Article

Homepage Article Fashion Muslim 3 Jenis Busana Muslim Terpopuler…

3 Jenis Busana Muslim Terpopuler Dari Bahan Katun Dobby

Bahan katun dobby dikenal sebagai salah satu jenis bahan kain yang memiliki karakteristik cukup unik dan dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan. Tidak hanya terbatas untuk membuat kemeja saja, tapi bahan katun dobby umumnya juga bisa diandalkan untuk membuat berbagai busana muslim yang tidak kalah menarik.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Pengertian Bahan Katun Dobby

Bahan katun dobby merupakan sejenis bahan dari keluarga katun yang mempunyai karakteristik dingin ketika dikenakan,  mudah menyerap keringat dan umumnya memiliki motif serat yang terlihat jelas (kotak, garis, abstrak). Bahkan pada katun dobby yang paling halus sekalipun, akan terasa serat-seratnya yang menonjol.

Bahan Katun Doby

Sumber : https://fitinline.com/

Sebagai bahan dasar pembuatan pakaian yang berkualitas, bahan katun dobby sendiri biasanya banyak dibuat dari campuran katun dan polyester. Selain itu ada juga yang berbahan benang katun misris bakar bulu (katun yang melalui proses bakar bulu).

Karakteristik Bahan Katun Dobby

Berbicara mengenai bahan katun dobby, kain ini secara umum juga memiliki karakteristik khusus yang menjadikannya tampak begitu istimewa. Beberapa karakterstik paling khas yang juga menjadi kelebihan bahan katun dobby diantaranya:

  • Bahan katun dobby memiliki tampilan serat yang menarik dan terlihat menonjol.
  • Bahan katun dobby mempunyai karakteristik dingin dan mudah menyerap keringat.
  • Bahan katun dobby sifat kainnya cenderung tidak kaku.
  • Bahan katun dobby memiliki tekstur kain yang halus dan lembut.
  • Bahan katun dobby cukup kuat dan memiliki daya tahan yang tinggi.
  • Bahan katun dobby cocok digunakan untuk membuat berbagai jenis pakaian.

Untuk masalah harga bahan katun dobby dapat dijumpai dalam berbagai variasi harga yang cukup beragam. Kalau anda ingin mendapatkan kain yang berkualitas dan dari segi harga juga terjangkau pastikan untuk memilih toko kain yang benar-benar sudah terpercaya.

Pemanfaatan Bahan Katun Dobby

Terkait dengan pemanfaatannya dalam industri fashion, pada prinsipnya terdapat banyak sekali jenis busana muslim pria dan wanita yang dibuat dari bahan katun dobby. Beberapa contoh produk pakaian yang dimaksud diantaranya berupa baju koko pria, gamis wanita dan gamis pria.

1. Baju Koko Pria

Baju koko merupakan baju dengan kerah tegak di leher yang dilengkapi dengan sejumlah kancing dibawahnya. Bila di masa lalu kebanyakan baju koko hanya dibuat dalam bentuk yang cenderung monoton, kini model baju koko yang berkembang justru tampak lebih modern.

Bahan Katun Doby

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Beberapa model baju koko modren yang dimaksud antara lain berupa:

  • Baju koko pria dengan leher O dan V yang sangat cocok dikenakan untuk pria yang berleher besar lantaran kurang nyaman memakai baju koko berkerah shanghai.
  • Baju koko pria lengan panjang yang sangat cocok digunakan untuk pelengkap gaya penampilan saat beribadah ke masjid atau menghadiri acara keagamaan lainnya.
  • Baju koko pria lengan pendek yang hadir dengan potongan yang lebih trendy untuk pelengkap gaya penampilan sehari-hari.
  • Baju koko panjang yang biasanya lebih sering dipakai untuk acara keagamaan dan beribadah ke Masjid.
    • Khusus untuk baju koko panjang yang berkerah rapat biasa disebut jubbas dan thobes (tawb).
    • Sedangkan model baju koko panjang yang berkerah bulat biasa dinamakan galabiyya.
  • Terakhir ada model baju koko modern 3/4 yang memiliki panjang hingga ke lutut.

Tertarik untuk membuat baju koko sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau pakai cara yang praktis anda bisa mendownload Pola Baju Koko Ala Dude Herlino dari kami.

2. Gamis Wanita

Sebagai pelengkap gaya penampilan wanita yang modis dan stylish bahan katun dobby sangat cocok digunakan untuk bahan gamis polos yang didesain dalam bentuk terusan lurus, panjang dan longgar untuk menutupi seluruh bagian badan mulai dari leher sampai ke mata kaki.

Khusus untuk pelengkap gaya penampilan wanita, gamis sendiri secara umum dapat dijumpai dalam berbagai macam variasi model yang cukup beragam. Beberapa model gamis wanita yang dimaksud antara lain berupa:

  • Gamis wanita yang dihias dengan aksen ruffle di beberapa bagian misal lengan, ujung bawah gamis, bagian leher, maupun bagian depannya.
  • Gamis lengan lonceng yang memiliki lengan berbentuk mengembang seperti layaknya sebuah lonceng yang dibuat membesar pada bagian bawahnya.
  • Gamis busui yang dilengkapi dengan fitur kancing atau resleting pada bukaan depan untuk memudahkan pemakainya ketika menyusui sang buah hati.
  • Gamis wanita full kancing yang dilengkapi dengan banyak kancing di bagian depan. Sekilas gamis ini tampak seperti blouse tapi ukurannya jauh lebih panjang.
  • Gamis wanita model layering yang memiliki aksen bertumpuk pada bagian badannya sehingga tampak seperti tunik yang dipadukan dengan rok panjang.

Bahan Katun Doby

Sumber : https://www.lazada.co.id/

3. Gamis Pria

Selain dijadikan baju koko dan gamis wanita, bahan katun dobby pada prinsipnya juga bisa diandalkan untuk membuat gamis pria.

  • Gamis yang ideal untuk pria biasanya memiliki saku pada sisi kiri dan kanan serta bagian depan (bisa di dada kiri maupun kanan).
  • Gamis pria yang trendy biasanya memiliki kancing yang tampak atau tidak tampak dengan tambahan bordir di bagian dada dan leher serta lengan.
  • Untuk gamis pria yang dibuat tanpa tambahan bordir, kombinasi warna kain dan motifnya juga bisa menjadikan gamis tampak trendy.

Bahan Katun Doby

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Tertarik untuk membuat gamis sendiri tapi masih bingung bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau pakai cara yang praktis anda bisa mendownload pola gamis pria dan gamis wanita dari kami.

Pola baju gamis wanita model lurus merupakan pola gamis yang bagian badannya ber-potongan lurus tanpa lekukan pinggang.

Pola baju gamis wanita model berpinggang merupakan pola gamis yang bagian badannya  memiliki lekukan pinggang.

Pola gamis pria merupakan pola jubah/gamis yang biasa dipakai oleh laki-laki muslim.

Butuh bahan katun dobby berkualitas dengan harga murah untuk membuat busana muslim pria dan wanita?. Sebagai referensi mungkin anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Cotton Dobby (IDF) kami.

  • Bahan katun dobby yang dijual di Fitinline memiliki lebar 1,5 m dengan berat 0,3 kg/yard.
  • Kain ini sangat cocok digunakan untuk bahan kemeja (muslim), baju koko, gamis dll.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai sejumlah model busana muslim yang dapat dibuat dari bahan katun dobby. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan item fashion yang berkualitas dan dibuat dari material yang tepat.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.