Article

Homepage Article Jahit Menjahit Memasang Tali dan Membalik…

Memasang Tali dan Membalik Jahitan Dengan Loop Turner

Seperti kita ketahui, dalam proses pembuatan pakaian dikenal banyak sekali peralatan yang dibutuhkan oleh para penjahit untuk menunjang kelancaran proses produksi pakaian. Mulai dari jarum pentul yang biasa dimanfaatkan untuk menahan bahan kain agar tidak bergeser, kapur jahit, rader, karbon jahit, gunting, hingga loop turner.

Loop Turner

Sumber : http://www.amazon.co.uk/

Loop turner sendiri dapat didefinisikan sebagai sebuah alat yang dapat difungsikan untuk memasukkan tali kedalam jahitan baju yang sempit, membuat tali spaghetti, serta membalik jahitan kain dengan mudah dan cepat.

Loop Turner

Sumber : http://caitlincronenberg.blogspot.co.id/

Loot turner ini memiliki bagian-bagian yang terdiri dari:

  1. Batang besi.
  2. Lubang penarik.
  3. Penyangkut.
  4. Penekan penyangkut.

Loop Turner

Sumber : https://www.rileyblakedesigns.com/

Untuk mengetahui cara kerja dari alat ini sahabat Fitinline bisa mencobanya untuk memasukkan tali pada bagian pinggang celana. Pertama-tama masukkan loop turner kedalam lubang jahitan yang telah dipersiapkan untuk menempatkan tali.

Loop Turner

Sumber : https://alyrhea.wordpress.com/

Masuk loop torner dari salah satu ujung jahitan kemudian sangkutkan tali pada cangkuk penyangkut. Tekan bagian penutupnya kemudian tarik secara perlahan-lahan sampai tali tersebut keluar dari ujung jahitan lainnya.

Loop Turner

Sumber : https://alyrhea.wordpress.com/

Cara yang sama juga dapat dilakukan untuk menarik masuk karet pada bagian pinggang rok atau model baju lainnya yang menggunakan karet elastis.

Loop Turner

Sumber : https://alyrhea.wordpress.com/

Selain berguna untuk memasang tali, loop turner juga sangat membantu para penjahit untuk  membuat jahitan yang memiliki bentuk seperti tabung berukuran kecil. Setelah kain selesai dijahit, masukkan loop turner ke dalam salah satu lubang jahitan ke ujung lubang lainnya. 

Loop Turner

Sumber : http://sewoverit.co.uk/

Sangkutkan sedikit bagian kain pada penyangkut loop turner kemudian tutup dengan penekan penyangkut. 

Loop Turner

Sumber : http://sewoverit.co.uk/

Tarik perlahan-lahan lubang penarik sambil memegang batang besi sampai semua bagian kain habis terbalik dan siap digunakan.

Loop Turner

Sumber : http://sewoverit.co.uk/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.