Article

Homepage Article Jahit Menjahit 7 Fakta Tentang Ritsleting…

7 Fakta Tentang Ritsleting Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Sejak pertama kali ditemukan hingga saat ini, ritsleting memang menjadi salah satu benda yang cukup berharga bagi kehidupan manusia. Dimana fungsi dari ritsleting ini bukan hanya terbatas untuk menutup belahan saja tetapi juga dapat dijadikan sebagai detail dan aksen busana. 

Fakta Seputar Ritsleting

Sumber : http://www.madeeveryday.com/

Mengingat fungsinya yang cukup penting, jadi tidak berlebihan jika ritsleting tersebut kemudian dianggap sebagai maha karya yang cukup fenomenal bagi peradaban umat manusia.

Fakta Seputar Ritsleting

Sumber : https://mezzocouture.com/

Meski sudah sering menjumpai atau bahkan setiap hari bersentuhan langsung dengan yang namanya ritsleting namun tahukah anda jika ritsleting itu sendiri sebenarnya menyimpan sejumlah fakta tersembunyi. Berikut pembahasan selengkapnya.

Fakta Seputar Ritsleting

Sumber : http://www.shzipper.com.hk/

  • Hak paten ritsleting atau zipper tercatat atas nama Gideon Sundback pada tahun 1913. Sebelumnya memang sudah ada beberapa inventor yang membuat prototype resleting namun banyak yang tidak berfungsi dengan baik.
  • Intensitas penggunaan ritsleting mampu mengalahkan kancing tepatnya pada tahun 1937 setelah para desainer Perancis beralih menggunakan ritsleting untuk celana pria.
  • Sebanyak 45% ritsleting yang ada di dunia konon diproduksi oleh YKK, perusahaan asal Jepang yang memiliki 132 kantor di 60 negara. YKK sendiri merupakan singkatan dari Yoshida Kōgyō Kabushiki gaisha yang artinya kurang lebih “Yoshida Manufacturing Corporation.”
  • Ritsleting buatan YKK pernah digunakan pada baju astronot yang dikenakan oleh Neil Armstrong, manusia pertama yang berhasil menginjakkan kaki di bulan tahun 1969.
  • Diperkirakan setiap tahunnya YKK mampu memproduksi ritsleting yang jika disambungkan panjangnya mencapai 1,2 juta mil. Jumlah ini lebih dari cukup untuk mengelilingi bumi sebanyak 50 kali.
  • Menutup ritsleting plastik lebih mudah dari pada menutup ritsleting logam, di sisi lain ritsleting plastik juga tidak memerlukan perawatan sebanyak ritsleting logam.
  • Ritsleting logam lebih mudah rusak dibandingkan ritsleting plastik, sebab hampir semua pengencang pada ritsleting yang terbuat dari aluminium sangat rentan terhadap korosi (karat) yang diakibatkan debu maupun kotoran.

Fakta Seputar Ritsleting

Sumber : http://makezine.com/

Selain ke tujuh fakta yang telah disebutkan di atas apa lagi ya?. Jika sahabat Fitinline tertarik untuk mengetahui lebih banyak lagi tentang ritsleting anda bisa mempelajarinya melalui ebook menjahit kami Di Sini

E-Book Ritsleting

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.