permukaan yang halus, susunan serat benangnya sangat rapi dan terlihat elegan karena terbuat dari serat selulosa yang tumbuh di dalam batang tanaman flax (Linum usitatissimum).

  • Kain Sifon

Kain chiffon atau kain sifon merupakan kain yang terbuat dari sutra, katun, nilon, polyester atau rayon. Kain ini secara umum memiliki karakteristik ringan, cenderung tipis dan transparan tapi tampilannya tetap terlihat menarik.

  • Renda

Renda merupakan hiasan berbentuk kerawang yang dibuat dari benang dalam pattern jaring terbuka. Selain membari kesan anggun dan feminim, renda umumnya dapat difungsikan untuk menambah nilai estetik manset itu sendiri.

Manset Palsu

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Untuk mengetahui jenis-jenis renda dan pemandaatannya simak kembali pembahasan mengenai Jenis-Jenis Renda, Pemanfaatan Renda dan Cara Mudah Menjahitnya Yang Bisa Anda Coba.

  • Faux Fur

Faux fur merupakan bahan tiruan dari serat sintetis yang dirancang menyerupai bulu asli tanpa menyakiti binatang maupun merusak lingkungan sekitarnya.

Manset Palsu

Sumber : https://www.etsy.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai apa itu manset palsu, jenis-jenis manset palsu dan bahan yang dapat dipakai untuk membuatnya. Dengan adanya manset palsu ini anda tidak perlu khawatir kegerahan karena harus mengenakan baju yang berlapis-lapis biar terlihat modis.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana pria, busana wanita, maupun busana anak?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kain yang kami miliki. 

Kalau anda ingin membuat baju sendiri dengan pola yang sudah jadi anda juga bisa mendownload Pola Baju siap pakai dari kami.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.