Article

Homepage Article Fashion Design Lebih Nyaman Pakai Celana…

Lebih Nyaman Pakai Celana Pendek atau Celana Panjang Untuk Jogging

Memilih celana yang tepat tidak dapat dipungkiri memang sangat berpengaruh pada tingkat kenyamanan dan performa selama berolahraga. Terkait dengan hal tersebut lantas untuk olahraga jogging sendiri kira-kira lebih nyaman pakai celana pendek atau panjang ya?.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Celana Yang Nyaman Untuk Jogging

Celana yang nyaman untuk jogging merupakan salah satu definisi outfit yang tidak menghambat pergerakan tubuh selama berolahraga sehingga memungkinkan kamu untuk melakukan gerakan jogging dengan optimal.

Celana Jogging

Sumber : https://health.kompas.com/

Tanda-tanda penting lainnya yang menunjukkan bahwa celana yang kamu pakai dapat memberikan tingkat kenyamanan yang baik saat jogging diantaranya:

  • Memiliki pengatur pinggang yang pas dan nyaman.
  • Memiliki ukuran yang pas dan tidak menyebabkan gesekan yang berlebihan pada tubuh.
  • Terbuat dari bahan yang menyerap keringat dengan baik.
  • Tidak menyebabkan iritasi pada kulit.
  • Cocok dengan kondisi cuaca, artinya tidak terlalu panas pada cuaca hangat dan memberikan cukup kehangatan pada cuaca dingin.
  • Memiliki bobot yang tidak terlalu ringan atau terlalu berat.
  • Dapat memberikan dukungan yang tepat pada otot dan sendi selama berolahraga.
  • Dapat memberikan rasa percaya diri saat kamu mengenakannya.

Celana Jogging

Sumber : https://inforadar.disway.id/

Sementara dari segi panjangnya, tidak ada aturan yang melarang atau mengharuskan seseorang untuk memakai celana pendek atau celana panjang untuk jogging. Jadi kamu pun sebenarnya punya kebebasan untuk memilih celana jogging tergantung pada preferensi pribadi.

Celana Jogging

Sumber : https://www.verywellfit.com/

Kelebihan Celana Pendek dan Panjang

Namun kalau kalu masih suka bingung mau memilih celana pendek atau celana panjang untuk jogging, mungkin kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal berikut.

1. Celana Pendek Untuk Jogging

Celana pendek memberikan ventilasi yang lebih baik dan dapat membantu menjaga suhu tubuh tetap sejuk, terutama pada cuaca panas.

  • Celana pendek memberikan kebebasan gerak yang lebih besar bagi kaki dan dapat menjadi pilihan yang nyaman untuk beberapa orang saat jogging.
  • Celana pendek cenderung lebih ringan dan memberikan sensasi yang lebih bebas selama aktivitas fisik.
  • Celana pendek memungkinkan keringat lebih mudah menguap setelah aktivitas fisik yang cukup intensif.

Celana Jogging

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Celana Panjang Untuk Jogging

Celana panjang memberikan perlindungan tambahan terhadap paparan sinar matahari, serangga dan potensi gesekan dengan elemen luar seperti semak-semak atau tanah.

  • Celana panjang dapat memberikan lapisan tambahan yang membantu menjaga suhu tubuh pada saat cuaca dingin.
  • Celana panjang dapat memberikan dukungan tambahan pada otot, meski efek ini mungkin lebih signifikan pada celana khusus untuk olahraga.
  • Celana panjang mungkin lebih memberi rasa nyaman dan aman bagi beberapa orang selama melakukan aktivitas fisik.

Celana Jogging

Sumber : https://www.tokopedia.com/

Terlepas dari panjang atau pendek model celana yang kamu pilih, untuk mendapatkan celana jogging yang tepat sebaiknya perhatikan pula beberapa hal berikut saat kamu berencana untuk memilih celana jogging.

1. Perhatikan Material Celana Jogging

Pertama pilih bahan celana jogging yang tepat untuk mendukung kenyamanan dan kinerja tubuh selama berolahraga.

  • Pastikan celana yang kamu pilih bahannya dapat menyerap keringat dengan baik untuk membantu menjaga tubuh tetap kering dan nyaman selama aktivitas fisik.
  • Pastikan bahwa bahan celana memiliki ketahanan terhadap aus, terutama jika akan menggunakan celana tersebut secara teratur.
  • Jika memungkinkan pilih celana yang terbuat dari bahan antimikroba untuk membantu mencegah pertumbuhan bakteri yang menyebabkan bau tidak sedap pada celana.

Celana Jogging

Sumber : https://aimeee888.en.made-in-china.com/

2. Elastisitas dan Fleksibilitas

Pastikan celana jogging yang kamu pilih memiliki elastisitas yang cukup untuk memberikan kebebasan gerak. Kain yang memiliki komposisi elastane atau spandex di dalamnya kebanyakan dapat memberikan fleksibilitas yang baik.

Celana Jogging

Sumber : https://www.tokopedia.com/

3. Pengatur Pinggang Yang Nyaman

Pilih celana jogging dengan pengatur pinggang yang nyaman misal dilengkapi dengan tali serut atau karet di pinggang untuk penyesuaian yang mudah.

Celana Jogging

Sumber : https://www.zalora.co.id/

4. Pilih Ukuran Celana Yang Tepat

Pilih celana dengan ukuran yang pas alias tidak terlalu kebesaran atau terlalu kekecilan. Alasannya yaitu celana yang terlalu besar atau terlalu kecil dapat mengganggu gerakan dan membuat kamu tidak nyaman selama berolahraga.

Celana Jogging

Sumber : https://www.amazon.com/

5. Perhatikan Desain dan Jahitan Celana

Perhatikan desain celana untuk menghindari gesekan yang dapat menyebabkan iritasi kulit. Celana dengan flatlock seams atau desain tanpa jahitan kasar dapat membantu mengurangi risiko gesekan.

Celana Jogging

Sumber : https://www.amazon.in/

6. Pilih Yang Memiliki Ventilasi

Jika kamu biasa melakukan aktivitas jogging lebih baik kenakan celana yang memiliki ventilasi atau mesh di area tertentu, seperti belakang lutut atau samping, untuk membantu sirkulasi udara.

7. Pertimbangkan Panjang Inseam

Khusus untuk kamu yang lebih suka memakai celana panjang saat jogging, pastikan panjang inseamnya sesuai dengan tinggi nbadan kamu. Panjang inseam yang tepat dapat membantu mencegah gesekan dan memberikan kenyamanan ekstra.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai perbandingan dan juga kelebihan yang dimiliki celana panjang dan celana pendek untuk jogging. Dengan memperhatikan sejumlah hal penting seperti yang sudah disebutkan di atas, semoga kamu bisa lebih mudah untuk menemukan celana jogging yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat celana jogging?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Kaos terbaik yang kami miliki.

Simak juga 9 Kriteria Jaket Yang Bagus Dipakai Saat Lari atau Jogging.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.