Article

Homepage Article Cara Menjahit 3 Prinsip Dasar Membuat…

3 Prinsip Dasar Membuat Kerajinan Berbasis Teknik Patchwork

Seperti kita ketahui patchwork merupakan salah satu kerajinan yang dibuat dengan cara menggabungkan sejumlah potongan bahan kain perca dengan motif atau warna yang berbeda-beda menjadi suatu bentuk baru. Baik itu berupa selimut, hiasan dinding (wall hanging), lukisan, tas, maupun boneka.

Patchwork

Sumber : http://deavita.com/

Dalam proses pembuatan produk kerajinan berbasis teknik patchwork sendiri dikenal banyak sekali alat dan bahan yang dibutuhkan. Salah satu jenis bahan kain yang cocok dipergunakan dalam pembuatan produk kriya tekstil dengan teknik patcwork yaitu berupa kain katun yang mudah dibentuk. Bahan tambahan lain yang dipergunakan berupa kain pelapis (viseline).

Patchwork

Sumber : http://www.aliexpress.com/

Sementara alat yang dipergunakan untuk membuat berbagai produk kerajinan dari teknik patchwork diantaranya berupa pensil, penggaris, kertas roti atau kertas lainnya untuk membuat pola desain motif hias, gunting kertas, gunting kain, rotarry cutter, seterika listrik dan mesin jahit.

Patchwork

Sumber : http://quilting.about.com/

Untuk menghasilkan produk yang berkualitas, baik dari segi bahan maupun desain ada baiknya jika sahabat Fitinline menyimak terlebih dahulu pembahasan mengenai beberapa prinsip yang wajib dijadikan bahan pertimbangan dalam membuat produk kerajinan berbahan dasar kain dengan teknik patchwork.

Patchwork

Sumber : https://www.youtube.com/

Mula-mula tentukan terlebih dahulu desain hias yang akan dibuat, apakah benda tersebut akan difungsikan sebagai hiasan atau benda yang memiliki fungsi tertentu. 

Patchwork

Sumber : http://www.interweavestore.com/

Sesuaikan bahan kain dengan desain yang akan anda buat, baik dari segi corak, warna, maupun jenis bahan kain itu sendiri. Untuk memperoleh tampilan yang menarik sahabat Fitinline bisa mengkombinasikan penggunaan kain yang bermotif serta kain polos. Sedangkan untuk warnanya dapat dipilih warna yang memiliki gradasi dari warna tua sampai warna muda.

Patchwork

Sumber : https://www.youtube.com/

Saat memotong bahan kain, sertakan pula bahan pelapis (viseline) kemudian seterika supaya pola yang dibuat memiliki bentuk yang lebih rapi.

Patchwork

Sumber : http://quilting.about.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.