Article

Homepage Article Kain Tekstil Raw Denim (Dry Denim)

Raw Denim (Dry Denim)

Raw denim, dry denim, maupun kain jeans kering merupakan istilah yang biasa digunakan untuk menyebutkan bahan denim yang belum mendapatkan post-treatment atau pengerjaan akhir. Dimana selama masa produksi berlangsung kain denim tersebut sama sekali tidak melalui proses pencucian. Bahan raw denim biasanya langsung dijual begitu selesai dibuat. 

Raw Denim

Sumber : http://www.hydeparkdenim.com/

Hal utama yang membedakan bahan raw denim dengan jenis denim lainnya adalah bahan raw denim cenderung keras, kaku  dan  masih akan mengalami penyusutan. Karena itulah sahabat Fitinline harus membiasakan diri untuk menggunakan produk raw denim selama beberapa kali agar kainnya menjadi lebih lentur dan lebih nyaman digunakan.

Raw Denim

Sumber : http://coolmaterial.com/

Selain itu raw denim akan luntur dalam beberapa kali pencucian pertama. Meski pada akhirnya warna dari raw denim tersebut juga akan memudar seiring waktu (setelah dipakai selama beberapa bulan) sesuai dengan bentuk tubuh dan aktivitas si pemakai.

Raw Denim

Sumber : http://board.trekkingthai.com/

Khusus untuk celana jeans yang dibuat dari bahan raw denim, biasanya pelunturan terjadi di bagian pergelangan kaki, area di belakang lutut, dan di bagian paha atas. Dengan begitu tampilan raw denim yang dimiliki oleh seseorang akan terlihat unik, natural, dan tidak ada duanya. 

Raw Denim

Sumber : http://whitewaydelivers.socialtuna.com/

Kain raw denim yang biasa digunakan untuk membuat produk sandang sebenarnya dapat dikelompokkan menjadi dua tipe.

Sanforized Denim

Bahan denim yang telah melalui proses sanforisation, sehingga ketika jeans dicuci tidak terjadi penyusutan yang signifikan (kurang dari 1%).

Unsanforized Denim

Bahan denim yang belum melalui proses sanforisation, sehingga ketika jeans dicuci akan terjadi penyusutan yang signifikan.

Raw Denim

Sumber : http://thejeansblog.com/

Untuk menjaga dan mempertahankan kualitas warna raw denim, disarankan untuk mencuci produk raw denim dengan menggunakan air dingin dan deterjen yang memang khusus untuk warna-warna gelap. Gantung dan biarkan denim mengering dengan sendirinya.

Raw Denim

Sumber : https://www.zalando.co.uk/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.