Article

Homepage Article Cara Menjahit Memulai dan Mengakhiri Sulaman…

Memulai dan Mengakhiri Sulaman Dengan Tusuk Balik

Teknik sulaman merupakan salah satu teknik menghias kain menggunakan jarum jahit, benang, maupun pita dengan tujuan untuk memperindah tampilan kain polos maupun kain bercorak. Dalam membuat sulaman pada kain sendiri setidaknya terdapat dua hal yang harus diperhatikan yaitu pada saat memulai dan mengakhiri sulaman. 

Tusuk Balik Sulam

Sumber : http://indahnyakep.hol.es/

Salah satu jenis tusuk dasar menjahit yang paling sering dan paling banyak digunakan untuk memulai dan mengakhiri sulaman, terutama untuk sulaman yang cenderung rapat yaitu berupa tusuk balik yang lebih dikenal dengan sebutan back stitch.

Tusuk Balik Sulam

Sumber : http://sublimestitching.com/

Memulai sulaman

Sebelum memulai sulaman, buatlah dua tusukan back stitch berukuran kecil pada area yang nantinya akan tertutup dengan sulaman, kemudian selipkan benang diantara tusukan tersebut. Back stitch atau tusuk balik sendiri merupakan sebuah tusuk dasar menjahit yang memiliki bentuk seperti jahitan mesin pada bagian atasnya. Sementara bagian bawahnya terlihat seperti jahitan yang dibuat rangkap.

Tusuk Balik Sulam

Sumber : http://yesterdaysthimble.com/

Teknik menjahit yang digunakan pada tusuk balik ini adalah dengan membuat tusukan langkah maju sebelum nantinya akan dibuat tusukan mundur dengan jarak yang sama. Dalam perkembangannya, tusuk balik ini sangat berguna untuk menggantikan teknik tusuk jarum pada mesin jahit.

Tusuk Balik Sulam

Sumber : http://chickensoupdesigns.blogspot.co.id/

Mengakhiri sulaman

Setelah selesai membuat sulaman, anda bisa mengunci jahitannya supaya tidak mudah lepas atau terurai dengan cara menusukkan jarum dari bagian baik kebagian buruk kain lalu dibalutkan kebagian sulaman yang ada pada bagian buruk. Rapikan sisa-sisa benang sulaman yang berada pada bagian belakang kain dengan menggunakan gunting.

Bagian Jarum Jahit

Sumber : http://www.ftimdc.com/

Penting untuk diketahui, sulaman yang nantinya akan sering dicuci umumnya membutuhkan perawatan yang ekstra hati-hati untuk mencegah kerusakan pada benang-benang penyusunnya. Oleh sebab itu pastikan benang yang akan anda gunakan untuk menyulam memiliki kualitas yang bagus baik dari segi warna maupun kekuatannya. 

Tusuk Balik Sulam

Sumber : http://cheq-sue.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.