Article

Homepage Article Fashion Design 3 Macam Teknik Yang Bisa…

3 Macam Teknik Yang Bisa Kamu Coba Untuk Membuat Ilustrasi Fashion

Mau tahu apa saja teknik-teknik ilustrasi yang dapat diterapkan dalam pembuatan ilustrasi fashion / fashion illustration?. Khusus untuk kamu yang punya ketertarikan tersendiri degan dunia desain fashion yuk simak pembahasan berikut. 

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Ilustrasi Fashion

Ilustrasi fashion / fashion illustration dapat dikategorikan ke dalam salah satu bentuk manifestasi visual dari kreativitas dan imajinasi para perancang mode yang dituangkan dengan menggunakan elemen garis, warna, tekstur dan komposisi untuk mengkomunikasikan ide-ide mereka.

Fashion Illustration

Sumber : https://id.pinterest.com/

Selain menampilkan esensi kreatif dari desain mode, ilustrasi fashion sendiri sebenarnya juga memiliki banyak fungsi lain yang tidak kalah penting lho. Beberapa diantaranya:

1. Ekspresi Kreatif

Ilustrasi fashion / fashion illustration memberikan kebebasan kepada desainer untuk menggambarkan pakaian dan aksesoris dengan cara yang unik dan artistik tanpa batasan teknis serta menyampaikan ide-ide mereka dengan ekspresi kreatif dan mendetail.

2. Komunikasi Ide

Ilustrasi fashion / fashion illustration bisa menjadi alat bantu untuk memvisualisasikan dan mengkomunikasikan ide-ide desain sebelum produk fisik dibuat, misalnya saja dengan produsen, pengecer dan juga konsumen.

3. Prototipe Visual

Ilustrasi fashion / fashion illustration memungkinkan desainer untuk melihat bagaimana sebuah desain akan terlihat sebelum produk akhir tersebut dibuat. Penggunaan warna, proporsi dan garis yang tepat akan menciptakan gambar yang indah dan menginspirasi.

4. Pra-produksi

Ilustrasi fashion / fashion illustration dapat digunakan untuk membantu desainer dalam merencanakan dan mempersiapkan produksi pakaian sebelum benar-benar menjalankannya.

5. Gambaran Trend

Ilustrasi fashion / fashion illustration mencerminkan trend mode dan pengaruh budaya pada suatu periode waktu serta pengaruh budaya pada suatu periode waktu tertentu.

  • Ilustrasi fashion biasa dibuat untuk menggambarkan trend yang sedang populer dan diakui di dunia mode.
  • Ilustrasi fashion dapat mencerminkan perubahan sosial dan nilai-nilai budaya pada suatu periode.
  • Ilustrasi fashion mungkin juga mencerminkan pergeseran dalam norma-norma sosial, isu-isu politik atau perubahan gaya hidup.

6. Identitas Merek

Ilustrasi fashion / fashion illustration seringkali menjadi bagian penting dari portofolio desainer mode serta memberikan identitas visual kuat bagi sebuah merek.

Fashion Illustration

Sumber : https://id.pinterest.com/

Macam-Macam Teknik Ilustrasi

Terkait dengan hal tersebut lantas apa saja macam-macam teknik yang dapat diterapkan dalam ilustrasi fashion / fashion illustration?. Sebagai refereksi berikut kami bagikan beberapa macam teknik seni yang bisa kamu coba untuk mengekspresikan detail dan konsep desain yang rumit.

1. Gambar Tangan

Pertama ada teknikgambar tangan yang melibatkan penggunaan pensil dan tinta untuk menggambar sketsa pakaian. Selain memberikan tampilan yang klasik dan artistik, teknik gambar tangan juga menambah keunikan gambar ilustrasi yang sulit dicapai oleh ilustrasi digital.

  • Ilustrasi tangan seringkali memberikan kesan kedalaman dan dimensi yang lebih hidup.
  • Ilustrasi tangan memungkinkan desainer untuk mengekspresikan gaya khas mereka dan menciptakan karya yang mudah dikenali.
  • Proses kreatif membuat ilustrasi tangan bisa menjadi lebih dinamis. Bahkan kesalahan dalam ilustrasi sekalipu dapat dimasukkan sebagai bagian dari eksplorasi kreatif.

Fashion Illustration

Sumber : https://id.pinterest.com/

2. Ilustrasi Digital

Kedua ada teknik ilustrasi digital dengan menggunakan software komputer, seperti halnya Adobe Illustrator maupun software lainnya yang memungkinkan desianer untuk membuat kreasi busana dengan lebih fleksibel dan mudah diubah.

  • Teknik ilustrasi digital memungkinkan desainer untuk mengubah, menghapus atau menyesuaikan elemen-elemen gambar dengan cepat.
  • Teknik ilustrasi digital memungkinkan desainer untuk membuat perubahan pada desain pakaian dengan mudah, tanpa perlu membuat ulang gambar atau prototipe.

Fashion Illustration

Sumber : https://id.pinterest.com/

3. Ilustrasi 3D

Ketiga ada teknik ilustrasi 3D yang memungkinkan desainer untuk membuat model tiga dimensi sekaligus membantu dalam memahami bagaimana pakaian akan terlihat di tubuh manusia ketika direalisasikan dalam suatu produk.

  • Teknik ilustrasi 3D memungkinkan desainer untuk membuat visualisasi yang sangat realistis / mendekati kenyataan dari pakaian dan aksesori.
  • Teknik ilustrasi 3D memungkinkan desainer untuk memahami proporsi dan dimensi pakaian dengan lebih baik.
  • Teknik ilustrasi 3D memungkinkan simulasi yang baik terhadap tekstur dan material pakaian.

Fashion Illustration

Sumber : https://www.linkedin.com/

Sementara untuk menciptakan ilustrasi yang unik dan kualitas yang lebih baik, minimal kamu juga harus memiliki pemahaman tentang proporsi tubuh manusia, tekstur kain dan pemilihan warna bahan, serta kemampuan untuk menggambarkan pakaian dengan detail yang akurat.

  • Pahami dasar-dasar tentang proporsi dan anatomi tubuh, biar kamu lebih mudah untuk menggambar pakaian yang terlihat realistis dengan gerakan dan pose yang berbeda.
  • Pahami dasar-dasar penggunaan warna, teknik shading dan garis untuk menciptakan gambar ilustrasi yang indah dan menginspirasi.
  • Cobalah untuk menggambar ilustrasi fashion sebanyak mungkin, termasuk pakaian dengan detail yang beragam.
  • Perbanyak membaca buku-buku ilustrasi fashion dan ikuti kursus online yang ada hubungannya dengan ilustrasi fashion.
  • Pelajari berbagai teknik menggambar ilustrasi fashion baik dengan pensil, cat air, tinta, maupun media digital.
  • Jangan takut untuk mencoba berbagai gaya ilustrasi biar kamu lebih mudah untuk menemukan gaya yang paling sesuai dengan selera kamu.

Fashion Illustration

Sumber : https://id.pinterest.com/

Simak juga 7 Tips Sukses Menjadi Seorang Fashion Illustrator.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai pentingnya ilustrasi fashion / fashion illustration dalam dunia mode lengkap dengan teknik-teknik ilustrasi yang bisa kamu coba. Yang pasti jika kamu ingin menjadi seorang ilustrator yang handal, jangan ragu untuk terus berlatih dan berinovasi ya.

Khusus untuk kamu yang ingin meningkatkan skill di bidang fashion design kamu bsa juga mengikuti workshop desain fashion dengan CLO3D melalui customer service kami Di Sini.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.