Article

Homepage Article Jahit Menjahit Penggunaan Rib Rajut Pada…

Penggunaan Rib Rajut Pada Pakaian

Sebagian dari anda pasti pernah menemukan pakaian yang dilengkapi dengan “rib” pada salah satu bagiannya. Entah itu dalam bentuk sweater, sweatpants, maupun kemeja. Yang menjadi pertanyaan sudahkah anda tahu dari mana rib ini berasal dan mengapa bisa menjadi salah satu pelengkap pakaian? Simak penjelasannya yuk...

Rib Rajut

Sumber : http://knitfab.com/

Rib-knit atau rib dalam bahasa Indonesia lebih dikenal sebagai rib rajut. Dimana rib ini merupakan semacam kain rajut yang dibentuk oleh dua bagian jarum dari bak jarum (two needle bed) pada saat yang bersamaan. Semakin rapat jeratan yang terbentuk maka semakin elastis rib yang didapatkan.

Rib Rajut

Sumber : http://www.mrandmrsstitch.com/

Berdasarkan bentuk jeratannya rib yang banyak diaplikasikan pada pakaian dapat dikelompokkan menjadi beberapa macam, diantaranya berupa rib 1 x 1 dan rib 2 x 2.

Rib 1 x 1

Disebut demikian karena pada permukaan kain yang dihasilkan terdapat satu baris jeratan kanan dan satu baris jeratan kiri berselang-seling.

Rib 2 x 2

Bentuknya kurang lebih sama seperti halnya rib 1 x 1, hanya saja permukaan kain yang dihasilkan memiliki dua baris jeratan kanan dan kiri.

Rib Rajut

Sumber : http://www.clovertrims.com/

Kain rajut rib yang bersifat elastis sangat sesuai jika digunkan sebagai bahan pelengkap kaos dalam, pakaian hangat, dan beberapa bagian pakaian lainnya seperti bagian pergelangan tangan hingga leher.

Rib Rajut

Sumber : http://www.aliexpress.com/

Pada sweater rib rajut biasa diaplikasikan sebagai cuffs di pergelangan tangan dan bagian pinggang. Sedangkan pada t-shirt rib rajut biasa ditempatkan di bagian leher kaos. Bahkan baru-baru ini para produsen pakaian juga telah mengembangkan model kemeja yang menggunakan rib di bagian kerah atau cuffs. Kemeja ini biasa disebut juga dengan nama Ribbed Collar Shirt.

Rib Rajut

Sumber : http://www.opumo.com/

Selain difungsikan sebagai dekorasi pakaian rib juga berfungsi untuk memperbaiki bentuk pakaian agar tampak lebih fit dan memperkuat beberapa bagian khusus pakaian. Rib rajut sendiri pada dasarnya bisa dibuat dengan bantuan mesin rajut bundar maupun secara manual, bahan yang digunakan biasanya benang kapas.

Rib Rajut

Sumber : http://creativechicksatplay.blogspot.co.id/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.