Article

Homepage Article Tenun/Lurik 4 Cara Praktis Merawat Pakaian…

4 Cara Praktis Merawat Pakaian Berbahan Kain Tenun

Entah disadari atau tidak dengan banyaknya brand pakaian lokal yang menggabungkan kain tenun dengan tren dan desain fashion modern, kini semakin banyak juga anak muda yang mulai tertarik untuk mengenakan kain tenun tanpa khawatir akan terlihat tua ataupun kuno.

Merawat Pakaian Tenun

Sumber : http://tokotenun.co.id/

Jika anda punya banyak koleksi pakaian yang dibuat dari bahan kain tenun asli dan bukan hanya kain yang disablon dengan motif tenun, pastikan anda memberikan perawatan yang cukup ekstra agar kain tenun yang anda miliki lebih tahan lama dan dapat digunakan sebagaimana mestinya. 

Merawat Pakaian Tenun

Sumber : https://www.qoo10.co.id/

Sedikit berbeda dengan bahan pakaian pada umumnya, setidaknya terdapat beberapa hal penting yang harus diterapkan agar koleksi pakaian tenun tetap awet sehingga dapat diwariskan ke generasi mendatang. Coba yuk empat cara praktis dalam merawat pakaian tenun berikut ini.

Merawat Pakaian Tenun

Sumber : https://qlapa.com/

Teknik Dry Cleaning

Sebelum melakukan perawatan kenali dulu kadar pewarna yang terdapat pada pakaian tenun anda. Untuk mengeceknya anda bisa mencelupkan pakaian ke dalam air selama dua hingga tiga menit.

  • Jika anda melihat adanya perubahan warna pada air maka sebaiknya anda mencuci pakaian tersebut dengan teknik dry cleaning supaya warna tenun tidak memudar.
  • Jika air yang anda gunakan untuk mencelupkan pakaian tetap bening itu berarti anda masih diperbolehkan untuk mencuci pakaian tenun anda dengan cara mencuci biasa. 

Merawat Pakaian Tenun

Sumber : https://www.pinterest.com/

Hindari Penggunaan Deterjen

Untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan sebisa mungkin hindari penggunaan detergen yang mengandung bahan kimia berbahaya saat mencuci pakaian tenun. Hal ini dimaksudkan agar warna asli kain tenun tidak rusak. Lebih baik gunakan shampo, sabun bayi, atau deterjen berbahan khusus yang memang diciptakan untuk mencuci kain tenun.

Merawat Pakaian Tenun

Sumber : http://www.imgrum.org/

Cuci Dengan Lembut

Jangan sekali-sekali menggunakan sikat untuk membersihkan pakaian tenun jika anda tidak ingin membuat benang tenunnya menjadi kusut dan berantakan. Yang anda perlukan hanya mengucek dan membilas pakaian tenun hingga bersih kemudian dengan cara digantung agar bentuknya tidak berubah atau mengalami penyusutan.

Merawat Pakaian Tenun

Sumber : http://www.imgrum.org/

Setrika Dengan Alas

Menyetrika bagian depan atau bagian luar pakaian tenun bisa dapat menyebabkan terjadinya perubahan warna pakaian. Untuk mengantisipasi hal tersebut anda bisa menyetrika pakaian tenun dengan cara melapisinya menggunakan kertas atau kain tipis agar permukaan setrika tidak bersentuhan langsung benang tenun.

Merawat Pakaian Tenun

Sumber : http://eyesaflame.blogspot.co.id/

Terakhir jangan lupa simpan pakaian tenun anda dengan rapi di dalam almari pakaian. Jika diperlukan tambahkan kapur barus supaya pakaian tenun anda terhindar dari ngengat atau kutu pakaian.

Semoga bermanfaat.

Mau tahu lebih banyak lagi tentang kain tenun tradisional Indonesia. Sahabat Fitinline bisa mendownload E-Book dari kami Di Sini.

E-Book Tenun

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.