Article

Homepage Article Advertorial konveksi-surabaya.com: Konveksi…

konveksi-surabaya.com: Konveksi Kaos dan Jaket Terpercaya di Surabaya

Konveksi pakaian adalah sebuah bisnis / bidang usaha yang boleh dibilang selalu dibutuhkan mengingat pakaian itu sendiri merupakan salah satu kebutuhan pokok manusia selain papan dan pangan. Hasil produksi konveksi pakaian pun beragam, ada yang fokus memproduksi pakain untuk kebutuhan / keperluan sehari-hari tapi ada pula yang hanya memproduksi produk untuk lingkup-lingkup tertentu seperti  kaos seragam olahraga sekolah, seragam karyawan, seragam komunitas, kaos promosi, kaos event dan lain sebagainya.

Seragam kaos olahraga sekolah misalnya, termasuk  produk yang tak pernah ada hentinya karena setiap sekolah pasti butuh seragam untuk siswa-siswanya. Setiap tahun pasti ganti, iya kan? Sama halnya dengan seragam karyawan, kaos untuk acara event-event perusahaan atau untuk kebutuhan promosi, komunitas-komunitas, kelas, kampus yang biasanya butuh kaos maupun jaket.

konveksi-surabaya.com

Saat ini penggunaan teknologi internet juga sudah berkembang pesat. Banyak usaha bisnis yang maju berkat memanfaatkan kemajuan dibidang internet. Mengingat produk konveksi yang selalu dibutuhkan dan teknologi internet yang semakin berkembang pesat munculah konveksi-surabaya.com sebuah usaha konveksi online yang digagas oleh seorang pengusaha muda lulusan Fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Airlangga Surabaya.

Karena usahanya berbasis online maka sudah otomatis jangkuan pemasaran lebih luas sehingga memungkinkan orang-orang diberbagai wilayah bisa dengan mudah mengakses dan melakukan order. Proses ordernya pun terbilang mudah karena pemesan tinggal mengirimkan desain atau kreteria kaos maupun jaket yang diinginkan via email, WA, BBM. Setelah ada desain atau detail pemesanan kaos maupun jaket (missal : jenis bahan, bordir/sablon, jumlah order)  maka harga fix pun bisa ditentukan, jika setuju pemesan tinggal membayar DP (Down Payment) setelah itu produksi akan dilakukan dan jika sudah selesai tinggal melakukan pelunasan, lalu barang pesanan akan dikirim kealamat yang diinginkan.

Bisnis konveksi online memang peluangnya besar tapi tingkat persaingannya pun tinggi. Konveksi-surabaya.com yang dirintis sejak tahun 2009 ini selalu berusaha agar tetep bisa eksis dalam persaingan bisnis konveksi yang sangat sengit. Tenaga kerja yang dikerahkan pun sangat ahli dibidangnya yang tentunya sudah terampil serta berpengalaman sehingga hasil produksinya pun memuaskan. Setiap hari harus berpacu dengan waktu demi menyelesaikan order klien satu ke order-order klien yang berikutnya sesuai deadline yang telah ditetapkan. Meski proses produksi dikerjakan dengan cepat demi ketepatan waktu namun semuanya melalui tahap-tahap yang sangat terkontrol, berikut misalnya adalah tahapan-tahapan pembuatan kaos di konveksi-surabaya.com.


konveksi-surabaya.com

Tahap pemilihan bahan

Ada berbagai jenis bahan kaos, salah satunya bahan katun combed terbuat murni 100% dari serat kapas alami. Bahan kain katun combed berkarakteristik memiliki tekstur yang halus, dingin, nyaman, dan menyerap keringat, sehingga sangat nyaman dan cocok dipakai di Negara tropis seperti Indonesia. Macamnya ada combed 20s, 24s, 30s. Selain itu juga ada katun cardet (20s, 30s). Untuk jenis jaket (jaket, jumper, cardigan, ataupun hoodie) biasanya digunakan bahan fleece. Namun demikian pemilihan bahan kaos tentu saja disesuaikan dengan kebutuhan atau berdasarkan pihak pemesan. 

Tahap pembuatan desain

Karena konveksi-surabaya.com berbasis online yang melayani preorder maka untuk desain pun sesuai kebutuhan pemesan. Banyak yang tak begitu rumit soal urusan desain misalnya karena memesan kaos oblong pada umumnya tapi ada juga yang menghendaki desain tertentu agar lebih fashionable seperti untuk keperluan seragam karyawan, kostum event, kaos souvenir dan lain sebagainya. Soal desain ini harus ada komunikasi yang serius dengan pemesan agar hasil akhirnya sesuai dengan yang diinginkan.

Pemilihan ukuran

Standar pola kaos terdapat ukuran S, M, L, dan XL namun ketika ada order dalam jumlah besar biasanya menggunakan ukuran all size untuk produksi massal. Tapi pada dasarnya pemilihan dan penetapan ukuran tetep dilakukan dan disesuaikan sesuai dengan permintaan konsumen.

Tahap pemotongan kain

Proses pemotongan kain disebut juga cutting. Proses potong kain kaos dilakukan dengan mesin cutting (mesin potong kain). Karena dilakukan dengan mesin maka lapisan kain yang akan dipotong bisa sampai ditumpuk berkalilipat sehinggga selesai lebih cepat dan hasilnya sangat rapi.

Tahap penyablonan

Setelah kain dipotong dan menjadi pola, tahap selanjutnya adalah proses penyablonan. Tenaga bagian sablon pun adalah orang-orang yang sangat terampil dan teliti demi hasil sablonan yang maksimal dan memuaskan.

Tahap penjahitan

Setelah potongan pola kain kaos selesai disablon, tahap selanjutnya adalah penjahitan. Tahap penjahitan tentu saja dilakukan oleh bagian tim penjahit yang sudah terampil dan berpengalaman dibidangnya. Penjahitan kaos dilakukan dengan menggunakan beberapa mesin, antara lain mesin jahit, mesin obras, mesin overdeck, tergantung dari bagian kaos yang akan dijahit dan jenis jahitan yang diingankan.

konveksi-surabaya.com

Tahap finishing

Ketika tahap penjahitan kaos sudah selesai dilakukan, tahapan berikutnya adalah finishing. Pada tahap ini dilakukan pengecekan hasil produksi jahitan kaos, seperti membersihkan kaos,  memotong dan merapikan benang, serta pengecekan kualitas akhir atau quality control.

T-Shirt packaging (pengemasan kaos)

Proses akhir dari produksi konveksi kaos adalah tahap pengemasan agar hasil produksi nampak rapi dan bersih. Tahap ini bisa dilakukan dengan berbagai macam jenis kemasan namun kemasan plastik bening adalah jenis kemasan yang paling banyak digunakan karena alasan kepraktisan dan ekonomis.

konveksi-surabaya.com

Itulah sekilas tentang proses produksi kaos di konveksi-surabaya.com proses tahap demi tahap berawal dari pemilihan bahan hingga proses akhir pengemasan dimana semua tahapan dilakukan secara terkontrol demi hasil yang memuaskan. Untuk tahapan proses produksi kaos di konveksi-surabaya.com bisa juga dilihat dalam video singkat berikut ini:


Hasil produksi yang memuaskan bukanlah satu-satunya hal untuk bisa terus bersaing, mengingat konveksi online persaingannya sangat tinggi maka harus berjuang pula bagimana agar posisi websitenya bagus dimata mesin pencarian (SERP). Semakin bagus posisi dimata mesin pencari maka akan semakin besar pula peluang mendapatkan order maupun pesanan. Hal lain yang juga sangat diperhatikan adalah soal harga, meski mengkedepankan kualitas hasil produksi namun tak kalah pentingnya konveksi-surabaya.com selalu berusaha memberikan harga yang relatif murah. Itu karena konsumen pada umumnya memang menghendaki hasil bagus dengan harga yang se-ekonomis mungkin. Pada intinya konveksi-surabaya.com fokus pada hasil produksi, harga yang bersahabat dan pelayanan karena kepuasan pelanggan adalah hal yang utama.

Comments 5

Leave a Comment
1

choirul

8 years ago
wah.. video dan artikelnya sangat menarik, dan ini menjadi ispirasi buat saya.
2

ansori

8 years ago
artikelnya sangat menarik dan setelah saya lihat videonya pengerjaannya sangat rapi dan harganya sangat murah. sepertinya bisa buat produksi kaos saya :)
3

ryansundoro

8 years ago
wow pengerjaan produksinya rapi dan harganya murah. mau dong produksi kaos nya jQuery17209717467667069286_1457764814964
4

ahmad.farid

8 years ago
Wah video tentang artikelnya cukup menarik sekali. bisa di coba tuh buat order kaos saya :)
5

Andri Marketer

8 years ago
Recommended nih untuk kebutuhan produksi kaos di: http://www.konveksi-surabaya.com/ , perlu di coba ,semoga next time bisa order kesana :)

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.