Article

Homepage Article Jahit Menjahit Pembuatan Bordir Manual…

Pembuatan Bordir Manual Dalam Usaha Konveksi

Bordir manual pada dasarnya dapat diklasifikasikan ke dalam jenis teknik menghias kain yang memiliki nilai artistik cukup tinggi mengingat proses pembuatannya secara keseluruhan dikerjakan dengan mesin bordir manual (seperti mesin jahit) yang dikendalikan oleh manusia. 

Bordir Manual

Sumber : http://ilmumesinjahit.com/

Untuk membuat hiasan pada kain dengan teknik bordir manual persiapannya juga terbilang sangat sederhana dan singkat. Sahabat Fitinline hanya perlu membuat gambar pada selembar kertas kalkir atau kertas tembus pandang kemudian gunakan kertas tersebut sebagai pedoman dalam membuat hiasan bordir pada bahan kain

Bordir Manual

Sumber : https://www.pinterest.com/

Dalam jumlah sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat bordir manual biasanya juga relatif lebih murah dari pada bordir komputer karena tidak dikenakan biaya punching / “film”. Tetapi dalam jumlah banyak bordir manual ini harganya akan menjadi lebih mahal karena proses pembuatannya juga pasti lebih lama.

Bordir Manual

Sumber : https://www.pinterest.com/

Sebanding dengan harga yang ditawarkan, hiasan bordir yang dibuat secara manual umumnya memiliki tampilan yang cenderung lebih rapih, halus, dan kuat jika dibandingkan dengan bordir komputer. Hanya saja untuk membuat gambar bordir yang cenderung rumit bordir manual ini kurang bisa diandalkan. 

Bordir Manual

Sumber : https://www.flickr.com/

Untuk desain-desain tertentu yang membutuhkan banyak detail hasilnya terkadang tidak konsisten satu sama lain dan sulit untuk disamakan. Sebab sekalipun dibuat oleh satu orang yang sama hasilnya bisa saja berbeda. 

Bordir Manual

Sumber : http://abckidsinc.com/

Karena bordir manual sangat bergantung pada keahlian sumber daya manusia yang membuatnya, dalam usaha konveksi biasanya pengerjaan bordir manual ini biasanya lebih banyak difokuskan untuk membuat beberapa macam produk pakaian saja, sebagai contoh:

  • Jaket apabila ada nama atau inisial berbeda.
  • Kaos bola untuk nama dan nomor yang di bordir list atau disebut juga aplikasi.
  • Topi untuk jumlah order yang sedikit.

Bordir Manual

Sumber : http://www.vividcustoms.net/

Tidak hanya terbatas pada jaket, kaos, maupun topi saja namun bordir manual ini pada perkembangannya juga mulai banyak diaplikasikan pada tote bag, pouch, dan masih banyak lagi. Bagi anda para pecinta produk limited edition anda juga bisa menjadikan bordir manual sebagai koleksi anda. 

Bordir Manual

Sumber : https://www.artfire.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.