Article

Homepage Article Kain Tekstil Mengenal Karakteristik Kain…

Mengenal Karakteristik Kain Hyget dan Aplikasinya Pada Kaos, Gamis Serta Jilbab Bergo

Mencari bahan kain yang bagus untuk membuat kaos, gamis maupun jilbab bergo tapi belum menemukan bahan yang tepat?. Sebagai bahan pertimbangan mungkin anda bisa memilih bahan kain hyget yang memiliki karakteristik sangat khas yakni bertekstur melar dan dapat menyesesuaikan bentuk badan pemakainya.

Pengertian Bahan Hyget

Bahan kain hyget dapat dikategorikan ke dalam salah satu jenis bahan kaos yang terbuat dari kombinasi polyester dan cotton tetapi lebih tipis. Biasanya type kain berikut lebih banyak digunakan dalam pembuatan kaos atau jersey bola tapi pada perkembangannya juga mulai dimanfaatkan untuk gamis dan jilbab instan.

Bahan Kain Hyget

Sumber : https://localindoo.blogspot.com/

Khusus di Indonesia bahan hyget memang sering dikonotasikan dengan bahan yang tergolong murah dibandingkan dengan bahan kaos lainnya seperti katun, spandek dan PE (polyester). Meski harganya murah bukan berarti kain ini terkesan kurang bagus dan tidak nyaman dipakai suntuk membuat pakaian lho.

Bahan Kain Hyget

Sumber : https://prelo.co.id/

Karakteristik Bahan Hyget

Sebagai salah satu jenis bahan kain yang dibuat dari campuran polyester dan cotton, kain hyget secara umum memiliki tampilan yang terkesan agak mengkilat, cukup ringan dan tidak cepat rusak asalkan dirawat dengan cara yang tepat. Beberapa ciri khas yang membedakan bahan kain hyget dengan bahan yang lain yaitu:

  1. Bahan kain hyget hadir dengan permukaan yang mengilap serta memiliki kecenderungan tidak mudah kusut. Setelah dicuci tampilan bahan hyget biasanya akan tetap rapi dan tidak memberikan kesan kusut berlebihan.
  2. Ketika anda membutuhkan pakaian berbahan hyget dalam waktu cepat tampilannya akan tetap aman meskipun tidak disetrika langsung.
  3. Bahan hyget dapat dijumpai dalam berbagai macam varian dan dipilih sesuai kebutuhan pamakainya.
  4. Dilihat dari sisi ketebalan kainnya, bahan hyget cukup nyaman dipakai sebagai bahan pakaian, walau sebenarnya tidak semua jenis kain hyget memiliki ketebalan yang sama. Kain hyget sendiri beberapa ada yang tebal namun ada pula yang sangat tipis.
    • Kain hyget yang tipis tentu membuat tubuh pemakainya mudah sekali kepanasan kala cuaca terik.
    • Selain itu tubuh juga akan mudah sekali kedinginan kala cuaca hujan atau saat cuaca sedang dingin.
  5. Harganya yang murah dibanding jenis kain lainya menjadi kelebihan tersendiri bagi bahan kain yang satu ini. Tentu ada pertimbangan sendiri kenapa pakaian dari bahan hyget dipasang dengan harga yang cenderung miring.
  6. Dibandingkan bahan kain katun, bahan hyget sebenarnya memiliki daya serap keringat yang kurang baik dan membuat badan mudah kegerahan. Walau begitu ada juga hyget yang cukup baik untuk menyerap keringat seperti misalnya hyget super.

Jenis-Jenis Bahan Hyget

Bergantung pada desain dan tujuan pemakaiannya bahan kain hyget sendiri pada prinsipnya dapat dijumpai dalam berbagai macam varian yang berbeda-beda. Beberapa jenis bahan hyget yang dimaksud diantaranya ada bahan hyget tipis, bahan hyget biasa, bahan hyget super, bahan hyget balon serta bahan hyget serena.

1. Bahan Hyget Tipis

Bahan hyget tipis merupakan bahan kain hyget yang paling murah dan memiliki kualitas paling bawah, biasanya kain hyget yang satu ini digunakan untuk kaos kampanye politik atau event. Ciri yang paling umum adalah kain ini mirip kain kaos tapi tipis.

Bahan Kain Hyget

Sumber : https://www.kaskus.co.id/

2. Bahan Hyget Biasa

Bahan hyget biasa hampir sama dengan kain hyget tipis, harganya termasuk murah dan kualitas juga di deretan bawah. Kain ini kebanyakan lebih sering digunakan untuk membuat kaos kampanye parpol atau kaos event.

Bahan Kain Hyget

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Bahan Hyget Super

Bahan hyget super atau hyget premium merupakan bahan kain yang memiliki tekstur lebih tebal dan rapi dari hyget biasa.
Tekstur pemukaan bahan hyget super cenderung lebih rapat serta tebal.

  • Untuk urusan harga, bahan hyget super sedikit lebih mahal dari kain hyget biasa.
  • Kain hyget yang berjenis super akan memiliki tingkat ketebalan yang sempurna dan daya serap akan keringat yang lebih baik.
  • Biasanya bahan hyget super menjadi favorit jilbab instan dengan model bergo, gamis maupun kaos event dan kaos bola.

Bahan Kain Hyget

Sumber : https://zilingoshopping.id/

4. Bahan Hyget Balon

Bahan hyget balon pada umumnya memiliki tekstur sangat lembut seperti sutra dan cenderung adem karena dibuat dengan menggunakan bahan campuran spandek.

  • Bahan kain hyget balon mirip dengan spandek, bedanya hyget balon tidak elastis seperti spandek sutra.
  • Harga hyget balon biasanya cenderung lebih mahal dari kain hyget super.
  • Kain hyget balon bisa digunakan untuk membuat busana muslim dengan model gamis dan jilbab bergo.

Bahan Kain Hyget

Sumber : https://www.lazada.co.id/

5. Bahan Hyget Serena

Bahan hyget serena termasuk ke dalam jenis bahan kain yang berkualitas baik dan harganya lebih mahal. Beberapa ciri paling khas yang membedakan hyget serena dengan jenis bahan hyget yang lain diantaranya:

  • Bahan hyget serena memiliki tekstur yang rapi dan padat.
  • Kain hyget serena umumnya bersifat lentur, adem dan tebal.
  • Kain hyget serena menggunakan campuran nilon sehingga memiliki daya serap keringat yang cukup bagus.
  • Bahan kain hyget serena sering digunakan untuk kaos-kaos olahraga seperti jersey bola, futsal, voli, badminton dan sejenisnya.

Bahan Kain Hyget

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Pemanfaatan Bahan Hyget

Dari berbagai jenis bahan hyget yang ada memang sebagian besar lebih banyak digunakan untuk membuat kaos oblong. Namun seiring dengan berjalannya waktu dan pesatnya perkembangan dunia fashion kini bahan hyget juga mulai dikembangkan sebagai bahan pembuatan gamis wanita dan juga jilbab bergo.

1. Kaos Oblong

Kaos oblong alias t-shirt merupakan sejenis busana penutup tubuh bagian atas yang didesain untuk menutupi sebagian lengan, seluruh dada, bahu dan perut. Ciri paling khas yang membedakan kaos oblong dengan pakaian yang lainnya yaitu kaos biasanya tidak memiliki kancing, kerah ataupun saku.

Khusus untuk industri konveksi, bahan kain hyget sendiri kebanyakan lebih sering dipakai untuk membuat kaos partai dan juga kaos olahraga.

  • Kain hyget tipis dan kain hyget biasa merupakan dua jenis bahan kaos yang lebih sering digunakan untuk membuat kaos kampanye parpol atau kaos event.
  • Kain hyget super dan kain hyget serena merupakan dua jenis bahan kaos kaos yang lebih sering digunakan untuk membuat kaos-kaos olahraga seperti jersey bola, futsal, voli, badminton dan sejenisnya.

Ingin membuat kaos oblong untuk keperluan kampanye parpol maupun olahraga tapi malas membuat polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Kaos Konveksi dari Fitinline yang dibuat sesuai standar ukuran badan orang dewasa.

2. Gamis

Gamis merupakan pakaian muslim yang banyak diciptakan dalam bentuk terusan yang lurus, panjang dan longgar hingga menutupi seluruh badan pemakainya mulai dari leher sampai ke mata kaki. Bahan kain hyget yang biasa digunakan untuk membuat gamis yakni berupa kain hyget super dan kain hyget balon.

Tertarik untuk membuat gamis wanita tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis ada bisa mendownload pola gamis wanita dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya  memiliki lekukan pinggang.

3. Jilbab Bergo

Jilbab bergo merupakan model jilbab instan dengan bantalan busa di bagian atasnya dan dapat dikenakan secara langsung tanpa memerlukan tambahan peniti maupun jarum pentul. Bahan kain hyget yang biasa digunakan untuk membuat jilbab bergo yakni berupa kain hyget super dan kain hyget balon.

Berdasarkan pada besar kecilnya ukuran pet atau bantalan spons jilbab bergo sendiri sebenarnya juga tersedia dalam berbagai macam varian yang berbeda dan dapat disesuaikan dengan bentuk wajah anda lho.

a. Basic Pet Bergo

Basic pet bergo merupakan model bergo yang dilengkapi dengan variasi pet sepanjang 35 cm dan lebar 9,5 cm. Bergo jenis ini dapat dipakai oleh semua bentuk wajah, terutama yang memiliki pelipis lebar.

b. Short Pet Bergo

Short pet bergo merupakan model bergo yang dilengkapi dengan variasi pet sepanjang 35 cm dan lebar 8 cm. Sangat pas jika dipakai untuk wanita yang memiliki wajah oval maupun wajah yang memiliki pelipis pendek.

c. Long Pet Bergo

Untuk wanita yang memiliki wajah berbentuk segitiga, kotak, bulat atau wajah dengan tulang pipi yang menonjol cobalah long pet bergo yang memiliki pet sepanjang 40 cm dan lebar 9.5 cm.

d. Ekstra Pet Bergo

Ekstra pet bergo merupakan model bergo yang dilengkapi dengan bantalan spons berukuran lebar 14 cm dan panjang 40 cm sangat sesuai jika dikenakan oleh wanita yang berwajah lonjong dan kotak.

Bahan Kain Hyget

Sumber :  https://www.bukalapak.com/

Tertarik untuk mempelajari cara membuat jilbab bergo yang memiliki bantalan busa di bagian atasnya?. Simak kembali pembahasannya mengenai Tutorial Membuat Jilbab Bergo pada artikel Fitinline terdahulu.

Tips Berbelanja Bahan Hyget

Berencana untuk membeli kain hyget secara online tapi masih sedikit khawatir kalau menjadi korban penipuan. Hal terpenting yang harus anda ingat ketika ingin berbelanja kain secara online yaitu minimal anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis kain tekstil dan karakteristik yang dimiliki oleh masing-masing bahan.

  1. Pilih toko kain online yang memiliki nama dan reputasi baik secara online store maupun secara offline store.
  2. Perhatikan deskripsi dan spesifikasi barang secara seksama untuk mendapatkan informasi yang jelas mengenai kondisi fisik kain tekstil.
  3. Bila sahabat Fitinline merasa kesulitan dalam memilih bahan kain tekstil yang sesuai dengan kebutuhan anda, sebaiknya anda bertanya kepada pihak customer service.
  4. Sesuaikan detail dan corak kain dengan tujuan pemakaian dari kain tersebut. Jangan sampai anda tergiur dengan corak dan motif kain yang terkadang begitu menggoda dan melupakan tujuan awal pembelian kain tersebut.
  5. Perhatikan kesesuaian harga dengan kualitas bahan kain tekstil.
  6. Pilih toko online yang menyediakan sample bahan kain gratis. Dengan begitu anda bisa memastikan baik buruknya kualitas kain yang hendak anda beli. Meski di Indonesia sendiri terdapat banyak sekali toko kain online, namun barangkali hanya sedikit toko kain yang menyediakan layanan ini salah satunya di Fitinline.
  7. Selain itu anda juga harus memastikan jika toko kain online yang anda pilih menggunakan jasa pengiriman barang yang bisa di lacak keberadaannya.
  8. Sahabat Fitinline bisa meminta nomor resi pengiriman barang jika sewaktu-waktu dibutuhkan untuk melacak keberadaan paket yang akan dikirim ke alamat anda.

Kalau anda kebetulan sedang membutuhkan bahan kain hyget berkualitas dengan harga murah untuk membuat kaos oblong, gamis maupun jilbab, mungkin sahabat Fitinline bisa melihat-lihat dulu koleksi bahan kain hyget di katalog produk kain kami. Beberapa jenis bahan kain yang dimaksud diantaranya:

1. Kain Kaos Hyget Warna Putih dan Muda

Kain kaos hyget warna muda terdiri dari warna putih, baby blue, turkish muda, rose muda, abu muda, kuning muda, krem, ungu muda dan tosca muda.

2. Kain Kaos Hyget Warna Sedang

Kain kaos hyget warna sedang terdiri dari kuning kenari, kuning kenari tua, kuning mas, kuning kunyit, hijau pupus dan coklat khaki.

3. Kain Kaos Hyget Warna Tua

Kain kaos hyget warna tua terdiri dari biru sedang, merah bata, abu sedang, orange, abu tua, hijau super, turkis tua, salem, toska tua, fuji, turkis sedang, magenta, ungtu tua, merah cabe, TNI, coklat kopi, dongker, benhur dan hitam.

Merawat Pakaian Berbahan Hyget

Punya sejumlah koleksi kaos, gamis dan jilbab bergo yang dibuat dari bahan hyget?. Supaya pakaian kesayangan anda tidak mudah rusak dan tetap nyaman saat dikenakan ada baiknya jika sahabat Fitinline menyimak terlebih dahulu pembahasan mengenai tips merawat pakaian dari bahan hyget supaya tetap awet.

Untuk merawat kaos, gamis dan jilbab bergo yang dibuat dari bahan hyget, sahabat Fitinline bisa mencucinya dengan cara yang cukup mudah.

  1. Mula-mula pisahkan kaos, gamis dan hijab bergo dari jenis pakaian lain yang berat dan tebal seperti halnya jaket dan celana jeans. Pisahkan pula pakaian berbahan hyget dengan bahan pakaian lain yang berpotensi luntur.
  2. Rendam kaos, gamis dan jilbab bergo dengan menggunakan detergen kemudian kucek secara perlahan supaya noda-noda yang menempel pada pakaian terlepas. Supaya aman pilihlah detergen yang tidak mengandung pemutih pakaian.
  3. Bilas pakaian berbahan hyget hingga benar-benar bersih dan tidak ada sisa busa detergen yang tersisa. Jangan terlalu kuat memeras kaos, gamis dan jilbab bergo terutama pada bagian pet atau busanya.
  4. Jemur kaos berbahan hyget, gamis dan jilbab dalam keadaan dibalik hingga benar-benar kering.
  5. Setelah dirasa cukup kering simpan kaos, gamis dan jilbab bergo tersebut ditempat yang kering dan terhindar dari debu maupun kotoran.
  6. Pakaian yang dibuat dari bahan hyget umumnya akan rapi dengan sendirinya setelah dicuci, jadi sahabat Fitinline tidak perlu menyetrikanya.
  7. Namun jika anda ingin menyetrikanya sebaiknya atur panas setrika pada temperatur sedang kemudian gunakan untuk menyetrika seluruh bagian kaos, gamis dan jilbab bergo (selain bagian busa). 

Demikian pembahasan singkat mengenai pengenalan karakteristik bahan hyget, jenis-jenis bahan hyget, pemanfaatan bahan hyget serta cara mudah untuk merawatnya yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bermanfaat sahabat Fitinline.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.