Article

Homepage Article Kain Pemanfaatan Kain Flanel…

Pemanfaatan Kain Flanel Untuk Furing Jaket Harrington

Biasa memakai kemeja, celana ataupun rok yang dibuat dari kain flanel motif kotak-kotak?. Selain dipakai untuk membuat sejumlah item fashion terserbut, kain flanel motif kotak-kotak ternyata bisa juga lho dipakai unuk furing jaket. Salah satunya yakni berupa jaket harrington yang nyaman digunakan sehari-hari.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Kain Flanel

Kain flanel kotak-kotak merupakan sejenis kain tekstil bertekstur lembut dan halus yang dibuat melalui serangkaian proses pemanasan dan penguapan. Untuk aplikasinyya dalam kehidupan sehari-hari, kain flanel sendiri pada prinsipnya dapat dimanfaatkan untuk banyak keperluan termasuk untuk furing jaket.

Dari sekian banyak jenis jaket yang ada terdapat satu jenis jaket yang sejak dulu banyak memanfaatkan kain flanel untuk furingnya. Jaket yang dimaksud yakni berupa jaket harrington yang nyaman digunakan untuk pelengkap gaya penampilan sehari-hari.

  • Jaket harrington umumnya didesain dalam ukuran yang tidak terlalu panjang, biasanya hingga sebatas pinggang.
  • Jaket harrington memiliki ciri yang sangat khas yakni cenderung polos di bagian luar sementara furingnya memakai kain flanel yang cukup mencolok.
  • Jaket harrington kebanyakan dilengkapi dengan bur pada bagian lengan dan ujung jaket sehingga saat dikenakan tampak memiliki ukuran yang ketat dibagian pinggang.
  • Terdapat pula saku di bagian bawah dengan kancing di kedua sisi penutupnya jadi sangat aman digunakan untuk menyimpan benda-benda kecil.
  • Jaket harrington sangat cocok dipakai dalam berbagai kesempatan casual maupun semi-formal tergantung kreatifitas dan kebutuhan pemakainya.

Kain Flanel

Sumber : https://shopee.co.id/

Kain Flanel Untuk Furing

Untuk menciptakan tampilan yang unik dan menarik bukan tanpa alasan mengapa kain flanel kotak-kotak tersebut akhirnya dipilih sebagai furing jaket. Beberapa alasan yang juga menjadi dasar mengapa kain kain flanel sangat cocok dijadikan sebagai furing jaket harrington yaitu:

1. Memiliki Tampilan Yang Eksklusif

Dari segi tampilan fisiknya kain flanel motif kotak-kotak jelas memiliki tampilan yang unik dan eksklusif dibandingkan furing jaket lainnya.

Kain Flanel

Sumber : https://id.aliexpress.com/

2. Mudah Dijahit dan Tidak Kaku

Kain flanel cenderung mudah untuk dijahit karena bahannya tidak kaku. Saat dipakai untuk furing jaket pun kain flanel ini akan menambah rasa nyaman pada tubuh pemakainya.

3. Bahannya Sedikit Lebih Tebal

Kain flanel memiliki karakteristik sedikit lebih tebal sehingga dapat menambah rasa hangat pada jaket yang dihasilkan.

Kain Flanel

Sumber : https://fitinline.com/

4. Bobotnya Cenderung Ringan

Meski termasuk ke dalam jenis kain yang sedikit tebal, kain flanel motif kotak-kotak biasanya memiliki bobot yang cenderung ringan jadi cocok untuk digunakan sebagai kebutuhan sandang sehari-hari.

5. Bahannya Lembut Dikulit

Kain flanel memiliki tekstur yang lebih lembut, jadi sangat ideal untuk melindungi kulit agar tidak bersentuhan langsung dengan kain jaket. Dengan begitu kemungkinan terjadinya iritasi saat kulit berkeringat dapat diminimalisir semaksimal mungkin.

Kain Flanel

Sumber : https://fitinline.com/

Untuk aplikasinya pada jaket harrington, kain flanel sendiri pada prinsipnya dapat dikombinasikan dengan berbagai jenis material lain untuk lapisan luarnya. Bahan kain yang dimaksud antara lain berupa:

  • Kain Canvas yang tebal, kuat dan memiliki serat benang yang terlihat sangat jelas pada permukaan kainnya.
  • Kain Drill yang dipintal dengan tekstur miring atau diagonal dan memiliki jalinan benang yang kuat.
  • Kain Taslan yang terkesan eksklusif karena memiliki kerapatan serat bahan yang tinggi.
  • Kain Mayer yang memiliki karakteristik relatif tipis, tidak kaku, lembut, lemas dan mengkilap.
  • Kain Parasut yang terbilang awet dan ringan, namun cukup efektif  untuk melindungi tubuh dari hawa dingin.
  • Kain Micro dari benang poliester yang permukaannya dihaluskan sehingga lebih lembut dan nyaman dipakai.

6. Mudah Menyerap Keringat

Kain flanel efektif untuk menyerap keringat yang keluar dari kulit sehingga tidak langsung mengenai bahan utama jaket. Kain flanel ini dikenal mudah menyerap keringat karena memiliki banyak kandungan serat katun di dalamnya.

7. Cocok Dipakai Disegala Cuaca

Alasan berikutnya mengapa kain flanel dipilih sebagai furing jaket harrington yaitu karena bahan tersebut dapat menyesuaikan suhu tubuh.

  • Ketika berada di suhu yang dingin bahan flanel akan membuat tubuh menjadi lebih hangat.
  • Sebaliknya ketika berada di suhu yang cenderung panas bahan flanel akan membuat tubuh menjadi sejuk.

8. Warna dan Motifnya Bervariasi

Kain flanel memiliki warna dan motif yang beragam jadi dapat dipilih sesuai kebutuhan pemakainya. Selain hadir dengan warna serta motif yang minimalis, terdapat pula kain flanel yang dibuat lebih kaya akan warna dengan banyak kombinasi garis di dalamnya.

Kain Flanel

Sumber : https://fitinline.com/

9. Warnanya Tidak Mudah Luntur

Kain flanel cenderung tidak mudah luntur dan kualitasnya akan tetap terjaga seperti saat anda membelinya. Jadi jangan takut jaket anda akan berubah warna karena terkena lunturan kain flanel ketika dicuci.

10. Harganya Cukup Terjangkau

Dengan kualitas bahannya yang bagus dan menawarkan beragam keunggulan lainnya, kain flanel bisa anda dapatkan dengan harga yang cukup terjangkau.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai pemanfaatan kain flanel sebagai furing jaket yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan memanfaatkan kain flanel sebagai furing jaket, pastinya jaket yang dihasilkan akan jadi lebih nyaman dipakai untuk melakukan banyak aktifitas.

Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan bahwa selain dipakai untuk membuat kemeja, celana dan juga rok kain flanel ternyata bisa juga dipakai untuk furing jaket.

Kalau anda butuh bahan kain flanel berkualitas dengan harga murah untuk furing jaket dan membuat berbagai model pakaian lainnya tapi masih bingung dimana harus membelinya, maka anda bisa melihat-lihat dulu koleksi kain flanel yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.