Article

Homepage Article Cara Menjahit 8 Strategi dan Tantangan…

8 Strategi dan Tantangan Yang Dihadapi Bisnis Busana Butik

Usaha butik termasuk ke dalam salah satu jenis usaha yang sifatnya dinamis, semakin cepat terjadi perubahan maka persaingan bisnis butik juga menjadi semakin ketat. Karena alasan itulah untuk menghadapi hal tersebut, perusahan perlu menyusun strategi yang tepat agar usaha yang dijalankan agar tetap berjalan dengan baik dan berkelanjutan.

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Strategi Bisnis Busana Butik

Peran strategi menjadi suatu hal yang sangat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan dalam mencapai tujuan jangka panjang dan jangka pendek. Karenanya untuk memastikan agar suatu usaha tidak terkecuali pada usaha butik dapat berjalan dengan baik perlu dibuat yang namanya perumusan strategi bisnis yang tepat.

Strategi Bisnis Busana Butik

Sumber : https://id.pinterest.com/

Perumusan strategi sendiri merupakan proses penyusunan langkah-langkah yang dimaksudkan untuk membangun visi dan misi perusahaan, menetapkan tujuan strategis, serta merancang strategi untuk mencapai tujuan yang selaras dengan visi dan misi perusahaan.

Strategi Bisnis Busana Butik

Sumber : https://id.pinterest.com/

Beberapa langkah yang perlu anda lakukan dalam merumuskaan strategi bisnis busana butik, yaitu:

1. Menentukan Jenis Butiknya

Pertama tentukan terlebih dahulu jenis butiknya, apakah butik khusus busana wanita, busana anak atau justru keduanya.

  • Jenis busana anak yang diproduksi pada usaha butik meliputi busana untuk kesempatan pesta dan busana bepergian.
  • Jenis busana dewasa yang diproduksi pada usaha butik meliputi busana untuk kesempatan kerja, busana pengantin dan busana daerah.

2. Tentukan Lokasi Yang Strategis

Setelah mengetahui seperti apa jenis butik yang akan dijalankan, selanjutnya tentukan dan identifikasi lokasi yang akan dipakai untuk workshop.

  • Jika anda memiliki modal lebih anda bisa menyewa ruko yang berada dekat jalan atau di tempat-tempat yang ramai.
  • Tapi jika modal yang anda miliki terbatas, menjadikan rumah sebagai butik bisa menjadi pilihan terbaik.
  • Lokasi butik yang ideal sebaiknya juga dipilih yang berdekatan dengan penghasil bahan baku, mudah sarana transportasi, listrik dan air harus mencukupi.

3. Desain Interior Butik

Percantik showroom dengan desain interior yang menarik dan sesuai dengan konsep tema dari butik.

  • Untuk memberikan kenyamanan dan keleluasaan pengunjung yang datang lengkapi butik dengan ruang ganti pakaian, fitting room, toilet dan ruang tunggu.
  • Perhatikan letak alat dan bahan yang diperlukan selama proses produksi (mesin jahit, mesin obras dan lain sebagainya).

Simak juga pembahasan mengenai Inspirasi Desain Butik Rumahan Sederhana Yang Nyaman dan Menarik kalau anda ingin memulai merintis usaha butik sendiri di rumah.

4. Berikan Ciri Khas

Memberikan ciri khas pada butik yang anda jalankan bisa menjadi salah satu strategi yang bisa dicoba untuk menghadapi kompetisi dengan butik lain di bidang yang sama.

  • Ciri khas yang dimaksud bisa berupa produk hasil desain sendiri atau butik khusus untuk style tertentu.
  • Dengan ciri khas yang ada konsumen akan jadi lebih mudah mengingat butik anda.

5. Bangun Image Yang Bagus

Bangun image yang bagus agar bisnis butik bisa bersaing dengan kompetitor yang lain. Untuk menciptakan image yang bagus beberapa cara yang dapat dilakukan yaitu:

  • Maksimalkan media sosial untuk mempromosikan produk anda.
  • Gunakan strategi marketing yang tepat yang menarik pelanggan.
  • Kolaborasi dengan butik lain untuk mengenalkan produk anda kepada pasar yang lebih luas.    

6. Lakukan Analisis Internal

Selanjutnya lakukan analisis sumber daya internal yang menentukan kelemahan dan kekuatan perusahaan. Sumber daya perusahaan yang dimaksud meliputi:

  • Sumber daya manusia yang terkait dengan pengalaman, kemampuan, pengetahuan, keahlian dan pertimbangan dari seluruh karyawan perusahaan.
  • Sumber daya perusahaan yang terkait dengan proses dan sistem perusahaan.
  • Manajemen pembelian bahan baku, produksi/operasi, keuangan, pengembangan, pemasaran, sistem informasi dan sistem pengendalian.
  • Sumber daya fisik (pabrik dan peralatan, lokasi geografis, akses terhadap material, jaringan distribusi dan teknologi).

7. Megevaluasi Strategi

Evaluasi strategi yang anda buat dengan mempertimbangkan sumber daya yang dimiliki dan kondisi eksternal yang dihadapi untuk menentukan kesempatan dan ancaman yang akan dihadapi perusahaan. Evaluasi strategi dapat dilakukan setelah proses analisis internal dilakukan.

Dilihat dari sudut pandangnya terdapat dua perspektif konsep lingkungan eksternal usaha butik.

  • Pertama yakni perspektif yang memandang lingkungan eksternal sebagai wahana yang menyediakan sumber daya bagi kelangsungan hidup perusahaan.
  • Kedua yakni perspektif yang memandang lingkungan eksternal sebagai informasi.

8. Selalu Kembangkan Inovasi

Kembangkan inovasi-inovasi dari segi pembaruan model busana butik ataupun proses pemasaran yang mengikuti zaman agar bisnis butik bisa berjalan dengan efektif dan memberikan keuntungan. Tiga pendekatan strategi bisnis yang dapat dilakukan untuk menggungguli pesaing yaitu:

  • Memproduksi dan memasarkan suatu produk busana atau layanan dengan kualitas baik dan harga lebih rendah dari para pesaing usaha.
  • Menawarkan produk yang lebih unik, menarik dan mempunyai ciri khas tersendiri.
  • Memusatkan perusahaan untuk fokus pada kelompok pembeli produk atau segmentasi pasar tertentu.

Tantangan Bisnis Busana Butik

Untuk mencapai tujuan yang diinginkan, perusahaan akan selalu dihadapkan dengan berbagai tantangan yang dapat berakibat pada terhambatnya usaha yang dilakukan. Khusus untuk usaha butik, beberapa tantangan yang mungkin dihadapi oleh seorang desainer dalam menjalankan bisnis busana butik diantaranya:

  • Meningkatnya penekanan pada kualitas dan kepuasan pelanggan. Artinya sebelum memutuskan untuk membeli produk busana, pelanggan akan menekankan kualitas bahan dan keistimewaan model produk busana tersebut.
  • Meningkatnya penekanan pada pemasaran langsung dan pemasaran produk secara on-line.
  • Meningkatnya kebutuhan jasa yang sejalan dengan semakin meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Dalam hal ini perusahaan dapat memberikan pelayanan jasa berupa pesanan pembuatan busana dan konsultan busana.
  • Meningkatnya penekanan pada perilaku pemasaran etis yang tidak hanya mempersyaratkan kualitas produk tapi juga layanan dan kejujuran pada konsumen.

Kesimpulan

Demikian pembahasan singkat mengenai strategi dan tantangan yang dihadapi dalam menjalankan bisnis busana butik. Yang pasti dalam menjalankan bisnis apapun tidak terkecuali bisnis busana butik pastikan anda mempersiapkan strategi yang matang untuk menghadapi berbagai tantangan yang berasal dari faktor internal maupun eksternal.

Ingin membuat busana wanita dan busana anak sendiri tapi masih bingung memikirkan bagaimana cara menggambar polanya?. Kalau mau cara yang lebih praktis anda bisa mendownload Pola Busana Wanita dan Pola Busana Anak yang kami miliki.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.