Article

Homepage Article Cara Menjahit Mengenal Mesin Plotter Marker…

Mengenal Mesin Plotter Marker di Industri Garmen

Industri Garmen yang sudah terpercaya dan memiliki kualitas terbaik dengan memproduksi beribu-ribu produk, maka Industri Garmen memang dituntut untuk memiliki mesin-mesin canggih yang mendukung saat proses produksi. Salah satunya dengan menggunakan mesin cetak marker yang canggih bahkan bisa memotong sekaligus sehingga proses produksi akan semakin maksimal. Mesin ini biasanya disebut dengan mesin plotter. Dengan berbagai jenis mesin plottern ini tentu mempunyai fungsi dan cara kerja yang berbeda-beda. Untuk lebih detail dalam pembahasan mesin plotter marker di Industri Garmen akan kita bahas di pembahasan berikutnya.

Beberapa hal yang akan dibahas pada artikel ini mengenai Mengenal Mesin Plotter Marker Di Industri Garmen, diantaranya sebagai berikut:

Sekilas Pengertian Mengenai Mesin Plotter Di Industri Garmen

Plotter Marker ini dapat didefinisikan sebagai mesin cetak yang dirancang khusus guna  untuk menghasilkan gambar di atas media tertentu seperti halnya kertas atau karton yang biasanya digunakan pada Industri Garmen. Biasanya gambar pola yang akan dicetak sebelumnya sudah dihubungkan antara mesin plotter marker dengan sistem komputer yang nantinya akan dikendalikan oleh karyawan untuk menjalankan komputernya. Dengan berbagai gambar yang diinputkan akan dicetak secara sempurna menggunakan tinta pewarna. Plotter ini bisa juga diartikan seperti printer besar yang sangat berhubungan dengan pemakaian software khusus garmen. Jadi setelah pembuatan pola dan marker selesai selanjutnya pola tinggal dicetak melalui plotter. Lebar dan panjang hasil plot 100% sama dengan panjang dan lebar kain yang akan digunakan untuk produksi.

Mesin Ploter Mesin Ploter

Sumber : https://indonesian.alibaba.com/, https://pukkaindonusa.com/

Software Yang Dapat Digunakan Pada Mesin Plotter

Dalam mencetak pola dengan mesin plotter ini memang harus menggunakan software yang didukung pada sistem komputer tersebut. Software ini juga harus bisa digunakan saat membuat pattern atau pola pada komputer. Biasanya untuk membuat pola dalam bentuk digital sendiri terdapat beberapa macam software yang digunakan pada garmen.

Berikut kita akan jelaskan lebih detail terkait software yang dapat digunakan pada mesin plotter di industri garmen, diantaranya :

1. Accumark Gerber

Accumark gerber mengoperasikan sistem grading, pengembangan serta modifikasi pola pakaian dalam berbagai jenis dan ukuran. Dengan fasilitas digital yang dimilikinya, akurasi distorsi ukuran dapat dikurangi semaksimal mungkin.

2. Optitex

Optitex merupakan software untuk membuat pola busana secara komputerisasi yang telah diprogramkan di komputer. Optitex sendiri memiliki beberapa program utama yang terdiri dari pattern design system, marker, grade, modulate dan lain-lain. Software optitex ini biasanya lebih sering ditemukan pada Industri Garmen untuk memproses pembuatan pola dan pencetakan pola menggunakan mesin plotter. Optitex ini juga memiliki beberapa versi seperti misal versi 10, versi 11, versi 16, versi 17 dan sebagainya yang difasilitasi dengan  tools lebih lengkap untuk versi yang paling update.

Mesin Ploter

Sumber : https://dribbble.com/

3. PAD System

PAD system merupakan software dalam desain mode yang dapat dioperasikan dalam format 3 dimensi dan animasi, sehingga memungkinkan desainer untuk membuat desain busana dalam berbagai ukuran mendekati kondisi busana yang telah jadi.

Mesin Ploter

Sumber : http://www.padsystem.com/

4. Style CAD

Style CAD menjadi software garmen berikutnya yang memiliki fitur cukup lengkap yakni berupa pattern design, grading dan marking system yang dikembangkan untuk mempermudah proses produksi pakaian, khususnya dalam hal pembuatan pola baju.

Mesin Ploter

Sumber : https://www.textechnika.com/

5. Gemini CAD

Gemini merupakan satu-satunya pattern apps yang dilengkapi dengan alat bernama digitizer.

6. Lectra Kaledo

Kaledo dapat dikatakan sebagai software fashion design yang paling bagus dan sempurna. Kaledo memiliki semua elemen yang diperlukan desainer dalam membuat pakaian yang dimaksudkan untuk catwalk, bahkan untuk produksi skala massal

Ada banyak sekali keuntungan yang didapatkan jika menggunakan software-software tersebut dalam Industri Garmen, tentu sebuah perusahaan baik di bidang pakaian ataupun tidak, pasti diharuskan untuk bekerja dengan cepat dan tepat, salah satu keuntungan menggunakan software tersebut. Beberepa keuntungan yang bisa didapatkan dari penggunaan software garmen antara lain berupa:

  • Pembuatan pola (pattern), grading (size pack) dan marker menjadi sangat mudah dan cepat.
  • Data bukan berupa karton lagi namun berupa file computer dan nantinya dari file computer akan dicetak berupa kertas atau karton yang sudah berbentuk pola
  • Kesalahan pembuatan pola dan marker bisa diminimalisir
  • Efisiensi pemakaian kain bisa langsung diketahui sehingga bisa diketahui biaya produksi setiap produk.
  • Efisiensi SDM bisa hanya 1 orang saja untuk pembuatan pola hingga marker.
  • Pembuatan marker bisa diselesaikan hanya dalam waktu 5 menit.

Jenis-jenis Plotter Marker dan Prinsip Kerjanya Di Industri Garmen

Di setiap industri garmen ini memiliki berbagai macam jenis mesin plotter marker, bisa di sesuaikan dengan fungsi dan cara kerja mesin tersebut.  Setiap jenis mesin memiliki fungsi dan cara kerja yang berbeda-beda, maka kita akan bahas lebih jelas untuk jenis-jenis mesin plotter marker beserta prinsip kerjanya di artikel ini.

Berikut kita akan jelaskan lebih detail berbagai macam mesin plotter, diantaranya sebagai berikut::

1. Plotter Pena

Plotter pena merupakan plotter yang berfungsi untuk mencetak gambar menggunakan satu pena atau sejumlah pena di atas media cetak seperti halnya kertas. Plotter pena tidak menghasilkan keluaran berbentuk pola titik-titik atau garis-garis tetapi dalam bentuk garis kontinyu.

  • Plotter pena hanya mampu menggambar garis bukan gambar raster seperti printer percetakan biasa.
  • Setiap melakukan proses pewarnaan, plotter pena tidak mampu mewarnai satu blok.

2. Plotter Elektrostatis

Plotter elektrostatis dapat digunakan untuk mencetak gambar  dengan cara meletakkan kertas pada tempat datar kemudian dibuat seperti mesin foto copy yaitu dengan memberi tegangan listrik pada kertas. Tegangan listrik kemudian akan menarik tinta untuk melekat pada kertas lalu tinta akan dicairkan dengan pemanas.

  • Dari segi kualitas plotter elektrostatis lebih baik plotter pena.
  • Tetapi kalau dilihat dari segi kecepatannya lebih baik plotter elektrostatis.

3. Plotter Thermal

Plotter thermal fungsi kerjanya menggunakan pin yang dipanasi secara elektronis kemudian pin tersebut dilewatkan pada jenis media yang peka terhadap panas sehingga berbentuk gambar. Kelebihan plotter thermal yaitu dapat digunakan pada kertas maupun pada film buram.

4. Plotter Pemotong

Plotter pemotong merupakan salah satu jenis plotter yang berfungsi untuk memotong bahan tertentu seperti bahan vinyil, karet, gabus, kulit dan lainnya. Penggunaan jenis plotter pemotong pada industri sepatu maupun industri garmen yaitu untuk memotong pola atau bahan sekaligus.

Demikian pembahasan singkat kita pada artikel ini mengenai mesin plotter marker yang digunakan pad industri garmen.. Semoga informasi yang kita sampaikan ini setidaknya bisa memberikan manfaat dan menambah wawasan anda tentang mengenal mesin plotter marker di industri garmen yang nantinya jika kamu ingin membuka usaha di bidang busana sudah memahami mesin-mesin yang sangat berperan penting dalam perusahaan atau usaha.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.