Article

Homepage Article Kain Mau Bikin Baju Yang Retro…

Mau Bikin Baju Yang Retro Tapi Kekinian? Coba Pakai Katun Rami!

Bahan katun rami dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang tidak hanya menarik dari segi tampilan tapi juga dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Buat anda yang mau tahu lebih banyak tentang karakteristik, pemanfaatan dan cara perawatan bahan katun rami, langsung simak pembahasan berikut yuk.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Bahan Katun Rami

Bahan katun rami merupakan salah satu jenis kain dari keluarga katun yang dibuat dengan jalinan serat menyerupai serat rami sehingga memberikan efek yang natural. Bahan katun rami umumnya juga sangat mudah dikenali karena jenis kain ini memiliki tekstur benang yang benar-benar terlihat jelas bahkan hanya dalam sekali pandang.

Bahan Katun Rami

Sumber : https://fitinline.com/

Karakteristik Bahan Katun Rami

Sebagai salah satu jenis bahan kain yang berkualitas tinggi, bahan katun rami pada prinsipnya juga memiliki sejumlah ciri khas yang membedakannya dengan bahan pakaian yang lain. Beberapa karakteristik paling khas yang juga menjadi kelebihan bahan katun rami diantaranya:

1. Serat Kainnya Terlihat Jelas

Bahan katun rami mempunyai susunan serat yang terlihat jelas jadi sangat mudah dibedakan dengan variasi bahan katun yang lainnya.

2. Kuat dan Tahan Lama

Bahan katun rami termasuk ke dalam jenis kain yang kuat dan hasil tenunannya sangat berkilau. Selain kuat bahan katun rami umumnya juga lebih tahan terhadap jamur dan bakteri.

3. Banyak Pilihan Warnanya

Bahan katun rami dapat dijumpai dalam banyak pilihan warna. Warna yang dimiliki bahan katun rami inipun dikenal tidak mudah pudar saat dijemur.

4. Bahannya Adem

Bahan katun rami sangat adem dikulit dan aman digunakan oleh orang-orang yang memiliki kulit sensitif sekalipun.

5. Tidak Menerawang

Bahan katun rami cenderung tidak menerawang jadi sangat cocok digunakan sebagai bahan pembuatan berbagai jenis pakaian. Penggunaan furing untuk bahan inipun sifanya tidak wajib (bisa pakai bisa juga tidak).

6. Lebih Cepat Kering

Bahan katun rami cenderung mudah kering saat di cuci bahkan hanya dengan diangin-anginkan saja lantaran mempunyai daya serap yang cukup baik.

Meski menawarkan banyak kelebihan, bahan katun rami sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan lantaran mudah menyusut jika terkena suhu panas yang tinggi dan tidak tahan dengan kondisi lingkungan yang lembab. Jadi untuk mempertahankan kualitas kainnya pastikan anda merawat bahan katun rami dengan baik dan benar.

Butuh bahan katun rami berkualitas dengan harga murah?. Khusus untuk anda yang ingin membeli bahan katun rami secara online anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Cotton Rami (IDF) kami.

Pemanfaatan Bahan Katun Rami

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri sandang, kain katun rami pada prinsipnya dapat dimanfaatkan untuk membuat berbagai jenis produk pakaian mulai dari kemeja pria, baju blus wanita, dress, gamis dan berbagai jenis pakaian lainnya.

1. Kemeja Pria

Kemeja pria termasuk ke dalam salah satu jenis item fashion yang banyak di buat dari bahan katun rami. Beberapa contoh model kemeja pria yang dapat dibuat dari bahan katun antara lain berupa:

  • Kemeja pria model slim fit yang memiliki potongan pas badan atau bentuk tubuh pemakainya.
  • Kemeja pria regular yang memiliki potongan relatif longgar dan tidak pas badan.

Bahan Katun Rami

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Tertarik untuk membuat kemeja pria sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola kemeja pria siap pakai dari kami.

2. Baju Blus Wanita

Baju blus wanita bermodel longgar yang diciptakan dalam berbagai rancangan desain belakangan banyak yang dibuat dari kain katun rami. Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita, baju blus wanita sendiri dapat dibuat dalam bentuk lengan panjang, lengan pendek bahkan tanpa lengan sama sekali.

Bahan Katun Rami

Sumber : https://id.aliexpress.com/

Tertarik untuk membuat kemeja pria sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload Pola Blus Wanita Dewasa Ukuran SNI siap pakai dari kami.

3. Dress

Dress dengan model terusan lurus yang dibuat dari bahan katun rami menjadi salah satu outfit wajib yang harus dimiliki wanita. Kelebihan dress berbanding dengan pakaian wanita yang lain adalah desainnya terbilang sangat simple dan praktis saat digunakan.

Bahan Katun Rami

Sumber : https://www.lazada.co.id/

4. Gamis

Sebagai pelengkap gaya berhijab bahan katun rami bisa juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan gamis polos. Beberapa contoh model gamis polos yang dapat dibuat dari kain katun rami antara lain berupa:

  • Gamis polos model ruffle yang dihias dengan aksen ruffle.
  • Gamis polos lengan lonceng yang memiliki lengan berbentuk mengembang.
  • Gamis polos busui yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depan.
  • Gamis polos full kancing yang didesain seperti layaknya blus tapi lebih panjang.

Bahan Katun Rami

Sumber : https://www.lazada.co.id/

Tertarik untuk membuat gamis sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Sebagai referensi anda bisa mendownload pola gamis dari kami.

Merawat Pakaian Katun Rami

Punya sejumlah koleksi pakaian yang dibuat dari bahan katun rami?. Untuk memastikan agar pakaian yang anda miliki tetap awet dan dapat digunakan sebagaimana mestinya usahakan untuk selalu merawat pakaian tersebut dengan cara yang baik dan benar.

Beberapa langkah sederhana yang bisa anda lakukan untuk merawat produk pakaian yang dibuat dari bahan katun rami diantaranya:

  • Pertama-tama pisahkan pakaian berbahan katun rami dengan jenis pakaian lain yang berbahan berat seperti bahan denim.
  • Utamakan untuk mencuci pakaian berbahan katun rami dengan menggunakan tangan agar serat kainnya tetap terjaga dengan baik.
  • Gunakan deterjen yang lembut dan bebas dari bahan pemutih yang mengandung klorin untuk mencuci pakaian berbahan katun rami.
  • Pastikan pakaian dibilas hingga bersih untuk menghindari sisa sabun yang meninggalkan selulosa sehingga menyebabkan oksidasi dan bekas coklat besar pada bahan katun rami.
  • Keringkan pakaian berbahan katun rami dengan cara diangin-anginkan di tempat yang teduh karena suhu panas yang tinggi dapat mengakibatkan pakaian menyusut.
  • Untuk merapikan kerutan pada pakaian yang kusut anda bisa menyetrikanya dalam kondisi setengah basah. Setrikalah seperti pada umumnya pada bagian dalam baju yang berwarna.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai karakteristik bahan katun rami, pemanfaatan bahan katun rami dan cara perawatannya yang dapat kami bagikan untuk anda. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan bahan katun rami yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.