Article

Homepage Article Fashion Design 7 Fakta Menarik Fabrican,…

7 Fakta Menarik Fabrican, Teknologi di Balik Gaun Semprot Bella Hadid

Hadir sebagai salah satu solusi untuk menciptakan baju dengan cara yang cukup instan, berikut beberapa fakta menarik mengenai fabrican, teknologi di balik gaun semprot Bella Hadid yang begitu fenomenal pada acara Paris Fashion Week Spring/Summer 2023 awal Oktober lalu.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Fabrican

Fabrican merupakan bahan semprot instan yang terbuat dari serat alami dan serat sintetis, seperti wol, mohair, katun, nilon dan selulosa yang disuspensikan dalam larutan polimer. Ketika disemprotkan dengan aerosol atau pistol semprot ke tubuh bahan tersebut akan menguap dan mengeras membentuk kain non-woven.

Fakta Menarik Fabrican

Sebagai salah satu terobosan baru yang cukup fenomenal dalam dunia fashion, fabrican sendiri pada prinsipnya juga memiliki sejumlah fakta unik yang menarik untuk ditelusuri. Beberapa di antaranya: 

1. Penemu Teknologi Fabrican

Ide untuk membuat pakaian dari bahan spray-on yang kemudian lebih dikenal dengan nama fabrican pertama kali ditemukan oleh perancang busana sekaligus pendiri Fabrican Ltd asal Spanyol yang bernama Manel Torres.

2. Ide Pembuatan Fabrican

Munculnya ide untuk membuat fabrican berawal saat Manel belajar MA dan Wear Fashion Women di Royal College of Art, London, lantaran beliau melihat proses pembuatan baju biasa yang begitu lambat apalagi hanya untuk satu buah baju saja.

Berawal dari situ selanjutnya Manel mulai terinspirasi untuk membuat sebuah pakaian dengan cara cepat dan berbeda dari yang lain yakni dengan menggunakan bahan kimia yang aman pada kulit dan sebagainya.

Berkat kerja kerasnya itulah akhirnya didapatkan bahan pakaian spray-on yang memungkinkan setiap orang untuk membuat sendiri pakaian yang diinginkannya dengan waktu yang sangat cepat.

3. Bahan Dasar Fabrican

Bahan dasar yang digunakan untuk membuat cat semprot dalam teknologi fabrican umumnya terdiri dari serat alami maupun serat sintetis dan polimer sehingga hasilnya bisa terjalin sempurna dan menjadi sebuah pakaian.

Berdasarkan sumbernya polimer dapat dikelompokkan dalam 3 kelompok, yaitu polimer alam, polimer semi sintetis dan polimer sinetis.

  • Polimer Alam

Polimer alam merupakan polimer yang terbentuk secara alami. Contoh polimer alam  yaitu berupa karet alam, karbohidrat, protein, selulosa dan wol.

  • Polimer Semi Sintetis

Polimer semi sintetis merupakan polimer yang diperoleh dari modifikasi polimer alam dan bahan kimia. Contoh polimer semi sintetis yaitu selulosa nitrat (yang dikenal lewat misnomer nitro selulosa) yang dipasarkan dibawah nama “Celluloid” dan “guncotton”.

  • Polimer Sintetis

Polimer sintesis merupakan polimer yang dibuat melalui polimerisasidari monome monomer polimer. Polimer sintesis sesungguhnya yang pertama kali digunakan dalam skala komersial adalah dammar Fenol formaldehida.

Adapun beberapa sifat-sifat polimer yang paling khas diantaranya:

  • Mudah diolah untuk berbagai macam produk pada suhu rendah dengan biaya murah.
  • Ringan dalam artian rasio bobot / volumenya kecil.
  • Tahan korosi dan kerusakan terhadap lingkungan yang agresif.
  • Dapat dijadikan sebagai isolator yang baik terhadap panas dan listrik.
  • Berguna untuk bahan komponen khusus karena sifatnya yang elastis dan plastis.
  • Berat molekulnya besar sehingga kestabilan dimensinya tinggi.

4. Cara Pengaplikasian Fabrican

Cat semprot revolusioner yang dikenal dengan fabrican tersebut memungkinkan seseorang untuk memiliki kaos, celana dan rok dalam sekejap tanpa perlu melewati proses menenun, membuat bahan, hingga menjadi pakaian jadi.

Untuk mengaplikasikan fabrikan sendiri, caranya anda hanya perlu menyemprot fabrican langsung dari botol ke tubuh. Ketika bersentuhan dengan udara, bahan tersebut akan mengering dan menghasilkan kain non-woven.

5. Bahan Yang Dihasilkan

Bahan yang dihasilkan dari fabrican dikatakan memiliki tekstur seperti suede dan dapat digunakan untuk membuat, menyesuaikan dan memperbaiki pakaian sekaligus. Tapi tekstur tersebut bisa dimanipulasi tergantung pada serat apa yang digunakan dan bagaimana aplikasinya.

6. Keunggulan Fabrican

Layaknya Bahan Kain yang biasa digunakan untuk membuat pakaian, fabrican juga memiliki sejumlah keunggulan tersendiri.

  • Manel Torres sang penemu fabrican mengklaim bahwa produknya aman bagi kulit dan bulu halus di tubuh.
  • Fabrican dibuat tanpa bahan perusak ozon jadi cukup aman terhadap lingkungan.
  • Hasil fabrican terlihat seperti kulit kedua yakni pas dengan tubuh dan terkesan mulus.
  • Dalam mode, teknologi fabrican dapat digunakan untuk membuat pakaian utuh bahkan memperbaiki pakaian lama yang rusak.
  • Penggunaan fabrican juga dapat menekan rantai pasokan industri dan mengurangi ketergantungan pada pemasok komponen luar negeri sehingga mengurangi jejak karbon.

Ketika dikombinasikan dengan teknologi semprotan robot, fabrican dapat membantu memproduksi pakaian olahraga yang mulus dan mengakomodasi penciptaan bentuk yang kompleks.

7. Menyatukan Sains dan Mode

Menyatukan sains dan mode, teknologi fabrican memungkinkan desainer membuat pakaian baru dan unik, sementara pemakainya juga dapat memilih dari berbagai kombinasi.

Fabrican di PFW 2023

Pada penutupan acara peragaan Coperni Spring 2023 yang juga menjadi bagian dari Paris Fashion Week Spring/Summer 2023, baru-baru ini Bella Hadid juga tampil memukau dalam balutan gaun berbahan fabrican. Uniknya lagi proses pembuatan gaun tersebut bisa dilihat secara langsung diatas panggung runway.

Diketahui pada Paris Fashion Week Spring/Summer 2023, Sébastien Meyer dan Arnaud Vaillant selaku Creative Director dari Coperni memang secara sengaja melakukan aksi tersebut untuk memperlihatkan proses pembuatan pakaian dengan tema futuristik yakni menggunakan teknologi spray-on-fabric.

Fabrican Bella Hadid

Sumber : https://www.dezeen.com/

Sebelum disemprot fabrican Bella Hadid memasuki panggung dengan hanya menggunakan underwear dan payudara yang ditutupi oleh satu lengannya. Setelahnya dua orang desainer terlihat mulai menyemprotkan Fabrican sembari Bella Hadid bergerak pelan mengikuti irama musik.

  • Cat semprot yang digunakan Coperni mengandung cotton dan serat sintetis dalam larutan polimer dan biopolimer serta pelarut ramah lingkungan yang dapat membuat kain.
  • Cairan putih yang disemprotkan tersebut kemudian membentuk serupa jaring laba-laba yang lama kelamaan menutupi permukaan tubuh Bella Hadid.

Fabrican Bella Hadid

Sumber : http://www.successlifelounge.com/

Awalnya gaun yang dikenakan Bella Hadid tersebut memiliki tampilan seperti straps dress dan tampak biasa tanpa slit sama sekali. Namun setelah proses penyemprotan selesai, seorang stylist datang dan menurunkan straps di kedua bahu Bella menjadi lebih cantik.

Tidak lupa  fashion stylist tersebut kemudian menggunting bagian bawah dress setinggi paha sehingga tampilannya makin tampak sempurna dikenakan Bella Hadid.

Fabrican Bella Hadid

Sumber : https://canadatoday.news/

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai fakta unik dan menarik seputar fabrican yang dapat kami bagikan untuk anda. Dengan menggabungkan sains dan mode, kehadiran teknologi fabrican yang pasti bisa memberi kemudahan bagi para desainer untuk membuat pakaian dengan cara instan sesuai kreatifitas masing-masing.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.