Article

Homepage Article Cara Menjahit Menjahit Blus Sederhana…

Menjahit Blus Sederhana (Bagian 3)

Kita lanjut dengan mulai menjahit ya .. Tentu kamu butuh mesin jahit, nggak perlu yang mahal-mahal, pilih yang sesuai kebutuhan saja. Sebelum mulai menjahit, supaya jahitan pas di garis jahit, kamu perlu me-rader untuk meng-copy (menyalin) garis potong ke kain. So, siapin alat rader, benang dan gunting/pemotong benang ..

8. Mulailah merader kupnat (dart) pada badan terlebih dahulu untuk kemudian diteruskan dengan garis jahit (stitching line) yang lain. Seam allowance (kampuh) untuk blouse ini adalah 1,5 cm dan garis kelim (hem) lebarnya 3 cm. Garis kelim (hem) adalah garis pada keliman (lipatan) seperti pada bagian bawah blouse/skirt (rok).

me-rader kupnat

Pertemukan dua garis jahit kupnat (dart) sebelum menjahit dengan menyematkan jarum pentul atau lebih baik lagi dipertemukan dengan jahitan maju (running stitch) untuk kain yang licin.

Mempertemukan garis kupnat

9. Menjahit kupnat (dart), untuk menguatkan dijahit maju mundur (reinforce stitch) di awal, kemudian dijahit biasa hingga berakhir di ujung dart yang sekali lagi harus dijahit maju-mundur.

Jahit kupnat

Ingin belajar menjahit? Klik Disini untuk melihat video tutorial menjahit.

Setiap mesin jahit dilengkapi dengan panel untuk menjahit maju mundur (reinforce stitch). Pada mesin jahit sederhana dilakukan dengan menaikturunkan tuas jahit maju mundur.

Jahit Maju

Jahit mundur

10. Dengan menggunakan alat bantu seterika yang disebut dengan Tailor’s ham, yang berguna untuk menyeterika kurva, dart langsung diseterika supaya jahitannya mati.

Tailor's ham

Dart dilipat ke bawah kemudian diseterika. 

Menyetrika dart

Ingin belajar membuat pola baju? Klik Disini untuk men-download polanya.

11. Sebelum mulai menyatukan bagian depan dan belakang, jelujur terlebih dahulu dengan jarum pentul, bagian badan depan dengan bagian badan belakang, pada bagian samping dan bahu, permukaan baik bertemu dengan yang baik.

Jelujur bagian depan dan belakang

Sambung bagian depan dan belakang dengan menjahit pada garis jahit.

Sambung bagian depan dan belakang

Sambung bagian bahu depan dan belakang.

Sambung bagian bahu

Nah selesai bagian badan, besok kita lanjut dengan menjahit bagian facing (lapisan luar). lengan dan kerah.

Pantengin terus ya ..

Tags: jahit baju, jahit baju batik, jahit baju online, buat baju, konveksi baju, butik baju batik, butik online, butik baju online, butik baju wanita, kursus jahit, pola busana, pola pakaian

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.