Article

Homepage Article Fashion Design Ketahui 5 Perbedaan Antara…

Ketahui 5 Perbedaan Antara Jaket Dacron vs Bulu Angsa

Sama-sama memiliki fungsi yang sangat penting untuk menghangatkan tubuh saat cuaca dingin, berikut beberapa hal mendasar yang membedakan down jacket (jaket bulu angsa) dan dacron jacket (jaket dacron).

Beberapa point penting yang akan dibahas dalam artikel ini diantaranya:

Definisi Down Jacket dan Dacron Jacket

Down jacket (jaket bulu angsa) dan dacron jacket (jaket dacron) merupakan dua model jaket yang memiliki konstruksi hampir sama yakni terdiri dari lapisan thermal yang akan menjaga suhu panas, lapisan tengah yang memberikan isolasi sangat baik dan lapisan luar yang bersifat anti air.

Jaket Dacron vs Bulu Angsa

Sumber : https://www.firstascent.co.za/

Tapi meskipun dari segi desain sekilas memang tampak sama, jaket bulu angsa (down jacket) dan jaket dacron (dacron jacket) sebenarnya sangat berbeda dalam hal bahan insulasi dan performanya lho.

Perbedaan Down Jacket dan Dacron Jacket

Mau tahu apa saja hal-hal yang membedakan antara jaket bulu angsa (down jacket) dan jaket dacron (dacron jacket)?. Buat kamu yang penasaran, langsung saja simak pembahasan berikut yuk.

1. Bahan Isolasi

Down jacket (jaket bulu angsa) dan dacron jacket (jaket dacron) termasuk ke dalam jenis jaket yang memiliki perbedaan utama pada material pengisinya utama.

  • Jaket Bulu Angsa (Down Jacket) menggunakan bulu angsa dewasa sebagai bahan isolasi jaket. Bulu yang dimaksud yaitu lapisan bulu halus yang terdapat di bawah bulu luar angsa yang lebih keras.
  • Bulu angsa akan membuat jaket jadi lebih hangat dan memiliki kemampuan sangat baik untuk menjaga suhu tubuh.
  • Semakin banyak down atau bulu angsa yang ditambahkan pada jaket otomatis semakin hangat pula jaket yang dihasilkan.

Jaket Dacron vs Bulu Angsa

Sumber : https://vi.aliexpress.com/

  • Jaket Dacron (Dacron Jacket) biasa diisi dengan bahan dacron, sejenis bahan yang terbuat dari serat polyester sintetik dan tidak berasal dari hewan.

Jaket Dacron vs Bulu Angsa

Sumber : https://shoplittlethimble.com/

2. Kehangatan dan Isolasi

Dengan isian yang berbeda down jacket (jaket bulu angsa) dan dacron jacket (jaket dacron) juga memiliki tingkat kehangatan dan isolasi yang berbeda pula.

  • Jaket Bulu Angsa (Down Jacket) dikenal dengan rasio kehangatan dan beratnya yang luar biasa sehingga sangat efektif dalam menahan panas dan memberikan insulasi yang sangat baik.
  • Jaket Dacron (Dacron Jacket) mungkin tidak seefisien jaket bulu angsa dalam mempertahankan kehangatan, tapi dalam kondisi basah justru bahan dacron tetap menawarkan insulasi yang baik.

Jaket Dacron vs Bulu Angsa

Sumber : https://montane.com/

3. Weight and Packability

Selain tingkat kehangatannya berbeda, down jacket (jaket bulu angsa) dan dacron jacket (jaket dacron) dengan tingkat isolasi yang setara juga memiliki perbedaan weight and packability yang mencolok.

  • Jaket Bulu Angsa (Down Jacket) umumnya lebih ringan dan lebih mudah dikompres dibandingkan jaket dacron sehingga lebih praktis untuk dimasukkan ke dalam tas dan digunakan untuk aktivitas luar ruangan.
  • Jaket Dacron (Dacron Jacket) cenderung lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan jaket bulu angsa yang dengan tingkat isolasi yang setara. Selain itu jaket dacron biasanya juga tampak lebih mengembang dan membutuhkan lebih banyak tempat saat dimasukkan ke dalam tas.

Jaket Dacron vs Bulu Angsa

Sumber : https://www.amazon.com/

4. Ketahanan Kelembaban

Down jacket (jaket bulu angsa) dan dacron jacket (jaket dacron) memiliki ketahanan kelembaban yang berbeda.

  • Jaket Bulu Angsa (Down Jacket) rentan terhadap kelembapan, karena ketika bulunya basah kemampuan jaket untuk menyimpan udara dan memberikan isolasi berkurang secara signifikan.
  • Jaket Dacron (Dacron Jacket) lebih tahan terhadap kelembapan dan mampu mempertahankan beberapa sifat insulasi saat basah.
    • Jaket dacron (dacron jacket) lebih tahan terhadap kelembapan karena serat sintetisnya tidak menyerap air seperti bulu.
    • Karakteristik inilah yang membuat jaket dacron (dacron jacket) lebih cocok digunakan pada kondisi basah atau lembab.

Jaket Dacron vs Bulu Angsa

Sumber : https://www.amazon.com/

5. Harga Jaket (Cost)

Dari segi harga down jacket (jaket bulu angsa) biasanya cenderung lebih mahal dari pada dacron jacket (jaket dacron).

  • Jaket Bulu Angsa (Down Jacket) biasanya lebih mahal jika di bandingkan dengan jaket dacron (dacron jacket) karena mempunyai daya insulasi suhu yang sangat baik, berbobot ringan dan mudah dilipat.
  • Jaket Dacron (Dacron Jacket) dengan isian yang terbuat dari bahan sintetis umumnya lebih terjangkau dibandingkan jaket bulu angsa jadi akan sangat cocok dijadikan pilihan yang tepat untuk kamu yang ingin berhemat.

Kesimpulan

Itu dia pembahasan singkat mengenai beberapa hal mendasar yang membedakan jaket dacron vs bulu angsa. Semoga informasi yang kami bagikan bisa memberi kemudahan buat kamu untuk memilih jaket yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan ya.

  • Singkatnya kalau kamu butuh jaket yang mampu menghangatkan tubuh dari suhu dingin yang ekstrem maka jaket bulu angsa (down jacket) mungkin bisa dijadikan pilihan yang lebih baik.
  • Namun kalau kamu memerlukan opsi yang lebih hemat untuk melindungi tubuh bahkan saat berada di lingkungan yang basah dan lembab maka kamu bisa memilih jaket dacron (dacron jacket).

Selain itu kalau kamu hendak menggunakan jaket bulu angsa (down jacket) dan jaket dacron (dacron jacket) di tempat dengan suhu dingin yang ekstrem, sebaiknya pilihlah jaket yang dilengkapi dengan hoodie untuk memberikan perlindungan pada area di kepala yang sensitif terhadap udara dingin.

Butuh bahan kain berkualitas dengan harga murah untuk membuat jaket bulu angsa (down jacket) dan jaket dacron (dacron jacket)?. Sebagai bahan pertimbangan kamu bisa melihat-lihat dulu koleksi Bahan Jaket Yang Bagus di katalog kain kami.

Simak juga 7 Ciri Paling Khas Jaket Bulu Angsa / Down Jacket.

Semoga bermanfaat.

Comments 0

Leave a Comment
Belum ada komentar untuk saat ini.

Send Comment

Anda harus terlebih dahulu untuk dapat memberikan komentar.