Article

Lolita Fashion

Roriita fasshon atau lolita fashion merupakan sebutan yang digunakan untuk mendefinisikan gaya busana wanita Jepang yang identik dengan kerut atau renda bermotif bunga. Fashion lolita yang memiliki tampilan seperti boneka eropa ini berkembang di negara Jepang sejak tahun 1990-an dan menjadi subkultur yang memiliki daya tarik tersendiri. Salah satu ciri khas yang membedakan lolita fashion dengan style lainnya adalah rok menggembung yang amat indah. 

Lolita Fashion

Sumber : http://www.perthnow.com.au/

Secara garis besar style lolita fashion memiliki banyak kesamaan dengan gaya busana wanita pada era Barok, Rokoko, dan Victoria yang berfokus pada kualitas material dan proses pembuatan pakaian dengan mengedepankan norma-norma kesopanan.  Unsur-unsur lain yang melebur kedalam style lolita fashion tidak terbatas pada variasi gaun saja, namun juga dapat dilihat pada penggunaan bahan dan warna pakaian yang lebih beragam.

Lolita Fashion

Sumber : http://www.thisnext.com/

Style lolita fashion sendiri dapat dikelompokkan menjadi beberapa ketegori, mulai dari gothic lolita, sweet lolita, classic lolita, punk lolita, princess lolita, shiro & kuro lolita, oji lolita (boystyle), guro lolita, sailor lolita, wa lolita, dan casual lolita. Meski demikian gaya busana yang paling banyak dan paling sering digunakan yaitu berupa sweet lolita, gothic lolita, dan punk lolita. 

Lolita Fashion

Sumber : http://www.tokyofaces.com/

Sweet Lolita

Sesuai namanya sweet lolita dapat didefinisikan sebagai gaya busana yang sangat identik dengan kesan manis dan cute. Sahabat Fitinline bisa berkreasi dengan memadu padankan rok chiffon bertumpuk sebatas lutut dengan jaket bulu berwarna pink muda yang dihiasi kain lace di bagian bawahnya serta pita-pita besar sebagai kancing. Tambahkan pula wedges berwarna putih dan stocking panjang sampai ke paha. 

Lolita Fashion

Sumber : http://tokyofashion.com/

Gothic Lolita

Gothic lolita tercipta dari kombinasi fashion era Victoria dan gaya gothic yang berkembang pada abad pertengahan. Ciri khas dari gothic lolita terletak pada warna-warna yang gelap yang mendominasi pakaian seperti warna hitam, abu-abu, dan ungu tua. Senada dengan busana yang dikenakan anda juga bisa menambahkan riasan wajah yang gelap.

Lolita Fashion

Sumber : https://www.loveitspreadit.com/

Punk Lolita

Punk lolita merupakan gaya busana yang diperoleh dari campuran antara gaya punk dengan gaya Victorian. Gaya punk sendiri identik dengan pakaian-pakaian berwarna hitam yang pas badan dan ketat dengan aksen duri-duri. Penggunaan jaket kulit, jeans hitam, sepatu boot besar, serta aksesoris seperti kalung rantai dan boneka-boneka yang dijahit pada bagian bibirnya juga bisa digunakan untuk mempertegas kesan maskulin dalam gaya punk lolita.

Lolita Fashion

Sumber : http://www.lightinthebox.com/

Para pecinta style lolita ini biasanya memiliki komunitas sendiri dan sangat patuh terhadap aturan yang diberlakukan dalam komunitas tersebut, tergantung style lolita yang mana yang mereka anut. Sebagai contoh penganut gothic lolita tidak akan pernah mengenakan pakaian berwarna selain hitam, sebaliknya untuk sweet lolita mereka tidak pernah mengenakan pakaian berwarna hitam.

Lolita Fashion

Sumber : http://anime-faction.umforum.net/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.