Article

Homepage Article Fashion Design Longyi Pakaian Tradisional…

Longyi Pakaian Tradisional Myanmar

Sebagai destinasi wisata yang menawarkan sejuta keindahan, negara Burma atau Myanmar rupanya juga menyimpan berbagai keunikan lain yang tidak kalah menarik. Setidaknya terdapat dua hal yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Myanmar yaitu berupa pakaian tradisional bernama longyi dan thanaka (bedak).

Longyi

Sumber : https://carolemscott.wordpress.com/

Longyi sendiri merupakan sejenis sarung yang biasa dikenakan sebagai pakaian sehari-hari oleh masyarakat Myanmar. Selain cara pemakaiannya cenderung lebih praktis, longyi juga mampu memberikan rasa nyaman tersendiri terhadap pemakainya jika dibandingkan celana.

Longyi

Sumber : http://pilot-projects.org/

Longyi yang dipakai kaum pria disebut “paso”, sementara yang dipakai kaum perempuan disebut “htamain”, meski pada dasarnya tidak banyak perbedaan dalam cara menggunakannya sebagaimana halnya cara menggunakan sarung di Indonesia. Longyi tersebut biasa dipasarkan di tempat umum atau di pasar-pasar tradisional, dengan harga yang bersaing tergantung kualitas bahan baku pembuatnya.

Longyi

Sumber : http://blog.activetravelmyanmar.com/

Dalam berbagai acara khusus, para pria di Myanmar biasanya akan menggunakan longyi yang terbuat dari bahan sutra yang dipadukan dengan baju tradisional tanpa kerah atau baju model barat. Sementara, untuk para wanita biasa mengenakan longyi sutra yang dikombinasikan dengan blus sebatas pinggang.

Longyi

Sumber : http://www.timetravelturtle.com/

Sebagai pelengkap penampilan masyarakat Myanmar juga menambahkan penggunaan bedak yang dikenal dengan nama "thanaka". Bedak ini dibuat pasta hasil gerusan batang pohon semacam cendana. Konon kebiasaan ini sudah menjadi tradisi di Myanmar sejak ribuan tahun yang lalu. 

Longyi

Sumber : http://revista.objetivobienestar.com/

Salah satu tujuan utama dari pemakaian thanaka yaitu untuk menghaluskan kulit wajah dan melindungi kulit dari sinar matahari, meski beberapa juga memakainya di bagian tangan.

Longyi

Sumber : http://bigtravelnut.com/

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.