Article

Homepage Article Jahit Menjahit Memilih Slider Yang Sesuai…

Memilih Slider Yang Sesuai Dengan Ukuran Ritsleting

Sahabat Fitinline pasti tahu kan kalau dalam sebuah ritsleting itu terdapat bagian yang namanya slider atau kepala ritsleting. Slider sendiri merupakan alat yang dapat digerakkan ke arah atas dan bawah ritsleting. Fungsi utamanya yaitu untuk menyatukan dan memisahkan gigi metal atau plastik yang terdapat pada ritsleting. 

Kepala Ritsleting

Sumber : http://www.mgbzippers.com/

Bagian utama slider ada tiga yakni berupa body, tab-holder, dan pull-tab. Ketika slider digerakkan maka rangkaian gigi-gigi ini akan menyatu dengan posisi saling mengunci atau interlock. Bagian dari slider yang berfungsi untuk memindahkan slider ke atas atau ke bawah dinamakan pull tab.

Kepala Ritsleting

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Tiap ritsleting umumnya memiliki pasangan kepala yang berbeda satu sama lain tergantung pada besar kecilnya gigi ritsleting, ada yang berukuran #3 ,#5, dan #8 baik untuk yang jenis close end maupun open end. Model repala ritsletingnya pun bervariasi ada yang berbentuk panjang, pendek, bulat dan kotak. 

Kepala Ritsleting

Sumber : http://www.greengrizzly.co.uk/

Untuk ritsleting ukuran #3 yang memiliki gigi 3 mm maka slider atau kepala ritsleting yang digunakan semestinya juga harus memiliki ukuran yang sama. Kepala resleting no 3 ini biasanya dipakai untuk dompet, pakaian dan lain-lain sesuai kebutuhan dan kreatifitas penggunanya.

Kepala Ritsleting

Sumber : http://www.haberdasher.com.au/

Untuk jenis ritsleting dengan ukuran #5 dan #8 maka slidernya juga harus menyesuaikan. Kepala ritsleting dengan nomor 5 dan 8 biasanya lebih banyak dipakai untuk tas, jaket dan sebagainya. Model dan warnanya pun kebanyakan lebih bervariasi mengikuti trend atau mode yang berkembang. 

Kepala Ritsleting

Sumber : https://www.aliexpress.com/

Khusus untuk ritsleting pada jaket model yang digunakan biasanya merupakan ritsleting open-end atau ritsleting yang bagian ujungnya dapat dibuka. Ritsleting jaket ini beberapa ada yang memiliki gigi berbahan metal dengan slider atau kepala ritsleting bolak-balik.

Kepala Ritsleting

Sumber : https://www.shelbyoutdoor.com/

Di tangan orang yang kreatif resleting biasanya tidak hanya digunakan untuk penutup dan pembuka belahan tapi bisa juga dijadikan bahan baku produk tas, dompet, kotak pensil, bros dan kotak kosmetik. Jenis ritsleting yang dipilih pun kebanyakan berupa ritsleting yang dijual dalam satuan meteran. 

Kepala Ritsleting

Sumber : https://www.flickr.com/

Dari segi warna dan tampilan, ritsleting meteran ini kebanyakan memang cenderung lebih bervariasi jika dibandingkan dengan ritsleting siap pakai. Tapi karena kepala ritsletingnya tidak dijual bersama dengan ritsleting jadi pihak pembuat tas diharuskan untuk membeli dan memasang kepala resleting sendiri. 

Kepala Ritsleting

Sumber : https://www.haberdasher.com.au/

Dikalangan industri yang memproduksi jaket, rompi, tas, dan koper terkadang ada juga yang mendesain tarikan kepala risletingnya secara costum yakni dengan menggunakan bahan khusus berupa karet yang memiliki karakteristik aman, lentur dan kuat.

Kepala Ritsleting

Sumber : https://www.wetopcraft.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.