Article

Homepage Article Fashion Design 5 Tips Memilih Sport Bra…

5 Tips Memilih Sport Bra Yang Tepat Untuk Aktifitas Olahraga

Gemar melakukan aktifitas olahraga untuk menjaga kebugaran tubuh?. Selain mengenakan kaos dan celana yang didesain khusus untuk olahgara penting bagi anda untuk memilih bra yang tepat agar anda bisa tetap beraktifitas dengan nyaman.

Beberapa point penting yang akan dibahasa dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Sport Bra

Sport bra merupakan tipe bra wanita yang dirancang khusus untuk aktifitas olahraga. Tujuan utamanya yaitu untuk memberikan dukungan dan stabilitas serta membantu menjaga bentuk payudara  wanita saat berolahraga karena gerakan yang intens selama olahraga dapat menyebabkan gerakan pada ligamen otot di payudara.

Sport Bra

Sumber : https://www.amazon.com/

Beberapa manfaat yang juga menjadi alasan mengapa anda harus menggunakan sport bra saar berolahraga diantaranya:

  • Sport bra akan membuat tubuh lebih nyaman saat berolahraga.
  • Sport bra berfungsi untuk menjaga payudara agar tidak kendur dan kehilangan bentuknya.
  • Membantu mengurangi nyeri pada payudara karena gerakan yang intens selama olahraga.
  • Memastikan agar payudara tidak bergoyang dan tetap pada posisinya selama melakukan olahraga.
  • Mengatur sirkulasi darah, meningkatkan aliran udara ke kulit dan menyerap kelebihan keringat yang dikeluarkan dari kulit.
  • Meningkatkan mobilitas, memulihkan postur tubuh, meredakan ketegangan leher, serta mengurangi nyeri punggung dan bahu.

Tips Memilih Sport Bra

Berbicara mengenai sport bra lantas seperti apa ya kira-kira bra yang baik untuk menunjang aktifitas olahraga?. Untuk memudahkan anda dalam memilih sport bra, berikut kami bagikan apa saja hal penting yang harus anda perhatikan dalam memilih sport bra untuk wanita.

1. Periksa Desain Cup Bra

Pertama pilih desain cup sport bra yang sesuai dengan bentuk payudara. Untuk pilihan modelnya cup penyangga payudara pada sports bra sendiri secara umum dapat dibedakan dalam dua tipe yaitu compression dan encapsulation.

  • Compression

Sport bra tipe compression merupakan tipe bra yang memiliki pad tipis dan bisa dilepas pasang. Sport bra ini sangat cocok dipakai untuk pemilik payudara kecil dan olahraga ringan.

  • Encapsulation

Sport bra tipe encapsulation merupakan tipe bra yang didesain untuk menopang payudara besar dengan optima ketika melakukan olahraga dengan banyak gerakan yang enerjik seperti menari, aerobik dan freeletic.

Sport Bra

Sumber : https://www.wanabe.io/

2. Memiliki Underbrand Yang Lebar

Utamakan untuk memilih sport bra yang dilengkapi dengan underbrand lebar. Underbrand sendiri merupakan strap yang melingkar dari bagian samping cup hingga ke belakang.

  • Sport bra yang baik minimal harus memiliki lebar underband sekitar dua inchi (10 cm).
  • Sport bra dengan underbrand yang lebar akan lebih kuat menopang payudara saat anda bergerak aktif.

Untuk mengukur bagian lingkar dada, pertama siapkan metlin (pita ukur) kemudian lingkarkan metlin mengelilingi area dada yang berada di bawah payudara. Pastikan metlin (pita ukur) pas di badan anda agar tidak terlalu longgar atau terlalu kencang.

Sport Bra

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Dilengkapi Cup Yang Sempurna

Berikutnya pilih sport bra yang dilengkapi dengan cup yang sempurna dan dapat menopang payudara tanpa ada bagian yang longgar, materialnya tidak mudah berkerut dan terdiri dari dua cup terpisah untuk mencegah kulit payudara menjadi iritasi.

  • Sport bra dengan cup yang kebesaran tidak dapat menopang payudara dengan sempurna sehingga dapat menyebabkan rasa sakit akibat guncangan saat berolahraga.
  • Sementara cup yang kekecilan dapat menyebabkan rasa sesak dan lebih parahnya lagi bisa membuat kulit payudara menjadi iritasi.

Untuk mendapatkan cup yang pas anda bisa mencoba bra kemudian menggunakannya untuk melakukan gerakan melompat atau menggerakan pinggang ke arah kiri dan kanan.

  • Bila guncangan payudara cukup kencang berarti sport bra anda pilih memiliki ukuran yang cenderung kebesaran.
  • Namun jika sport bra yang anda coba terasa menyakitkan dan membuat anda sulit bernapas itu berarti sport bra tersebut terlalu kecil.

4. Pilih Moel Bra Yang Tepat

Sesuaikan model sport bra yang anda pilih dengan aktifitas olahraga yang hendak anda lakukan.

  • Light Support Bra

Untuk yoga dan pilates kenakan light support bra yang memiliki karakteristik tali cenderung tipis kemudian bagian cup-nya juga bisa dilepas.

Sport Bra

Sumber : https://www.sportsdirect.com/

  • Medium Support Bra

Untuk cycling dan hiking kenakan medium support bra yang memiliki strap model racerback dan dapat menopang dada dengan kuat dibandingkan light support bra.

Sport Bra

Sumber : https://www.walmart.com/

  • High Support Bra

Untuk olahraga berat seperti cardio, running, aerobik, zumba dance dan HIIT kenakan high support bra yang dilengkapi underwire dan molded cups sehingga payudara tetap stay saat melakukan gerakan intens.

Sport Bra

Sumber : https://www.stayinplace.com/

Dalam memilih sport bra perhatikan pula kesesuaian tali bra dengan bentuk badan, jangan sampai terlalu menekan bagian pundak atau punggung supaya tidak menimbulkan tonjolan lemak yang berlebihan di bagian belakang tubuh.

5. Bahannya Nyaman di Kulit

Untuk mencegah kulit payudara menjadi iritasi pilih sport bra dengan bahan yang nyaman, tidak mudah longgar setelah beberapa kali pemakaian dan memiliki kemampuan menyerap keringat yang baik.

Selain itu pastikan anda juga memilih bra yang elastis dan tidak mudah longgar agar bra yang anda miliki tetap awet  dan mampu mengakomodir segala gerakan olahraga yang hendak dilakukan.

Untuk pilihan bahannya beberapa jenis kain yang banyak digunakan sebagai bahan sport bra antara lain berupa bahan sintetis seperti nylon, spandek dan polyester. Bahan tersebut sangat cocok dipilih untuk sport bra karena cenderung lebih awet digunakan dan juga lebih cepat kering.

Dalam memilih sport bra sebaiknya hindari sports bra dengan bahan katun. Sebab sekalipun  memang nyaman digunakan, tetapi bahan katun ini kurang cocok digunakan untuk sports bra karena karakteristik bahannya lebih basah dan lembap.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah tips sederhana yang bisa anda coba untuk memilih sport bra yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan. Setelah menyimak pembahasan di atas sekarang sahabat Fitinline jadi makin tahukan apa saja hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih sport bra.

Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan bagi anda untuk memilih sport bra yang tepat untuk menemani aktifitas olahraga yang anda lakukan.

Butuh bahan spandek berkualitas dengan harga murah untuk membuat sport bra atau bahan kaos lainnya untuk membuat jersey olahraga?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kaos yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.