Article

Homepage Article Jahit Menjahit Pengertian Usaha Konveksi…

Pengertian Usaha Konveksi Pakaian

Usaha konveksi dapat didefinisikan sebagai industri kecil skala rumah tangga yang melayani pembuatan pakaian jadi secara masal dalam jumlah banyak. Model pakaian yang diproduksi biasanya berupa kaus, kemeja, celana, jaket, jas almamater, busana muslim, dan sebagainya yang dipesan berdasarkan ukuran standar yang sudah ditentukan.

Konveksi Pakaian

Sumber : http://www.akcakaya.biz/

Karena produk yang dihasilkan oleh industri konveksi termasuk kedalam salah satu kebutuhan dasar manusia, kepopuleran bisnis konveksi ini diprediksi akan terus meningkat. Didukung oleh permintaan pasar yang begitu besar peluang untuk memulai dan mengembangkan usaha konveksi juga dirasa sangat besar. 

Konveksi Pakaian

Sumber : http://www.conshing.com.cn/

Seperti halnya proses produksi pakaian yang dilakukan dalam industri garmen, untuk mengubah kain atau barang setengah pakai menjadi pakaian siap pakai terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui. Mulai dari proses pemotongan kain sesuai dengan pola baju yang dinginkan, proses menjahit, dan proses merapikan baju.

Konveksi Pakaian

Sumber : http://www.thanhniennews.com/

Dalam industri konveksi, proses ini biasa disebut dengan nama cut, make, and trim.

  • Cutting     : pembuatan pola atau patron, marker, cutting, dan numbering.
  • Making     : menjahit dari awal sampai menjadi bahan siap pakai.
  • Trimming    : washing/dyeing, buang benang, ironing/setrika, labeling, dan packing.

Konveksi Pakaian

Sumber : https://www.pinterest.com/

Proses produksi dilakukan dalam usaha konveksi secara keseluruhan dilakukan oleh tiap-tiap operator jahit, mulai dari menjahit kerah, lengan, dan seterusnya sampai menjadi satu pakaian utuh. Setelah menjadi satu pakaian utuh, mereka akan menjahit potongan kain berikutnya menjadi satu pakaian utuh lainnya. Tidak seperti proses produksi pakaian di pabrik garment yang  dilakukan berdasarkan jenis proses.

Konveksi Pakaian

Sumber : http://www.jseastex.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.