Article

Homepage Article Fashion Design 8 Tips Memakai Kebaya Agar…

8 Tips Memakai Kebaya Agar Tubuh Berisi Terlihat Lebih Ramping

Punya tubuh yang gemuk bukanlah menjadi suatu halangan bagi para wanita untuk bisa tampil cantik dan berkelas dengan kebaya. Tapi harus diingat juga bahwa terdapat beberapa trik tertentu yang perlu dilakukan untuk membuat tubuh yang gemuk jadi terlihat lebih ramping saat mengenakan kebaya.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Sekilas Tentang Baju Kebaya

Kebaya termasuk ke dalam jenis busana wanita yang tak pernah lekang oleh waktu dan masih sangat populer hingga kini. Tak hanya cocok digunakan untuk berbagai acara penting, seperti halnya wisuda atau acara pernikahan, baju kebaya bisa juga digunakan untuk foto keluarga atau keperluan lain lho.

  • Baju kebaya menjadi salah satu baju tradisional kebanggaan Indonesia yang wajib dimiliki oleh wanita Indonesia.
  • Baju kebaya tersedia dalam banyak pilihan model sehingga dapat disesuaikan dengan berbagai bentuk tubuh.
  • Dengan kebaya seseorang tidak hanya akan terlihat lebih cantik dan anggun, tetapi juga terlihat lebih berkelas.

Tips Memakai Baju Kebaya

Terkait dengan hal tersebut lantas seperti apa model baju kebaya wanita yang tepat untuk tubuh gemuk dan bagaimana juga cara terbaik yang dapat dilakukan saat menggunakannya supaya tubuh terlihat lebih ramping, anggun dan menawan di acara penting?.

Untuk menghindari ketidakcocokan saat menggunakan baju kebaya, simak yuk beberapa tips memakai kebaya untuk wanita betubuh gemuk berikut ini.  

1. Pilih Bahan Yang Sesuai

Pertimbangkan untuk memilih baju kebaya wanita yang bahannya lebih lembut, halus dan jatuh agar tubuh kamu yang gemuk tidak terlihat semakin besar. Untuk pilihan bahannya kamu bisa memakai kebaya dari bahan katun, sutra ataupun brokat.

Kebaya Tubuh Gemuk

Sumber : https://shopee.co.id/

2. Pilih Kebaya Berwarna Gelap

Untuk menyamarkan ukuran dan bentuk tubuh kamu yang besar sebaiknya hindari kebaya dengan warna-warna terang. Sebagai gantinya kamu bisa memilih baju kebaya yang cenderung berwarna gelap atau netral seperti hitam, merah marun, biru dongker, hijau tua dan ungu tua.

Kebaya Tubuh Gemuk

Sumber : https://shopee.co.id/

3. Hindari Payet Yang Berlebihan

Hindari penggunaan kebaya yang dihiasi dengan banyak detail terutama payet-payet di sekitar bagian lengan, bagian perut dan bagian pinggul agar tubuh kamu tidak terlihat semakin besar. 

Kebaya Tubuh Gemuk

Sumber : https://shopee.co.id/

4. Pilih Kebaya Lengan Pendek

Utamakan untuk memakai baju kebaya wanita yang dilengkapi dengan lengan pendek, karena kebaya seperti ini bisa membuat ukuran lengan kamu yang besat terlihat lebih ramping. Tapi kalau kamu ingin memakai kebaya yang berlengan panjang sebaiknya pilih kebaya yang ukurannya tidak terlalu ketat.

Kebaya Tubuh Gemuk

Sumber : https://shopee.co.id/

5. Pilih Kebaya Dengan Motif Kecil

Jika kamu ingin memakai kebaya yang bermotif, sebaiknya pilihlah baju kebaya wanita yang memiliki motif kecil agar tubuh kamu terlihat lebih ramping, anggun dan menarik.

Kebaya Tubuh Gemuk

Sumber : https://shopee.co.id/

6. Gunakan Korset Dibalik Kebaya

Gunakan korset di balik baju kebaya, agar perut kamu terlihat lebih ramping dan siluet badan kamu lebih terbentuk saat mengenakan kebaya. Untuk pilihan modelnya kamu bisa memakai korset underbust yang tepi atasnya berada di bawah payudara atau korset overbust yang bisa difungsikan sebagai bra sekaligus.

Kebaya Tubuh Gemuk

Sumber : https://breastcarevictoria.com.au/

Simak juga :

7. Pilih Model Kebaya Yang Tepat

Setelah mengetahui beberapa tips memakai kebaya yang bisa memberikan efek ramping, kini saatnya bagi kamu untuk menentukan model kebaya yang sesuai dengan bentuk tubuh. Beberapa inspirasi model kebaya yang bisa kamu coba diantaranya: 

  • Kebaya Kutu Baru

Pertama ada kebaya kutu baru yang memiliki potongan leher agak rendah dan dilengkapi dengan tambahan bef alias kain yang menghubungkan sisi kanan dan kiri kebaya (lipatan kebaya di bagian dada dan perut).

Kebaya Tubuh Gemuk

Sumber : https://shopee.co.id/

  • Kebaya Model V-Neck

Kedua ada kebaya model v-neck yang bisa memberikan kesan ramping dan membuat leher kamu lebih proporsional (tidak terlalu panjang ataupun terlalu pendek).

Kebaya Tubuh Gemuk

Sumber : https://review.bukalapak.com/

  • Kebaya Model Heartline Neck

Ketiga ada baju kebaya modern dengan variasi heartline neck alias potongan leher yang berbentuk hati.

Kebaya Tubuh Gemuk

Sumber : https://www.zalora.co.id/

  • Kebaya Sabrina

Keempat ada kebaya sabrina yang sedikit terbuka di bagian atas sehingga membuat penampilan kamu terlihat lebih seimbang. Tapi ingat tetap hindari baju kebya dengan lengan yang press body ya.

Kebaya Tubuh Gemuk

Sumber : https://id.pinterest.com/

Sementara dari segi desain, kebaya dengan model loose juga bisa dijadikan sebagai salah satu pilihan yang paling tepat. Selain memberi ruang gerak yang lebih leluasa, potongannya yang loose juga bisa menutupi kekurangan tubuh kamu dengan cukup sempurna.

8. Siasati Kebaya Dengan Obi

Untuk menyamarkan bentuk dan ukuran tubuh kamu yang gemuk saat memakai kebaya, kamu bisa juga menambahkan obi belt yang sesuai dengan dengan model kebaya yang akan kamu gunakan.

  • Obi belt tidak hanya dapat digunakan sebagai pemanis kebaya, tetapi juga bisa menyamarkan bentuh dan ukuran tubuh.
  • Selain itu dengan menggunakan obi belt kamu pun juga dapat menyembunyikan bentuk pinggul dan pinggang yang menonjol.

Kebaya Tubuh Gemuk

Sumber : https://shopee.co.id/

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa tips sederhana yang bisa kamu terapkan untuk memakai kebaya agar tubuh kamu yang gemuk terlihat lebih ramping. Tapi kalau kamu masih merasa kesulitan untuk menemukan kebaya yang tepat jangan ragu untuk meminta bantuan orang lain ya.

Download Pola Kebaya Kutubaru atau Pola Kebaya Kutubaru (Wiwid Hosana) siap pakai dari kami kalau kamu ingin membuat kebaya sendiri dengan pola yang sudah jadi.

Tapi kalau kamu mau tahu lebih banyak lagi tentang cara pembuatan kebaya mulai dari proses menggambar pola sampai menjahitnya maka kamu bisa menyimak video tutorial menjahit kebaya di chanel youtube Fitinline.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.