Article

Homepage Article Jahit Menjahit Memasang Kancing Lubang…

Memasang Kancing Lubang Dua

Memasang kancing pada busana merupakan salah satu kegiatan yang dapat dikerjakan pada proses penyelesaian akhir sebuah produk pakaian. Kancing tersebut dapat dipilih dan dipasang menggunakan benang yang sama atau senada dengan warna busana.

Memasang Kancing

Sumber : http://picclick.co.uk/

Bergantung pada Jenis Kancing yang digunakan teknik pemasangan kancing sendiri pada dasarnya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara. Pertama secara manual dengan menggunakan tangan dan yang kedua dengan menggunakan Sepatu Memasang Kancing (Button Sewing Foot) yang biasa disertakan pada mesin jahit. 

Memasang Kancing

Sumber : http://diary.trafficmanager.net/

Menemukan sedikit kesulitan saat anda hendak memasang kancing pada pakaian?. Sahabat Fitinline bisa menyimak pembahasan mengenai cara memasang kancing secara manual sebagai berikut. Jenis kancing yang akan kita gunakan pada percobaan kali ini yaitu berupa kancing pipih yang memiliki dua lubang pada bagian tengahnya. 

Memasang Kancing

Sumber : http://id.aliexpress.com/

Tentukan terlebih dahulu bagian kain yang ingin anda beri tambahan kancing supaya nantinya posisi lubang kancing berada tepat pada bagian yang anda inginkan. Tandai bagian tersebut dengan menggunakan jarum pentul.

Kancing Dua Lubang

Masukkan benang yang telah disiapkan sebelumnya ke dalam lubang yang terdapat pada jarum jahit tangan. Tarik ujung benang tersebut melewati lubang jarum jahit hingga menyisakan dua ujung benang yang memiliki ukuran panjang berbeda. 

Kancing Dua Lubang

Ikat simpul salah satu bagian ujung benang yang memiliki ukuran sedikit lebih panjang dari ujung benang lainnya.

Lilitkan benang pada batang jarum sebanyak dua kali kemudian tekan lilitan benang tersebut dengan menggunakan telunjuk dan ibu jari.

Kancing Dua Lubang

Tarik jarum jahit secara perlahan sambil terus ditekan hingga membentuk ikatan seperti gambar berikut.

Kancing Dua Lubang

Kancing Dua Lubang

Jahit kancing dengan cara membuat tusukan jarum terlebih dahulu dari bagian buruk bahan kain tepat pada bagian yang telah ditandai sebelumnya. 

Kancing Dua Lubang

Kunci jahitan tersebut melalui bagian baik bahan kain dengan menggunakan backstitch kemudian lepaskan jarum pentul yang digunakan sebagai penanda letak kancing.  

Kancing Dua Lubang

Kancing Dua Lubang

Tusukkan jarum jahit melalui kedua lubang kancing kemudian arahkan jarum jahit tersebut kearah bawah sampai menembus ke dalam kain. Tusukkan kembali jarum jahit kearah bagian baik bahan kain. 

Kancing Dua Lubang

Ulangi langkah diatas hingga membentuk beberapa lilitan benang. 

Kancing Dua Lubang

Setelah dirasa cukup kuat selanjutnya kunci jahitan akhir benang tersebut supaya tidak terlepas dengan cara melilitkan sisa benang yang digunakan untuk menjahit pada bagian bawah kancing sebanyak tiga atau empat kali. 

Kancing Dua Lubang

Selanjutnya arahkan jarum jahit hingga menembus bagian buruk bahan kain kemudian rapikan. Hasilnya akan diperoleh tampilan sebagai berikut.  

Kancing Dua Lubang

Kancing Dua Lubang

Lebih jelasnya sahabat Fitinline bisa menyimak video tutorial berikut ini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.