Article

Homepage Article Jahit Menjahit Cara Mudah Menggunakan Mesin…

Cara Mudah Menggunakan Mesin Jahit Manual, Mesin Jahit Portable dan Mesin Jahit Industri

Dalam melakukan pekerjaan jahit menjahit dibutuhkan pengetahuan dan pemahaman mengenai cara mengoperasikan mesin jahit sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Untuk memudahkan anda dalam menggunakan mesin jahit manual, mesin jahit portable dan mesin jahit industri berikut kami bagikan masing-masing cara menggunakan mesin jahit tersebut hanya untuk anda.

Mesin Jahit Manual

Mesin jahit manual atau mesin jahit konvensional dapat dikategorikan ke dalam jenis mesin jahit yang pertama diperkenalkan dan dipakai oleh penjahit. Meski tergolong jadul, mesin jahit ini sebenarnya justru memiliki sejumlah keunggulan tersendiri, yakni:

  1. Mesin jahit manual yang masih menggunakan kayuhan dan pedal masih bisa digunakan walaupun aliran listrik padam.
  2. Mesin jahit manual memiliki kemampuan menjahit berbagai macam kain yang lebih baik sehingga lebih cocok jika digunakan pada industri besar seperti konveksi.
  3. Rangka atau badan mesin jahit manual yang sebagian besar terbuat dari besi cenderung  cukup awet dan tahan banting jika dirawat dengan baik.

Buat anda yang tertarik untuk belajar menjahit dengan mesin jahit manual tapi bingung bagaimana cara menggunakan mesin jahit manual ini mungkin anda bisa mengikuti petunjuk berikut.

1. Menyiapkan Mesin Jahit Manual

Hal pertama yang harus anda lakukan jika ingin menggunakan mesin jahit manual yaitu buka penutup mesin jahit bagian atas kemudian keluarkan kepala mesin ke atas meja mesin jahit. Bila sudah selanjutnya pasang tali roda dan atur posisi injakan kaki mesin jahit.

Mesin Jahit

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Mengisi Kumparan atau Spul

Untuk mengisi kumparan atau spul masukkan spul kedalam penggulung benang sampai pada bagian kawat yang menonjol. Selanjutnya tekan penggulung benang ke bawah sehingga kumparan tidak bisa lepas. 

Mesin Jahit

Sumber : https://www.youtube.com/

Pasang benang pada tiang sampai ke bagian kumparan atau spul. Selanjutnya mulailah mengisi spul dengan menginjak bagian bawah untuk menggerakkan mesin jahit. Setelah penuh lepaskan spul dari penggulung benang.

3. Mengatur Tegangan Benang Mesin Jahit Manual

Mengatur tegangan benang mesin ada 2 (dua) yang pertama berada disebelah kiri mesin jahit dan yang kedua berada pada sekrup sekoci. Untuk menjahit biasanya menggunakan nomor 3 hingga 4. Makin besar nomornya makin kencang dan makin kecil nomor makin longgar. 

Mesin Jahit

Sumber : https://mesinjahitsinger-kita.blogspot.com/

Kualitas setikan benang dapat dilihat dari hal berikut:

  • Setikan yang baik apabila benang atas dan bawah bersilang ditengah-tengah lapisan kain (gambar a).
  • Setikan kurang baik apabila tegangan benang atas terlalu kencang (gambar b) atau justru tegangan benang atas terlalu kendor (gambar c).

Mesin Jahit

Sumber : https://www.fesyendesign.com/

4. Mengatur Jarak Setikan Mesin Jahit Manual

Angka-angka yang terdapat pada piringan sebelah kanan mesin adalah untuk mengatur panjang pendek/renggang rapatnya setikan.

  • Angka 6-7 untuk setikan renggang
  • Angka 12-15 untuk setikan sedang yang biasa digunakan.
  • Angka 20-30 untuk setikan paling rapat.

Kalau pembalik tusukan dinaikkan keatas sekali maka jahitan akan mundur ini dapat digunakan untuk penguat ujung jahitan.

Mesin Jahit

Sumber : https://www.fesyendesign.com/

5. Memasang Jarum Pada Mesin Jahit Manual

Jarum mesin jahit pada prinsipnya memiliki dua bagian yaitu yang rata dan bagian yang cembung.

  • Untuk memasang jarum pada mesin jahit mula-mula angkat tiang dudukan jarum kemudian longgarkan sekrupnya.
  • Masukkan jarum jahit pada dudukan jarum dengan posisi bagian jarum yang cembung menghadap ke depan, sedangkan bagian atas jarum yang datar menghadap ke belakang.
  • Bila jarum jahit sudah terpasang dengan baik selanjutnya kencangkan kambali sekrupnya.

Dalam memilih jarum jahit perhatikan kesesuaian ukuran jarum dengan sifat dan karakteristik kain yang akan dijahit.

No Ukuran Jarum Bahan Kain
1. 9 Sutra, Chifon, Voile, Organdi
2. 11 Paris, Brokat Halus, Katun
3. 13 Katun, Shantung, Tafeta, Linen
4. 14 Linen, Poplin, Semi Wool, Wool
5. 16 Jeans Tebal
6. 18 dan 20 Terpal, Kain Jok Kursi

Catatan:

  • Jarum yang dipasang terlalu tinggi/rendah akan mengakibatkan setikan melompat-lompat.
  • Namun bila jarum yang dipasang terbalik akan mengakibatkan benang terputus-putus.

6. Memasang Spul Pada Sekoci

Ambil sekoci lalu masukkan spul yang sudah terisi benang pada sekoci dengan ujung benang dililitkan pada kulit benang searah jarum jam. Sisakan ujung benang kurang lebih sepanjang sepuluh sentimeter untuk diselipkan pada celah-celah sekoci.

Karena sekoci mesin jahit ini memiliki peran yang sangat penting, maka sudah semestinya jika sekoci mesin jahit juga harus disetting dengan cara yang benar. Pengaturan ini biasanya hanya dilakukan sekali saja pada saat awal membeli mesin jahit atau pada awal menggunakan mesin jahit.

Mesin Jahit

Sumber : https://www.stitchintheditch.com/

Cara terbaik yang dapat dilakukan untuk mengecek kondisi sekoci diantaranya:

  • Masukkan spul (bobbin) yang berisi benang ke dalam sekoci (bobbin case). Pastikan putaran kumparan benangnya berlawah pada arah jarum jam.
  • Masukkan benangnya hingga terselip ke slot pada sekoci (bobbin case).
  • Tarik benangnya secara perlahan. Jika tarikan benang terasa berat berarti setelan lower thread tension screw pada sekoci terlalu rapat, jadi harus dikendorkan.
  • Jika tarikan benang terasa ringan, maka putarlah lower thread tension screw untuk mengencangkannya.
  • Jika ditarik benangnya masih terasa ringan, maka putarlah kembali lower thread tension screw nya untuk mengencangkannya kembali.
  • Jika ditarik benangnya masih terasa ringan dan diputar lower thread tension screw nya sampai mentok lalu benangnya ditarik tetap terasa ringan berarti sekocinya rusak.

Mesin Jahit

Sumber : https://id.pinterest.com/

7. Memasang Sekoci Pada Rumah Sekoci

Untuk memasukkan sekoci kedalam rumah sekoci jangan lupa pegang ujung tuas sekoci agar spulnya tidak lepas. Buka plat rumah sekoci, kemudian masukkan sekoci dengan memegang ujung tuasnya, ujung tangkai sekoci menghadap keatas dan masuknya harus pas sampai terdengar bunyi klik.

Mesin Jahit

Sumber : https://www.youtube.com/

8. Memasang Benang Atas Mesin Jahit

Cara memasang benang bagian atas mesin jahit manual adalah sebagai berikut:

  • Memasukkan benang pada tiang kelas benang atas
  • Lewatkan pada pengait benang yang belakang
  • Lewatkan pada peringan benang
  • Masukkan pada lubang pengangkat benang
  • Masukkan pada pengait-pengait benang dibawahnya
  • Selanjutnya memasukkan ke lubang jarum.

9. Mengeluarkan Benang Bawah

Untuk mengeluarkan benang bawah, naikkan tiang jarum kemudian tusukkan jarum ke bawah sambil memegang ujung benang atas. Angkat kembali jarum tersebut untuk mengambil benang bawah kemudian letakkan kedua benang atas dan bawah tersebut ke lubang jarum.

Mesin Jahit

Sumber : https://id.pinterest.com/

10. Menjalankan Mesin Jahit

Periksa kesiapan mesin jahit dengan cara menggunakannya untuk menjahit bahan kain seperti biasa. Cara menggunakan mesin jahit manual ini sangat mudah untuk dipraktekkan bukan. 

Mesin Jahit

Sumber : https://www.contrado.co.uk/

Mesin Jahit Portable

Mesin jahit portable dapat didefinisikan sebagai mesin jahit multi fungsi berukuran sedang yang dapat digunakan untuk menjahit pakaian maupun produk desain baju lainnya. Selain memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan dengan mesin jahit manual, cara menggunakan mesin jahit portable ini secara umum juga sangat mudah.

1. Menyiapkan Mesin Jahit Portable

Siapkan mesin jahit portable di atas meja kerja anda. Jangan lupa siapkan pula perlengkapan pendukung lain yang dibutuhkan untuk menjahit seperti misalnya spul, sekoci, jarum mesin jahit, benang, pedal mesin jahit dan lain-lain. 

Mesin Jahit

Sumber : https://suprasewingmachines.com/

Mesin Jahit

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Mengisi Spul Mesin Jahit

  • Pertama-tama pasangkan gulungan benang pada bagian tiang benang mesin jahit.
  • Selanjutnya kaitkan ujung benang yang bebas pada pengatur tegangan benang dan kaitan yang ada di atasnya (tempat kaitan antara mesin jahit yang satu dengan yang lainnya bisa berbeda-beda).
  • Masukkan ujung benang ke lubang di bagian atas spul kemudian tekan spul ke tiang penggulung benang spul. Pastikan penahan spul sudah terkunci dan posisi ujung benang menghadap ke arah anda atau ke arah atas.
  • Lepaskan mesin penggerak jarum agar bagian ini sementara tidak berfungsi. Caranya dapat dilakukan dengan menekan, menarik, atau memuntir bagian tengah dari roda atas.
  • Aktifkan mekanisme penggulung benang spul dengan menekan spul ke samping.
  • Pegang ujung benang yang bebas lalu tekan pedal injakan kaki atau pedal mesin jahit. Tiang penggulung benang spul secara otomatis akan berputar.
  • Isi spul sampai penuh, tapi ingat jangan sampai gulungan benangnya melebihi  lingkaran spul.
  • Setelah proses pengisian spul selesai dilakukan, kembalikan fungsi mesin penggerak jarum dan nonaktifkan mekanisme penggulung benang spul, lalu lepaskan spul dari tiang penggulung spul.

Mesin Jahit

Sumber : http://support.brother.com/

3. Memasang Benang Atas Mesin Jahit Portable

Pemasangan benang atas pada mesin jahit portable dapat dilakukan dengan cara menarik ujung benang dari cones yang berada di penyangga benang, lalu masukkan ujung benang melalui jalur benang ke penetral benang pertama dan kedua.

Teruskan benang jahit menuju bagian tension, jalur benang, takeup dan pengaman benang yang posisinya ada di needle bar (rumah jarum) kemudian masukkan benang jahit pada lubang jarum sesuai dengan arah cekungan benang.

Mesin Jahit

Sumber : https://hikmahys.blogspot.com/

Dalam memasang benang atas pada mesin jahit ini sebenarnya terdapat beberapa hal penting yang harus diperhatikan.

a. Presser Foot

Sebelum memasang benang atas mesin jahit sebaiknya naikkan dulu sepatu mesin jahitnya (presser foot).

Mesin Jahit

Sumber : http://www.instructables.com/

b. Thread Take Up Leaver

Naikkan pula pelatuk mesin jahit (thread take up lever) hingga posisi paling atas atau pastikan bahwa pelatuk mesin jahit sudah berada pada posising paling atas. 

Mesin Jahit

Sumber : http://www.instructables.com/

Setelah sepatu jahit (presser foot) dan pelatuk mesin jahit (thread take up lever) berada pada posisi yang benar selanjutnya anda tinggal memasukkan benang jahit ke lubang-lubang yang sudah di sediakan pada mesin jahit.

Mesin Jahit

Sumber : https://www.indiamart.com/

Selain memudahkan seseorang saat memasang benang dua hal tersebut juga menjadi syarat wajib yang harus dilakukan oleh pengguna mesin jahit sebelum memulai memasang benang atas pada mesin jahit.

4. Memasang Spul Pada Sekoci

Ambil sekoci, kemudian masukkan spul yang sudah terisi benang pada sekoci dengan ujung benang dililitkan pada kulit benang searah jarum jam. Sisakan ujung benang kurang lebih sepanjang sepuluh sentimeter.

Mesin Jahit

Sumber : https://www.ifixit.com/

5. Memasang Bobin Case atau Sekoci

Cara memasang sekoci pada mesin jahit diantaranya pegang ujung benang dan hentikan putaran bobin dengan tangan kiri lalu masukkan benang melewati tension spring. Buka tangan dengan latch dan masukkan bobin case ke dalam proses pengait terakhir tutup bagian side plate.

Mesin Jahit

Sumber : https://www.ifixit.com/

6. Menjalankan Mesin Jahit Portable

Untuk memeriksa kesiapan mesin jahit portable sahabat Fitinline dapat mengujinya untuk menjahit kain dengan cepat, sedang, maupun lambat, menjahit kain tanpa benang, serta mengatur langkah setikan antara satu sampai tiga setikan secara berulang-ulang.

Mesin Jahit

Sumber : http://kuwanita.com/

Mesin Jahit Industri

Mesin jahit industri atau mesin jahit high speed merupakan jenis mesin jahit yang mempunyai kecepatan tinggi. Dalam industri skala besar seperti garment dan konveksi mesin ini biasanya digunakan untuk menjahit lurus. Meski memiliki kecepatan tinggi cara menggunakan mesin jahit ini sebenarnya tidak terlalu sulit kalau sudah biasa.

1. Cara Memasang Jarum Jahit

Putar roda imbang mesin jahit untuk mengangkat dudukan jarum. Longgarkan sekrup jarum jahit kemudian masukkan tangkai jarum hingga kedasar rongga jarum. Jika sudah lalu kuatkan sekrup jarum.

Mesin Jahit

Sumber : https://www.youtube.com/

2. Memasang Benang Pada Mesin Jahit Industri

Untuk memasang benang atas mesin jahit anda bisa mengikuti alur benang pada mesin jahit. Naikkan batang jarum sampai keatas kemudian masukkan ujung benangnya ke dalam lubang jarum. 

Mesin Jahit

Sumber : https://www.youtube.com/

3. Mengisi Spul Mesin Jahit Industri

Untuk mengisi spul mesin jahit, pertama-tama pasangkan gulungan benang pada bagian tiang benang mesin jahit. Kaitkan ujung benang pada pengatur tegangan benang dan kaitan yang ada di atasnya (tempat kaitan antara mesin jahit yang satu dengan yang lainnya bisa berbeda-beda).

Masukkan ujung benang ke lubang di bagian atas spul kemudian tekan spul ke tiang penggulung benang spul. Angkatlah penekan spul sehingga roda berputar, kumparan mengenai ban dan mulailah kumparan terisi benang.

Supaya benang yang mengisi spul tidak terlalu banyak atau berlebihan sebelumnya setel dulu sekrup pengatur benang agar isi spul kira-kira 80%. Dengan cara ini nantinya roda pemutar spul akan berhenti setelah spul terisi. Setelah itu lepaskan spul dan dimasukkan kedalam rumah kumparan (sekoci).

Mesin Jahit

Sumber : https://www.youtube.com/

4. Memasang Spul Pada Sekoci dan Memasang Sekoci Pada Rumah Sekoci

Cara memasukkan spul dalam rumah spul (sekoci) pada prinsipnya sama saja dengan cara memasang spul pada mesin jahit manual. Begitu pula dengan cara pemasangan sekoci pada rumah sekocinya. 

Mesin Jahit

Sumber : https://www.youtube.com/

Mesin Jahit

Sumber : https://www.youtube.com/

Mesin Jahit

Sumber : https://www.youtube.com/

5. Mengeluarkan Benang Bawah

Untuk mengeluarkan benang bawah caranya juga masih sama dengan cara mengeluarkan benang bawah pada mesin jahit manual.

  • Naikkan tiang jarum kemudian tusukkan jarum ke bawah sambil memegang ujung benang atas.
  • Angkat kembali jarum tersebut untuk mengambil benang bawah kemudian letakkan kedua benang atas dan bawah tersebut ke lubang jarum.

Mesin Jahit

Sumber : https://www.youtube.com/

6. Mengatur Jarak Setikan

Pilih pengatur jarak setikan yang sesuai dengan hasil setikan yang diinginkan. Sekarang mesin jahit industri sudah siap untuk digunakan.

Mesin Jahit

Sumber : https://www.videoblocks.com/

Langkah yang perlu dikuasai untuk menggunakan mesin jahit industri adalah memasang benang atas dan mengisi kumparan secara tepat. Setelah memasang benang mulailah berlatih untuk menjahit dengan kecepatan tinggi. Untuk menguasai teknik ini anda perlu latihan berulang kali.

Dari uraian di atas dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam mengoperasikan mesin jahit manual, mesin jahit portable dan mesin jahit industri sebenarnya terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan terutama dalam hal persiapan mesin jahit. Beberapa hal yang dimaksud diantaranya:

  • Menyiapkan mesin jahit pada meja kerja.
  • Mengisi kumparan atau spul dengan benang.
  • Mengatur tegangan (tension) benang sesuai dengan spesifikasi bahan.
  • Mengatur jarak setikan sesuai spesifikasi bahan.
  • Memasang jarum jahit sesuai dengan kebutuhan.
  • Memasang spul dan sekoci pada rumah sekoci sesuai prosedur.
  • Memasang benang jahit bagian atas pada mesin jahit.

Supaya mesin jahit yang anda miliki dapat bekerja sebagaimana pastikan cara penggunaan mesin jahit yang anda terapkan sudah disesuaikan dengan petunjuk pengoperasiannya ya.

Mencari mesin jahit berkualitas dengan harga murah untuk membantu menyelesaikan proyek menjahit anda?. Sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi Mesin Jahit Portable kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.