Article

Homepage Article Jahit Menjahit Mengetahui Fungsi Dinamo…

Mengetahui Fungsi Dinamo Pada Mesin Jahit Manual

Punya ketertarikan terhadap dunia jahit menjahit?. Kalau anda ingin memiliki mesin jahit sendiri di rumah rasanya anda tidak perlu membeli mesin jahit high speed kelas industri, tapi cukup membeli mesin jahit portable atau mesin jahit manual yang sudah dilengkapi dengan tambahan dinamo listrik dan juga pedal.

Dinamo Mesin Jahit

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Mengapa harus memilih mesin jahit manual yang sudah dimodifikasi dengan tambahan dinamo?. Salah satu alasannya adalah jika anda memilih mesin jahit manual yang tidak dilengkapi dengan dinamo dan pedal, maka anda harus mengandalkan tenaga anda sendiri untuk menjalankan mesin jahit tersebut.

Dinamo Mesin Jahit

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Beda dengan mesin jahit manual yang sudah diberi tambahan dinamo, setelah anda menghubungkan kabel pada sumber aliran listrik anda hanya perlu menginjak pedal yang ada pada mesin. Selanjutnya mesin akan bergerak otomatis dan membuat setikan pada bahan kain.

Dinamo Mesin Jahit

Sumber : http://www.lazada.co.id/

Sebagai salah satu alat pendamping yang cukup familiar di kalangan para penjahit, dinamo sendiri sebenarnya memiliki fungsi yang sangat penting yaitu sebagai pengatur kecepatan putaran dari motor penggerak mesin jahit. Prinsip kerjanya yaitu memindahkan sebagian daya yang seharusnya diberikan ke motor pada sebuah resistor beban berbahan carbon.

Dinamo Mesin Jahit

Sumber : https://www.pinterest.com/

Resistor beban pada dinamo mesin jahit yang terbuat dari keping-keping carbon (arang dinamo) ini selanjutnya berfungsi sebagai hambatan (resistor) yang bersifat variable karena effect tekanan gaya yang diberikan padanya melalui mekanisme pegas yang terhubung pada pedal switch atau saklar injak. 

Dinamo Mesin Jahit

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Pada beberapa kasus, arang dinamo mesin jahit ini mungkin perlu diganti dengan arang yang baru jika suara mesin mulai berubah menjadi sedikit aneh dan dibarengi dengan perubahan jalannya mesin yang semakin pelan. Kalau sampai habis maka dinamo mesin jahit akan berhenti sama sekali.

Dinamo Mesin Jahit

Sumber : https://fjb.kaskus.co.id/

Khusus untuk anda yang menggunakan mesin jahit berdinamo berikut kami informasikan tiga hal paling penting yang harus anda perhatikan agar dinamo mesin jahit anda tetap awet dan berumur panjang.

  • Selalu pastikan semua sambungan kabel dari stacker sampai switch dan juga motor tersambung dengan baik.
  • Periksa flapper sebelum digunakan. Jika anda menemukan adanya korosi, bersihkan flapper dengan pembersih kontak dan amplas agar aliran listrik ke motor semakin lancar.
  • Periksa kondisi keping karbon dinamo untuk menghindari kemungkinan terburuk (terbakar) jika daya yang terdispansi terlalu besar. Keping karbon umumnya akan pecah atau retak bila mendapat tekanan sehingga mengurangi fungsinya sebagai penghilang daya.

Dinamo Mesin Jahit

Sumber : http://jahitjilbabmusendiri.com/

Semoga bermanfaat.

Mencari mesin jahit berkualitas dengan harga murah?. Sahabt Fitinline bisa melihat koleksi mesin jahit kami Di Sini.

Mesin Jahit

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.