Article

Homepage Article Fashion Muslim Kenapa Mukena Katun Rayon…

Kenapa Mukena Katun Rayon Banyak Dicari Untuk Perlengkapan Shalat?

Berencana untuk membeli mukena tapi masih belum menemukan bahan yang sesuai dengan keinginan anda?.  Khusus untuk anda yang lebih mengutamakan kenyamanan, maka anda bisa memilih mukena dari bahan katun rayon yang menawarkkan banyak keunggulan karena terkenal sangat ringan, adem dan nyaman dipakai.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Mukena

Mukena merupakan busana pelengkap shalat khas Indonesia yang didesain khusus untuk para wanita muslim. Sesuai syarat wajib mengenai busana yang layak dipakai untuk shalat, mukena ini umumnya selalu dibuat dalam ukuran yang lumayan lebar dan besar dengan tujuan untuk menutup aurat pemakainya.

Mukena Katun Rayon

Sumber : https://www.blibli.com/

Sebagai perlengkapan wajib saat sholat, mukena yang didesain khusus untuk para wanita sendiri umumnya memiliki berbagai macam variasi warna, model serta motif yang cukup menarik. Lebih dari itu mukena yang dipakai oleh para wanita biasanya juga memiliki jenis bahan yang berbeda-beda, salah satunya mukena berbahan katun rayon.

Katun Rayon Untuk Mukena

Bahan katun rayon untuk mukena termasuk ke dalam jenis bahan semisintetis yang diperoleh dari kombinasi serat kapas dan rayon. Karena memiliki kandungan serat kapas dan serat hasil regenerasi selulosa, maka kain katun rayon secara umum akan terasa lebih adem, lebih nyaman dipakai dan dapat menyerap keringat dengan baik.

Mukena Katun Rayon

Sumber : https://fitinline.com/

Beberapa ciri paling khas dari bahan katun rayon yang bisa dilihat dan dirasakan secara langsung diantaranya:

  • Bahan katun rayon lebih bercahaya dan berkilau.
  • Bahan katun rayon tekstur bahannya cenderung ringan.
  • Bahan katun rayon terkesan jatuh namun tidak mencetak bentuk tubuh.
  • Bahan katun rayon terasa adem sehingga nyaman digunakan.
  • Bahan katun rayon mudah menyerap keringat.

Kelebihan Mukena Katun Rayon

Dengan melihat karakteristik bahannya hampir dapat dipastikan bahwa mukena yang diciptakan dari material katun rayon umumnya juga menawarkan banyak kelebihan. Berikut beberapa kelebihan mukena katun rayon yang juga menjadi alasan mengapa anda harus mencobanya sebagai pakaian pelengkap ketika beribadah.

1. Bahannya Halus dan Lembut

Mukena yang dibuat dari bahan katun rayon umumnya sangat nyaman dipakai karena memiliki tampilan yang ringan, halus dan sangat lembut ketika bersentuhan dengan kulit.

Mukena Katun Rayon

Sumber : https://www.tokopedia.com/

2. Adem dan Tidak Panas

Mukena yang dibuat dari bahan katun rayon umumnya terasa lebih adem dan tidak panas ketika dipakai untuk waktu lama, karena bahan katun rayon sendiri diketahui memiliki kemampuan yang sangat baik untuk menyerap keringat dan meminimalisir rasa gerah yang dirasakan tubuh.

3. Ringan dan Mudah Dilipat

Mukena berbahan katun rayon biasanya banyak dipilih karena bahannya sangat ringan dan mudah untuk dilipat, sehingga sangat praktis saat dibawa kemana-mana.

  • Mukena katun rayon sangat ringan dan tidak berat saat digunakan untuk beribadah.
  • Mukena katun rayon juga mudah untuk dilipat dan disimpan ke dalam tas kecil yang disertakan saat pembelian mukena.
  • Mukena katun rayon yang ringan, sangat nyaman dipakai dan tidak membuat tubuh gerah.

Mukena Katun Rayon

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Pilihan Modelnya Bervariasi

Mukena yang dibuat dari bahan katun rayon tersedia dalam berbagai macam pilihan model yang sangat menarik jadi bisa dengan bebas dipilih sesuai kebutuhan pemakainya. Beberapa contoh model mukena yang dimaksud antara lain berupa:

  • Mukena model one piece yang dibuat dalam bentuk terusan.
  • Mukena model abaya yang memiliki kemiripan dengan mukena model one piece tapi tidak memiliki kepala.
  • Mukena model two piece yang terdiri dari atasan dan bawahan.

5. Bahannya Tidak Menerawang

Mukena yang dibuat dari bahan dasar kain katun rayon cenderung tidak menerawang dan tidak mencetak tubuh karena serat benang yang menyusun setiap lembar kain katun rayon terjalin dengan sangat rapat.

Mukena Katun Rayon

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Banyak Pilihan Warnanya

Sebagai bahan pembuatan mukena, bahan katun rayon umumnya banyak diciptakan dalam berbagai macam warna. Sifatnya yang mudah untuk menyerap warna menjadikan bahan kain yang satu ini sering hadir dengan warna-warna yang cerah.

Mukena Katun Rayon

Sumber : https://www.tokopedia.com/

7. Tidak Mudah Luntur

Mukena dari bahan katun rayon diketahui memiliki warna yang menarik dan tidak mudah luntur, jadi warna alaminya akan tetap terjaga dengan baik dan tidak berubah meski sudah dicuci maupun digunakan berulang kali.

8. Perawatannya Sangat Mudah

Perawatan mukena berbahan katun rayon relatif lebih mudah dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

  • Untuk mendapatkan hasil terbaik anda bisa mencuci mukena berbahan katun rayon secara manual dengan menggunakan tangan.
  • Jangan memeras mukena terlalu kuat karena dapat membuatnya berubah bentuk dan mudah rusak.
  • Supaya mukena berbahan katun rayon lebih cepat kering dan bentuknya tetap terjaga dengan baik gantung mukena dengan hanger berbahan plastik saat menjemurnya.
  • Hindari menjemur mukena katun rayon secara langsung di bawah terik sinar matahari, kalau mau aman cukup diangin-anginkan saja hingga kering.
  • Untuk memperbaiki tampilan mukena berbahan katun rayon yang sudah terlanjur kusut anda bisa menyetrika bagian dalam bahan mukena.

Kekurangan Mukena Katun Rayon

Dibalik sejumlah kelebihan yang ditawarkannya, mukena berbahan katun rayon sebenarnya juga tidak luput dari kekurangan. Salah satunya yaitu retensi bentuk bahan katun rayon cenderung sangat rendah sehingga cukup sulit untuk kembali ke bentuk aslinya jika kusut.

  • Mukena berbahan katun rayon cenderung mudah kusut, sehingga perlu diseterika setelah dicuci supaya bahannya tetap licin dan tidak kusut.
  • Dalam kondisi basah yang cukup lama, mukena berbahan katun rayon juga sangat rentan mengalami kerusakan dan warnanya jadi mudah mudar.
  • Bila sering terpapar sinar matahari, jamur, asam serta panas setrika yang terlalu tinggi bahan katun rayon juga mudah rapuh.

Butuh bahan katun rayon berkualitas dengan harga murah untuk membuat mukena dan berbagai jenis pakaian lainnya?. Sebagai bahan pertimbangan anda bisa melihat-lihat dulu koleksi Kain Cotton Rayon 30S (IDF) kami.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai kelebihan mukena katun rayon yang juga menjadi alasan mengapa anda harus memilihnya untuk perlengkapan sholat. Sesuai karakteristik bahannya yang adem, ringan dan mudah menyerap keringat, mukena yang dihasilkan pastinya juga mewarisi sifat-sifat yang ada pada bahan katun rayon.

Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberikan kemudahan bagi anda untuk mendapatkan bahan kain yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan anda.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.