Article

Homepage Article Jahit Menjahit Kelebihan dan Kekurangan…

Kelebihan dan Kekurangan Mesin Jahit Manual

Mesin jahit konvensional atau biasa disebut sebagai mesin jahit manual merupakan jenis mesin jahit pertama yang diperkenalkan dan dipakai oleh para penjahit. Mesin jahit manual yang paling primitif awalnya didesain menyerupai peluru berbentuk gelendong dan hanya mampu untuk menjahit jahitan rantai dengan jarak yang cukup kecil dan rapi meskipun mudah terurai. 

Mesin Jahit Manual

Sumber : http://fineartamerica.com/

Karena dianggap kurang efektif para ahli kemudian mulai menciptakan mesin jahit manual yang dilengkapi dengan dua benang sejajar dari jarum atas dan kumparan yang diletakkan dibawahnya, sehingga memungkinkan penjahit untuk membuat jahitan kunci.

Mesin Jahit Manual

Sumber : http://alfa-img.com/

Seiring berjalannya waktu mesin jahit manual tersebut terus mengalami perkembangan yang cukup signifikan. Salah satunya ditandai dengan kehadiran mesin jahit manual yang sudah dapat digunakan untuk membuat jahitan zig zag, serta mesin jahit manual kategori high-end yang dibekali kemampuan menjahit pola jahitan dekoratif.

Mesin Jahit Manual

Sumber : http://www.ebay.com/

Meski dikenal sebagai mesin jahit yang paling primitif jika dibandingkan dengan mesin-mesin jahit modern yang saat ini banyak digunakan namun mesin jahit manual tersebut pada dasarnya memiliki banyak kelebihan.

Kelebihan Mesin Jahit Manual

  • Mesin jahit manual yang masih menggunakan kayuhan dan pedal masih bisa digunakan walaupun aliran listrik padam. Namun untuk mesin manual yang sudah dilengkapi dengan dinamo tetap membutuhkan listrik.
  • Mesin jahit manual memiliki kemampuan menjahit berbagai macam kain yang lebih baik sehingga lebih cocok jika digunakan pada industri besar seperti konveksi.
  • Body mesin jahit manual terbilang cukup awet karena hampir sebagian rangkanya terbuat dari besi. 

Mesin Jahit Manual

Sumber : http://www.aglimpseoflondon.com/

Kekurangan Mesin Jahit Manual

  • Mesin jahit manual pada umumnya hanya memiliki satu macam fungsi atau pola jahitan. Salah satu yaitu berupa mesin jahit lurus yang hanya dapat digunakan untuk menjahit lurus.
  • Dari segi desain dan modelnya, mesin jahit manual terkesan masih kuno.
  • Karena mesin jahit manual hanya dapat digunakan untuk membuat satu pola jahitan tertentu, maka dibutuhkan modal yang lebih besar untuk membeli sejumlah mesin jahit dengan fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda. 

Mesin Jahit Manual

Sumber : https://wendyward.wordpress.com/

Semoga bermanfaat.

Mencari Mesin Jahit berkualitas dengan harga murah?. Sahabat Fitinline bisa mendapatkannya Di Sini

Mesin Jahit

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.