Article

Homepage Article Fashion Design Cara Membuat Lookbook Yang…

Cara Membuat Lookbook Yang Keren Untuk Promosi Produk Fashion

Butuh referensi cara yang efektif untuk menawarkan produk fashion ke calon pelanggan?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa menjadikan lookbook fashion sebagai sarana promosi sekaligus inspirasi gaya berbusana bagi para konsumen ketika mereka nanti akan mengenakan produk yang dibeli dari anda.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Lookbook Fashion

Lookbook fashion dapat didefinisikan sebagai publikasi yang memperlihatkan sejumlah style atau ide-ide kreatif terkait dengan gaya berbusana ataupun model pakaian terbaru yang tengah menjadi trend. Intinya lookbook ini lebih menekankan pada gagasan fashion dan produk yang ingin ditonjolkan oleh sebuah brand.

Lookbook Fashion

Sumber : https://www.uplabs.com/

Sebagai suatu sarana publikasi sebuah brand, bentuk dari lookbook sendiri kurang lebih mirip seperti sebuah katalog produk fashion, dimana di dalamnya berisi foto-foto model yang menggunakan produk utama, dalam berbagai gaya dan tampilan.

  • Dalam sebuah lookbook biasanya terdapat kumpulan foto-foto yang disusun untuk menampilkan model, gaya, fotografi, style, hingga clothing line.
  • Selain itu lookbook fashion juga menampilkan model dengan penampilan yang disesuaikan bulan atau musim.
  • Hasil rancangan desain yang ada pada lookbook umumnya telah dipadupadankan menjadi sebuah tampilan utuh (dari ujung kepala hingga ujung kaki).  
  • Untuk memberikan gambaran yang lebih detail kepada konsumen, tidak ketinggalan lookbook juga memuat informasi mengenai semua produk yang digunakan.

Lookbook Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

Manfaat Lookbook Fashion

Sesuai dengan fungsi utamanya yakni memberikan ide tentang bagaimana gaya berpakaian atau menunjukkan model pakaian terbaru, lookbook pada prinsipnya juga menawarkan banyak manfaat kepada pemilik brand dan juga konsumen.

Manfaat lookbook fashion bagi para pemilik bisnis fashion diantaranya:

  • Sebagai sarana untuk memasarkan sebuah produk dan meningkatkan penjualan.
  • Menceritakan kisah di balik sebuah koleksi busana dan meningkatkan nilai jual merek atau produk fashion.
  • Membangun brand awareness sehingga konsumen bisa lebih mudah untuk mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat warna, logo atau image lain yang menggambarkan identitas suatu brand.

Manfaat lookbook fashion bagi para konsumen diantaranya:

  • Melalui sebuah lookbook konsumen bisa melihat inspirasi gaya berpakaian dari suatu item fashion.
  • Dengan adanya lookbook fashion konsumen tidak akan kesulitan untuk mencari pasangan baju atau hiasan aksesoris.

Cara Membuat Lookbook Fashion

Berencana untuk membuat lookbook sendiri sebagai sarana promosi produk fashion tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Untuk mendapatkan gambaran yang kebih detail mengenai cara membuat lookbook simak pembahasan berikut yuk.

1. Mengidentifikasi Target Pasar

Dalam membuat lookbook fashion kenali keinginan konsumen yang menjadi target pasar utama dari brand fashion anda. Beberapa hal penting yang perlu dianalisa antara lain berupa:

  • Untuk siapa anda menawarkan produk fashion.
  • Bagaimana cara mereka biasa berpakaian.
  • Foto seperti apa yang biasanya mereka sukai.
  • Dari situ anda bisa membayangkan desain visual dan susunan lookbook yang paling sesuai untuk mempromosikan produk-produk fashion yang anda miliki.

2. Memilih Model Pemotretan

Setelah semua pertanyaan terjawab selanjutnya anda bisa memilih foto model yang terlihat familiar tapi tetap menarik bagi konsumen untuk memperagakan koleksi busana yang anda miliki.

Lookbook Fashion

Sumber : http://model.world/

3. Memilih Lokasi Pemotretan

Pilih lokasi pemotretan yang tepat dan sesuai dengan tema foto, misal di pantai, taman, cafe atau sekedar di lingkungan rumah. Yang penting usahakan untuk memilih lokasi foto yang berlatar belakang bersih dan netral karena background yang dibutuhkan untuk lookbook biasanya cukup sederhana.

Lookbook Fashion

Sumber : https://www.tutti.space/

Untuk mendapatkan foto yang bagus pikirkan juga berbagai tempat favorit yang sering dikunjungi konsumen. Kalau anda ingin mengambil foto di lingkungan outdoor sebisa mungkin hindari mengambil foto saat matahari sedang sangat terik untuk mencegah munculnya bayangan di wajah model.

4. Melakukan Pemotretan

Untuk memberikan gambaran yang jelas kepada konsumen mengenai produk fashion yang anda tawarkan, penting bagi anda untuk memiliki foto bagus dan dapat menonjolkan detail yang menjadi ciri khas suatu produk.

  • Saat melakukan pemotretan pastikan pose model terlihat alami.
  • Lakukan penggambilan gambar dari berbagai sisi busana dengan detail tertentu.
  • Untuk mendapatkan hasil foto yang unik anda bisa juga mengkombinasikan permainan lampu flash. 

Lookbook Fashion

Sumber : https://hensel.eu/

5. Gabungkan Foto dan Elemen Desain

Setelah mendapatkan stok foto yang cukup, anda bisa menyusun dan menggabungkannya dengan berbagai elemen lain. Elemen desain yang dimaksud yakni berupa nama atau kode produk, harga, jenis kain, pilihan warna produk, keunggulan produk, serta informasi lain yang perlu dituliskan.

Lookbook Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

Lookbook Fashion

Sumber : https://www.pinterest.co.uk/

Untuk mempercantik tampilan lookbook perhatikan pula tulisan yang dipakai untuk menuliskan keterangan produk dan warna latar yang anda gunakan.

  • Pilih jenis huruf yang sesuai dengan desain lookbook secara keseluruhan kemudian susun dan atur tata letaknya agar terlihat menarik untuk keperluan pencetakan.
  • Pemilihan warna pada latar lookbook hendaknya juga disesuaikan dengan warna baju yang dipromosikan.

Karena tujuan dari lookbook sendiri adalah sebagai referensi sumber gaya dan penggunaan dari sebuah produk, maka visual memegang peranan yang sangat penting untuk menyampaikan pesan kepada para calon konsumen.

  • Dalam proses pembuatan lookbook lakukan editing foto sederhana dengan mengoreksi warna, mood coloring dan retouching.
  • Atur tata letak foto dan elemen desain supaya lebih enak dilihat untuk memastikan agar produk yang dipromosikan bisa ditampilkan dengan sebaik mungkin.

6. Publikasikan Lookbook

Tergantung pada kebutuhan dan anggaran yang anda miliki, publikasikan lookbook fashion yang anda buat di website, media sosial ataupun di cetak supaya bisa dilihat lebih banyak ornag.

  • Lookbook yang dipublikasikan di website dan media sosial bisa menjangkau konsumen yang lebih luas.  
  • Lookbook yang dicetak akan sangat berguna kalau brand fashion anda sering mengikuti event offline atau punya toko offline.

Lookbook Fashion

Sumber : https://id.pinterest.com/

Contoh Lookbook Fashion

Untuk memudahkan anda dalam menentukan tata letak foto dan elemen pendukung pada lookbook, berikut kami bagikan pula berapa contoh desain lookbook fashion yang bisa anda pilih.

  • Contoh lookbook yang pertama yakni banyak menggunakan kombinasi gambar dan opsi warna untuk pilihan produk fashion yang tersedia.

Lookbook Fashion

Sumber : https://design.tutsplus.com/

  • Contoh lookbook yang kedua yakni memuat gambaran produk secara menyeluruh dari kepala hingga kaki, kemudian dilengkapi dengan elemen pendukung berupa keterangan produk.

Lookbook Fashion

Sumber : http://www.temp-ly.com/

  • Contoh lookbook ketiga yakni memberikan gambaran yang menyeluruh mengenai tampilan produk dari berbagai sisi.

Lookbook Fashion

Sumber : https://design.tutsplus.com/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah manfaat dan cara membuat lookbook fashion yang bisa anda coba. Intinya untuk memberikan gambaran yang lebih jelas saat produk dipakai dan meyakinkan konsumen agar  membeli produk anda, perancangan media promosi lookbook harus dibuat semenarik mungkin.

Mau belajar mendesain dan membuat baju sendiri tapi masih bingung harus memulainya dari mana?. Sebagai referensi anda bisa mendownload E-Book dan Video Tutorial yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.