Article

Homepage Article Desain Fesyen Sejarah Singkat dan Perkembangan…

Sejarah Singkat dan Perkembangan Androgynous Style Dalam Dunia Fashion

Tahu istilah androgini atau mungkin anda sendiri termasuk salah satu orang yang suka dengan style ini?. Istilah androgini sebenarnya merupakan istilah yang diadaptasi dari dua kata dalam bahasa Yunani yaitu ανήρ (anér yang berarti laki-laki) dan γυνή (guné yang berarti wanita). 

Androgynous Style

Sumber : http://geekidgoneswag.blogspot.co.id/

Dalam konteks fashion, androgini dapat didefinisikan sebagai peniruan sebagian atau keseluruhan gaya berpakaian lawan jenis yang mengarah pada percampuran karakteristik maskulin dan feminim.

  • Maskulin adalah ciri-ciri umum yang berkaitan dengan laki-laki dan dipercaya sebagai sifat ideal laki-laki.
  • Feminim adalah ciri-ciri umum yang berkaitan dengan wanita dan dipercaya sebagai sifat ideal wanita.
  • Androgini adalah penggabungan antara karakteristik maskulin dan feminin pada seseorang baik laki-laki maupun wanita dalam waktu bersamaan. 

Androgynous Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

Individu dengan identitas androgini biasanya memiliki gaya yang lebih fleksibel karena mereka bisa tetap tampil percaya diri ketika harus menggunakan pakaian yang berbeda dengan gender mereka.

  • Seseorang yang terlahir menjadi wanita bisa leluasa meminjam busana pria dan menjadikan itu sebagai salah satu gaya personal mereka.
  • Begitu pula sebaliknya seorang pria bisa meminjam busana wanita untuk menunjukkan karakter maskulin dan feminin pada saat yang bersamaan.

Androgynous Style

Sumber : https://itsmarifashion.com/

Fenomena androgini yang populer di kalangan kaum hawa pada dasarnya termasuk suatu hal yang relatif baru, karena kata androgini sendiri baru benar-benar menyebar meluas pada dekade 1960-an. Sekalipun konsep ini sudah muncul sejak era Yunani-Romawi Kuno di Eropa.

Androgynous Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

Androgini dimaknai sebagai sebuah style fashion (bukan gaya hidup) pada dekade terakhir abad ke-20. Style ini konon juga menginspirasi para penggiat fashion untuk menciptakan pakaian unisex yang bisa dipakai pria maupun wanita tanpa menghilangkan karakteristik feminin maupun maskulin pada seseorang. 

Androgynous Style

Sumber : http://www.streeters.com/

Di masa modern seperti sekarang, gaya androgini khususnya dalam fashion wanita sudah dianggap sebagai sesuatu hal yang lumrah. Sebab saat fashion kembali pada gaya tahun 1980 dan 1990-an, androgini ini menjadi istilah yang sering tampil dalam majalah mode, runway, bahkan media televisi. 

Androgynous Style

Sumber : https://id.pinterest.com/

Tertarik untuk mencoba style androgini sebagai fashion statement anda?. Sahabat Fitinline bisa mencontek gaya busana dari beberapa selebriti Indonesia seperti Sherina atau Agnes Monica. Beberapa fashion item yang bisa anda kenakan jika ingin mencoba style ini diantaranya berupa blazer, celana lurus, bow tie, hingga oxford shoes. 

Androgynous Style

Sumber : http://www.tribunnews.com/

Androgynous Style

Sumber : http://www.unisifm.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.