Article

Homepage Article Cara Menjahit Membuat Kancing Bungkus…

Membuat Kancing Bungkus Secara Manual

Kancing bungkus termasuk kedalam salah satu jenis kancing dekoratif yang dapat digunakan untuk menutup belahan pakaian sekaligus membuat tampilan pakaian itu sendiri menjadi lebih bagus dan menarik. Tertarik untuk mempelajari bagaimana cara membuat kancing bungkus kreasi sendiri dengan peralatan yang cukup sederhana? Simak tutorialnya yuk...

Kancing Bungkus

Bahan-bahan yang harus disediakan untuk membuat kancing bungkus yaitu berupa refil kancing bungkus (kancing beserta tutupnya) dan satu lembar kain dengan motif tertentu sesuai kebutuhan. Sementara untuk alatnya sendiri sahabat Fitinline cukup menyediakan cetakan kancing beserta gunting untuk memotong bahan kain.

Kancing Bungkus

Cetakan kancing yang akan kita gunakan adalah alat sederhana berupa cetakan dan penekannya, yang bisa anda cari di toko perlengkapan jahit.

Kancing Bungkus

Adapun jenis kancing bungkus yang dapat dibuat dengan menggunakan cetakan kancing tersebut meliputi kancing flat back (jenis kancing bungkus yang bagian belakangnya rata) dan kancing wire back (jenis kancing bungkus yang dilengkapi besi kecil pada bagian belakangnya). 

Kancing Bungkus

Langkah-Langkah Membuat Kancing Bungkus

Potong bahan kain dalam bentuk bundar dengan ukuran tertentu sesuai besar kecilnya kancing yang ingin anda buat. Lebihkan sedikit agar kain bisa ditekuk kebagian dalam kancing. 

Untuk memudahkan anda dalam memotong bahan kain pembungkus kancing, sahabat Fitinline bisa membuat pola berbentuk lingkaran pada media kertas terlebih dahulu barulah kemudian menjiplaknya pada kain.  

Kancing Bungkus

Kancing Bungkus

Tempatkan cetakan bagian atas kancing (berwarna putih) pada media yang datar kemudian letakkan kain diatasnya dengan posisi bagian baiknya menghadap ke bawah. 

Kancing Bungkus

Tempatkan pula bagian utama kancing diatas bahan kain dengan posisi bagian dalamnya menghadap keatas. Tekan sedikit hingga seluruh bagian utama kacing masuk ke dalam cetakan kancing. 

Kancing Bungkus

Rapikan bagian tepi kain dengan cara melipatnya kebagian dalam kancing.

Kancing Bungkus

Pasangkan penutup kancing pada bagian belakang utama kancing, sehingga bagian kain yang bertiras tersembunyi diantara keduanya.

Kancing Bungkus

Tekan seluruh bagian kancing tersebut dengan menggunakan penekan kancing secara kuat agar bagian utama kancing dan penutupnya menyatu secara sempurna. 

Kancing Bungkus

Keluarkan kancing bungkus dari cetakan kancing.  

Kancing Bungkus

Kancing Bungkus

Kancing bungkus siap untuk digunakan.

Kancing Bungkus

Cukup mudah bukan? Lebih jelasnya sahabat Fitinline bisa menyimak video tutorial berikut ini.

Dengan membuat kancing bungkus sendiri sahabat Fitinline bisa memilih motif kain yang anda suka sebagai pembungkus kainnya. Selamat mencoba.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.